Optimalisasi Fitur Pencarian Pada E-Catalog Menggunakan Query Expansion Dan Algoritma TF-IDF
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v22i3.8698Keywords:
e-catalog, fitur pencarian, query expansion, TF-IDFAbstract
E-catalog adalah sebuah katalog elektronik dapat digunakan untuk mempublikasikan dan mempromosikan sebuah produk atau layanan secara online kepada berbagai pihak. Pengguna dapat memperoleh informasi terkait produk yang diinginkan melalui fitur pencarian pada e-catalog tersebut. Oleh sebab itu fitur pencarian memiliki peran yang signifikan untuk menunjang performa e-catalog. Proses pencarian produk pada sebuah e-catalog dilakukan berdasarkan kesamaan kata yang dimasukkan oleh pengguna dengan judul produk yang tersedia. Biasanya semua judul yang mengandung kata kunci yang dimasukkan pengguna akan ditampilkan tanpa adanya perankingan kedekatan hasil pencarian. Hal tersebut tentunya menyulitkan pengguna untuk menemukan produk yang sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimalisasi fitur pencarian produk yang ada pada e-catalog menggunakan query expansion dan algoritma TF-IDF. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, terbukti bahwa penambahan query expansion dan algoritma TF-IDF dapat mengoptimalkan kinerja fitur pencarian pada e-catalog tersebut. Hasil pencarian produk dapat terangking berdasarkan kedekatan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna dengan judul produk yang diinginkan oleh penggunaReferences
Hendra, “Perancangan Sistem Informasi Produk Katalog Berbasis Web,” J. Ilm. Core IT, vol. 9, no. 1, pp. 17–23, 2017.
D. M. A. Jatmika, “Use of Technology Appropriate to Batik ’ s Small Medium Enterprises Up Class Through E-Catalog,” IJEBAR, vol. 8, no. 3, pp. 61–65, 2000.
D. Yulistina and B. D. D. Arianti, “E-catalog Sebagai Sistem Informasi Pemasaran Kopi Sapit Berbasis Web,” EDIMATIC J. Pendidik. Inforamtika, vol. 3, no. 2, pp. 45–52, 2019, doi: 10.29408/edumatic.v3i2.1766.
E. Y. T. Safuan; Budiandru; Arief, Rudi Kurniawan; Adesta, “Web Based E-Catalog Implementation at TPK-KOJA : Case Study of Stock Inventory Division,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 7, pp. 481–488, 2020.
N. Khafidhoh and V. F. S. Ningrum, “Design and Build an E-Catalog Application for Typical Jombang Products,” in Multidisipline - International Conference 2021, 2021, pp. 79–84.
E. S. Rahman and A. NFH, “PERANCANGAN E-CATALOG OBJEK WISATA MAMMINASATA MAMMINASATA TOURISM OBJECT E-CATALOG DESIGN,” Media Elektr., vol. 18, no. 2, pp. 43–48, 2021.
J. M. Butarbutar, R. Nisa, and S. Amriza, “Perancangan Sistem Informasi E-Catalogue Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall,” JSON, vol. 3, no. 4, pp. 438–449, 2022, doi: 10.30865/json.v3i4.4165.
R. Wati, “Perancangan E-catalog Berbasis Web Pada RR Collection Sampit Sebagai Media Branding Menggunakan Aplikasi Figma,” EJECTS-E-Journal Comput. Technol. Informations Syst., vol. 02, no. 02, pp. 60–65, 2022.
S. Mariam and H. A. Ramli, “Pengenalan Digital Marketing E-catalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur,” J. Komunitas J. Pegabdian Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 74–83, 2022.
A. B. Santoso, I. Permana, E. Zusrony, and M. U. Dewi, “Implementasi Aplikasi digitalisasi Produk UMKM dengan E- Katalog dan GIS secara terpadu untuk Pemetaan dan optimasi penjualan,” Jurnala Ilm. Elektron. dan Komput., vol. 15, no. 2, pp. 383–392, 2022.
F. A. Diani, Fitri; Lubis, “Analisis Implementasi E-catalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam Mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah,” JIEI, vol. 8, no. 02, pp. 1970–1981, 2022.
A. P. P. U. Fitroh, Meiga Ayu Ariyanti Nur; Wibawa, “Metode term frequency - invers document frequency pada mekanisme pencarian judul skripsi,” TEKNO, vol. 28, no. 2, pp. 177–190, 2018.
Maskur, N. P. D. N, and N. Hayatin, “Ekspansi Query Berbasis Semantik Pada Online Public Access Catalog,” REPOSITOR, vol. 1, no. 2, pp. 87–94, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/