IMPLEMENTASI DAN ANALISA HASIL DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI SERANGAN PADA INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) DENGAN ALGORITMA C4.5

Izza Khaerani, Lekso Budi Handoko

Abstract


Intrusion Detection System (IDS) merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh sebuah sistem atau perangkat untuk dapat melakukan deteksi terhadap serangan yang mungkin terjadi dalam jaringan baik lokal maupun yang terhubung dengan internet. Masalah dimulai ketika paket data yang datang sangat banyak dan harus di analisa di kemudian hari. Teknik Data Mining merupakan teknik yang tepat untuk melakukan analisa terhadap sebuah data. Beberapa penelitian telah menggunakan teknik data mining untuk mengatasi masalah serangan IDS seperti analisis frequent itemset, analisis clustering, analisis klasifikasi dan analisis asosiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan serangan pada data-data yang diujikan dengan menggunakan metode klasifikasi dan algoritma klasifikasi C4.5. Penelitian ini menggunakan koleksi data dari KDD’99 dan memiliki 41 atribut dimana atribut ini dilakukan fitur seleksi untuk menghapus atribut yang tidak relevan dengan menggunakan teknik evolusi. Hasil yang didapatkan dari fitur seleksi ini adalah 16 atribut dengan akurasi tinggi mencapai 98,67% dari 41 atribut yang ada. Kemudian hasilnya dilakukan pemodelan dengan menggunakan algoritma C4.5 dan menghasilkan sebuah aturan untuk digunakan dalam implementasi sistem analisa klasifikasi data. Aturan yang dihasilkan dapat digunakan dalam sistem untuk mengklasifikasikan data serangan seperti dos, u2r, r2l dan probe serta aktifitas jaringan normal.

Kata Kunci: Klasifikasi, Algoritma C4.5, Fitur Seleksi, Evolusi, Intrution Detection System, IDS.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v14i3.943

Article Metrics

Abstract view : 1143 times
PDF - 616 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.