GAME EDUKASI “EVAKUATOR†BERGENRE PUZZLE DENGAN GAMEPLAY BERBASIS KLASIFIKASI SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DALAM MITIGASI BENCANA

Hanny Haryanto, Rahmatsyam Lakoro

Abstract


Indonesia adalah salah satu negara yang paling rawan terhadap bencana di dunia. Banyaknya korban manusia yang meninggal ketika bencana terjadi disebabkan karena kurangnya pendidikan tentang mitigasi bencana di Indonesia. Mitigasi bencana yang dapat dilakukan antara lain adalah mempersiapkan kebutuhan untuk evakuasi. Materi tentang mitigasi bencana tersebut dapat diberikan dengan menggunakan game. Game merupakan sarana hiburan yang dapat digunakan sebagai media edukasi karena sifatnya yang menyenangkan dan adiktif. Peneliti menggunakan game bergenre puzzle dengan gameplay yang menekankan klasifikasi dalam mempersiapkan kebutuhan dalam evakuasi. Untuk personalisasi pengalaman bermain, game ini menyediakan dua karakter lokal yang dapat dipilih untuk mewakili personal pemain dalam game.

Kata kunci : edukasi, mitigasi, game, puzzle, gameplay.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v11i1.939

Article Metrics

Abstract view : 912 times
PDF - 992 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.