Model Academic Help-seeking dan Career Adaptability Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.62411/tc.v23i1.9474

Keywords:

academic help-seeking, artificial neural networks, career adaptability

Abstract

Academic help-seeking (pencarian bantuan pembelajaran) dan career adaptability (kemampuan beradaptasi dalam karier) adalah dua faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuan karier. Academic help-seeking dapat membantu individu dalam memperoleh informasi dan dukungan dari orang lain dalam mengatasi masalah pembelajaran. Sementara itu, career adaptability memungkinkan individu untuk mengatasi perubahan dan tantangan dalam karier dengan lebih baik, dengan demikian kedua faktor tersebut memungkinkan untuk membentuk pola yang dapat diteliti. Namun demikian, saat ini belum banyak penelitian yang memperhatikan hubungan antara kedua faktor tersebut. Penelitian bertujuan mengembangkan pola Academic help-seeking dan Career adaptability. Academic help-seeking sebagai variabel masukan dan career adaptability sebagai variabel keluaran, masing-masing menjadi variabel untuk dijadikan model jaringan syaraf tiruan. Penelitian menggunakan model algoritma jaringan syaraf tiruan. Model penelitian bermanfaat memprediksi kemampuan beradaptasi dalam karier seseorang dengan melihat perilaku help-seeking dalam pembelajaran.

Author Biographies

Malikus Sumadyo, Universitas Islam 45 Bekasi

Teknik Komputer

Lucky Purwantini, Universitas Islam 45 Bekasi

Psikologi

Endang Retnoningsih, Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi

Teknik Informatika

References

M. L. Savickas et al., “Life Designing: A Paradigm for Career Construction in the 21st Century,” J. Vocat. Behav., vol. 75, no. 3, pp. 239–250, 2009, doi: 10.1016/j.jvb.2009.04.004.

S. H. Liu, “Relationship Between the Factors Influencing Online Help-Seeking and Self-Regulated Learning Among Taiwanese Preservice Teachers,” Comput. Human Behav., vol. 72, pp. 38–45, 2017, doi: 10.1016/j.chb.2017.02.034.

N. Cornally and G. Mccarthy, “Help-Seeking Behaviour: A Concept Analysis,” Int. J. Nurs. Pract., vol. 17, no. 3, pp. 280–288, 2011, doi: 10.1111/j.1440-172X.2011.01936.x.

S. Nelson-Le Gall, “Help-Seeking : An Understudied Skill in Children,” Dev. Rev., vol. 246, pp. 224–246, 1981.

I. Roll, V. Aleven, B. M. Mclaren, and K. R. Koedinger, “Improving Students’ Help-Seeking Skills Using Metacognitive Feedback in an Intelligent Tutoring System,” Learn. Instr., vol. 21, no. 2, pp. 267–280, 2011, doi: 10.1016/j.learninstruc.2010.07.004.

M. L. Savickas, “Advancing Life-Span, Life-Space Theory,” Career Dev. Q., vol. 45, no. 3, pp. 236–237, 1997, doi: 10.1177/0093854897024002001.

A. Hirschi, “Career Adaptability Development in Adolescence: Multiple Predictors and Effect on Sense of Power and Life Satisfaction,” J. Vocat. Behav., vol. 74, no. 2, pp. 145–155, 2009, doi: 10.1016/j.jvb.2009.01.002.

T. V. V. Mustofa, “Hubungan Antara Adaptabilitas Karir dan Subjective Well-Being Pada Lulusan Baru Universitas Airlangga,” Universitas Airlangga, 2016.

N. Giffari and F. Suhariadi, “Pengaruh Social Support Terhadap Career Adaptability Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Airlangga,” J. Psikol. Ind. dan Organ., vol. 6, no. 4, pp. 64–77, 2017.

D. Setiyadi and A. L. I. Nurdin, “Data Mining Potensi Akademik Siswa Berbasis Online,” vol. 2, no. 19, pp. 31–40, 2014.

J. Han and M. Kamber, Data Mining: Concepts and Techniques, vol. 2nd Ed. 2006. doi: 10.1007/978-3-642-19721-5.

L. Purwantini and M. Sumadyo, “Reliabilitas Skala Academic Help Seeking: Rasch Model,” Pros. 1St Increasing Semin. 2021 Innov. Creat. Synerg. Implement. Good Gov., pp. 77–87, 2021.

F. Pajares, Y. F. Cheong, and P. Oberman, “Psychometric Analysis of Computer Science Help-Seeking Scales,” Educ. Psychol. Meas., vol. 64, no. 3, pp. 496–513, 2004, doi: 10.1177/0013164403258447.

B. Sumintono and W. Widhiarso, Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House, 2013.

Downloads

Published

2024-02-18