Implementasi Natural Language Processing (NLP) Dalam Pengembangan Aplikasi Chatbot Pada SMK YPE Nusantara Slawi
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v22i4.9155Keywords:
Aplikasi, Chatbot, Informasi, NLP, Sekolah, SMKAbstract
Perkembangan teknologi informasi memberikan berbagai perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi tersebut ditandai dengan munculnya teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang sudah mulai digunakan. Salah satunya adalah aplikasi chatbot. Aplikasi chatbot merupakan suatu aplikasi yang dibangun dengan mengadopsi pengetahuan manusia yang dapat memberikan respon secara cepat dan tepat. SMK YPE Nusantara Slawi sudah memiliki aplikasi chatbot akan tetapi aplikasi tersebut hanya digunakan untuk pembelajaran materi di salah satu prodi saja. Pihak sekolah mengalami kesulitan dalam promosi dan juga penyampaian informasi kepada masyarakat. Banyak masyarakat yang ketika membutuhkan informasi harus datang ke sekolah. Bahkan seringkali pertanyaan yang ditanyakan adalah sama antar satu dengan yang lainnya, sehingga terjadi ketidak efisiensi. Oleh karenanya dibutuhkan suatu aplikasi interaktif yang dapat memberikan informasi tentang sekolah tersebut. Aplikasi chatbot yang dibuat berisi informasi secara menyeluruh seputar sekolah yang terdiri dari jurusan, guru maupun data lainnya yang berkaitan dengan sekolah. Penelitian dilakuakn dalam beberapa tahapan mulai dari pengambilan data, analisis data, pembuatan aplikasi pengujian sampai ke implementasi sistem. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan Natural Language Procesing (NPL) yang akan dikembangkan berbasis website. Luaran penelitian yang ditargetkan adalah menghasilkan suatu aplikasi chatbot informasi sekolah dan hasilnya dapat dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi.References
R. Bangun, C. Informasi, and L. Pekerjaan, “Rancang Bangun Chatbot Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Whatsapp dengan Metode NLP ( Natural Language Processing ),” vol. 5, no. 1, pp. 619–626, 2020.
O. Al and H. Tangerang, “Penerapan Chatbot Menggunakan Aiml Berbasis Android Pada Smk,” no. November, pp. 27–33, 2019.
J. Hill, W. Randolph Ford, and I. G. Farreras, “Real conversations with artificial intelligence: A comparison between human–human online conversations and human–chatbot conversations,” Comput. Human Behav., vol. 49, pp. 245–250, 2015, doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.026.
N. N. Khin and K. M. Soe, “University Chatbot using Artificial Intelligence Markup Language,” in 2020 IEEE Conference on Computer Applications(ICCA), 2020, pp. 1–5. doi: 10.1109/ICCA49400.2020.9022814.
B. Rusmarasy, B. Priyambadha, and F. Pradana, “Pengembangan Chat Bot pada CoMa untuk memberikan motivasi kepada pengguna menggunakan AIML,” vol. 3, no. 5, pp. 4484–4490, 2019.
J. Ilmiah, I. Komputa, E. N. S. C. P, I. Afrianto, J. Dipati, and U. No, “Wisata Kota Bandung Dengan Pendekatan Natural Language Processing Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ) Teknik analisis data dalam pembuatan perangkat,” vol. 4, no. 1, pp. 49–54, 2015.
J. Aprian and A. Budi, “Jurnal Informatika dan Bisnis ISSN 2301-9670 Penerapan Natural Language Processing Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan React (Studi Kasus : Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie) Jurnal Informatika dan Bis”.
N. Munasatya and S. Novianto, “Natural Language Processing untuk Sentimen Analisis Presiden Jokowi Menggunakan Multi Layer Perceptron,” Techno.Com, vol. 19, no. 3, pp. 237–244, 2020, doi: 10.33633/tc.v19i3.3630.
G. Huang and K. Q. Weinberger, “Densely Connected Convolutional Networks”.
S. Sains, I. Gunawan, H. Asnal, M. N. Cahyadi, and Z. M. G, “Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah ( Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru ),” 2022, doi: 10.33372/stn.v8i2.880.
A. Ho, J. Hancock, and A. S. Miner, “Psychological, Relational, and Emotional Effects of Self-Disclosure After Conversations With a Chatbot.,” J. Commun., vol. 68, no. 4, pp. 712–733, Aug. 2018, doi: 10.1093/joc/jqy026.
A. Hikmah et al., “Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik,” vol. 10, no. 1, pp. 371–382, 2023.
S. Hidayat, A. Silvanie, and R. Subekti, “Chatbot Untuk Konsultasi Akademik Menggunakan Natural Language Processing,” vol. 6, no. 2, pp. 396–410, 2022, doi: 10.52362/jisamar.v6i2.780.
I. M. De Andrade and C. Tumelero, “Increasing customer service efficiency through artificial intelligence chatbot,” vol. 29, no. 3, pp. 238–251, 2022, doi: 10.1108/REGE-07-2021-0120.
A. A. Hania and Y. T. Indonesia, “Mengenal Artificial Intelligence, Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning,” no. June, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---