Desain Antarmuka Untuk Meningkatkan Efisiensi Aplikasi Layanan Darurat Bagi Lansia
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v22i3.8655Keywords:
User Interface, User Centered Design, LansiaAbstract
Semakin bertambahnya usia kemampuan fisik serta kognitif manusia semakin menurun, hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan terhadap lansia, seperti terjatuh pada saat melakukan aktivitas sehari – hari. Seiring berkembangnya zaman penggunaan smartphone oleh lansia juga semakin meningkat berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah aplikasi Layanan Darurat untuk smartphone. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design yang mana menempatkan pengguna sebagai poros dalam proses pembuatan aplikasi seperti tampilan, konteks, dan sistem, metode ini digunakan karena pengguna yang dipilih memiliki karakter khusus yaitu adalah lansia. Responden yang dipilih untuk penelitian ini berjumlah 25 lansia yang berada di wilayah kota Surakarta atau Yogyakarta. Wawancara dilakukan 2 kali dengan total responden berjumlah 15 lansia, selain itu dilakukan studi literatur guna mengetahui karakteristik dari lansia, hasil dari dua hal tersebut dijadikan acuan dalam membuat desain, sistem, dan konteks penggunaan pada aplikasi Layanan Darurat. Pengujian task scenario dilakukan guna mendapatkan hasil usability testing (effectiveness, efficiency, dan satisfaction), hasil usability testing yang didapat diuji menggunakan combine metric agar mendapatkan hasil akhir yang lebih akurat. Pengujian combine metric mendapatkan hasil 89% yang mana dapat diartikan bahwa pengguna puas dan dapat menggunakan aplikasi Layanan Darurat dengan baik.References
A. I. N. Rohmah, Purwaningsih, and K. Bariyah, “Kualitas hidup lanjut usia,” J.
Keperawatan, vol. 3, no. 2, pp. 120–132, 2017.
Restyandito, E. Kurniawan, and T. M. Widagdo, “Mobile application menu design for
elderly in indonesia with cognitive consideration,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1196, no. 1,
, doi: 10.1088/1742-6596/1196/1/012058.
I. Sutedja, R. Bahana, and I. B. K. Manuaba, “Perancangan Aplikasi Mobile Pertolongan
Pertama Untuk Keamanan Dan Keselamatan Lansia,” Sebatik, vol. 23, no. 2, pp. 568–
, 2019, doi: 10.46984/sebatik.v23i2.813.
A. S. Patria and S. Mutmainah, “Model Pemberdayaan Kelompok Lanjut Usia Wanita
Melalui Industri Kreatif,” E-Dimas, vol. 9, no. 1, p. 15, 2018, doi: 10.26877/edimas.v9i1.2019.
N. H. M. Zain, A. Jaafar, and F. H. A. Razak, “a User-Centered Design: Methodological
Tools To Design and Develop Computer Games for Motor-Impaired Users,” 5th Int.
Conf. Comput. Informatics ICOCI 2015, no. 130, pp. 223–228, 2015, [Online].
Available: http://www.uum.edu.my.
A. Aprian, D. Sebastian, and Restyandito, “Analisa dan Perancangan Ulang Antarmuka Aplikasi Teman Diabetes Terhadap Lansia,” Aiti, vol. 19, no. 1, pp. 67–86, 2022, doi:
24246/aiti.v19i1.67-86.
F. Meilian and E. Anwari, “Kajian Rujukan Tampilan Antarmuka Aplikasi E-Commerce
Untuk Lansia,” Ultim. J. Komun. Vis., vol. 15, no. 1, pp. 65–78, 2022, doi:
31937/ultimart.v15i1.2574.
Restyandito, J. A. Zebua, and K. A. Nugraha, “Perancangan Ikon pada Aplikasi
Kesehatan untuk Lansia Berbasis Mobile,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no.
, p. 637, 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019661043.
A. Darejeh and D. Singh, “A review on user interface design principles to increase
software usability for users with less computer literacy,” J. Comput. Sci., vol. 9, no. 11,
pp. 1443–1450, 2013, doi: 10.3844/jcssp.2013.1443.1450.
M. F. M. Yusof, N. Romli, and M. F. M. Yusof, “Design for Elderly Friendly: Mobile
Phone Application and Design that Suitable for Elderly,” Int. J. Comput. Appl., vol. 95,
no. 3, pp. 28–31, 2014, doi: 10.5120/16576-6261.
H. M. Salman, W. F. W. Ahmad, and S. Sulaiman, “Usability Evaluation of the
Smartphone User Interface in Supporting Elderly Users from Experts’ Perspective,”
IEEE Access, vol. 6, pp. 22578–22591, 2018, doi: 10.1109/ACCESS.2018.2827358.
S. W. Hsiao, C. H. Lee, M. H. Yang, and R. Q. Chen, “User interface based on natural
interaction design for seniors,” Comput. Human Behav., vol. 75, pp. 147–159, 2017, doi:
1016/j.chb.2017.05.011.
E. Ali, “SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Metode User Centered Design ( UCD )
dalam Membangun Aplikasi Layanan,” Sains dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–6,
, [Online]. Available: http://jurnal.stmik-amikriau.ac.id/index.php/satin/article/view/177/pdf.
W. Knight, UX for Developers: How to Integrate User-Centered Design Principles Into
Your Day-to-Day Development Work. 2019.
N. L. A. K. Yuniastari and R. K. Wiyati, “Pengukuran Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi
Sistem Eresearch STIKOM Bali,” J. Komput. dan Apl., vol. 09, no. 01, pp. 9–10, 2015.
G. W. Sasmito, L. O. M. Zulfiqar, and M. Nishom, “Usability Testing based on System
Usability Scale and Net Promoter Score,” 2019 2nd Int. Semin. Res. Inf. Technol. Intell.
Syst. ISRITI 2019, pp. 540–545, 2019, doi: 10.1109/ISRITI48646.2019.9034666.
M. B. R. Utama and N. Hajarisman, “Metode Pemilihan Variabel pada Model Regresi
Poisson Menggunakan Metode Nordberg,” J. Ris. Stat., vol. 1, no. 1, pp. 35–42, 2021,
doi: 10.29313/jrs.v1i1.24
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada jurnal Techno.Com sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Techno.Com.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).