Perbaikan Pengalaman Pengguna Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.62411/tc.v23i1.9352Keywords:
Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha, Design Thinking, User Experience, UsabilityAbstract
Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha menjadi salah satu sistem yang berperan penting khusunya dalam pendaftaran ulang calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Undiksha. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap beberapa stakeholder dan melalui grup diskusi telegram yang difasilitasi Undikhsha didapatkan hasil bahwa sering terjadi kebingungan saat calon mahasiswa ingin melakukan pengisian data, mencari navbar menu, cetak NIM dan kebingungan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pengalaman pengguna saat menggunakan Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha dengan menggunakan metode Design Thinking. Pada tahap test awal, variabel efektivitas mendapatkan nilai rata-rata sebesar 93.34%, efisiensi sebesar 89% dan kepuasan sebesar 58,5. Berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan perbaikan pada layout sistem dan perbaikan juga dilakukan dengan menambah dan menghilangkan beberapa field pada setiap menu serta membuat sistem menjadi leih konsistem. Perbaikan design yang telah dirancang tersebut diuji kembali dan mendapatkan hasil pada tahap test akhir variabel efektivitas mendapatkan nilai rata-rata sebesar 100%, efisiensi sebesar 92,7% dan kepuasan sebesar 95. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbaikan design Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha yang dihasilkan memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik.References
I. M. A. D. Saputra, I. M. A. Pradnyana, and N. Sugihartini, “Usability Testing Pada Sistem Tracer Study Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 16, no. 1, p. 98, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.18171.
C. M. Barnum, Usability Testing Essentials: Ready, Set…Test!, 2nd Editio. Cambridge: Morgan Kaufmann, 2021. doi: 10.1016/B978-0-12-816942-1.01001-7.
J. J. Garrett, The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, Second Edi., vol. 10. Berkeley: New Riders, 2011. [Online]. Available: http://www.amazon.com/dp/0735712026
T. Wahyuningrum, Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
S. Gibbons, “Design Thinking 101,” www.nngroup.com, 2016. https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/ (accessed Oct. 25, 2022).
I. K. R. Arthana, I. M. A. Pradnyana, and G. R. Dantes, “Usability Testing on Website Wadaya Based on ISO 9241-11,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1165, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1165/1/012012.
N. L. S. Wardani, I. G. M. Darmawiguna, and N. Sugihartini, “Usability Testing Sesuai dengan ISO 9241-11 pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 356–368, 2019, doi: 10.23887/karmapati.v8i2.18400.
G. N. Aidi, L. Fanani, and H. Tolle, “Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Aplikasi ‘ cQuran ’ Menggunakan Metode Usability Testing dan Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Infomasi dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 7, pp. 2934–2941, 2021.
G. Karnawan, S. Andryana, and R. T. Komalasari, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, pp. 61–66, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.
A. E. Zahra, A. Zaidiah, and I. N. Isnainiyah, “Redesign Aplikasi Gravote Dengan Metode Design Thinking,” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., no. September, pp. 401–410, 2021.
N. K. T. Purnama, I. M. A. Pradnyana, and K. Agustini, “Usability Testing Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi E-Musrenbang Bappeda Kabupaten Badung,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 16, no. 1, pp. 87–97, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17949.
P. Krisnayani, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “Analisa Usability Pada Website Undiksha Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” KARMAPATI (Kumpulan Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, 2016.
J. Nielsen, “Usability 101: Introduction to Usability,” www.nngroup.com, 2012. https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ (accessed Oct. 25, 2022).
N. W. Utami, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “EVALUASI USABILITY PADA E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN METODE USABILITY TESTING,” Janapati, vol. 9, no. 1, pp. 107–118, 2020.
N. wayan E. Erawati, I. K. R. Arthana, and I. M. A. Pradnyana, “Usability Testing Dengan Iso/Iec 9126-4 Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Dosen,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 287–297, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14502.
I. R. Wulandari and L. D. Farida, “PENGUKURAN USER EXPERIENCE PADA E-LEARNING DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNARE (UEQ),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 146–151, 2018.
R. P. Auliasari, H. Tolle, and D. Priharsari, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Dilo Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, pp. 1921–1928, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. Gibbons, “Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking,” www.nngroup.com, 2018. https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/
F. C. Wardana and I. G. L. P. E. Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” JEISBIJournal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 4, pp. 1–12, 2022.
P. D. W. Ayu, “Analisis Pengukuran Tingkat Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Manajemen Surat STIKOM Bali,” J. Sist. dan Inform., vol. 11, no. 2, pp. 99–109, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/