Desain Antarmuka Untuk Meningkatkan Efisiensi Aplikasi Layanan Darurat Bagi Lansia

Ardhy Chandra Kurniawan, Antonius Rachmat Chrismanto, - Restyandito

Abstract


Semakin bertambahnya usia kemampuan fisik serta kognitif manusia semakin menurun, hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan terhadap lansia, seperti terjatuh pada saat melakukan aktivitas sehari – hari. Seiring berkembangnya zaman penggunaan smartphone oleh lansia juga semakin meningkat berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah aplikasi Layanan Darurat untuk smartphone. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design yang mana menempatkan pengguna sebagai poros dalam proses pembuatan aplikasi seperti tampilan, konteks, dan sistem, metode ini digunakan karena pengguna yang dipilih memiliki karakter khusus yaitu adalah lansia. Responden yang dipilih untuk penelitian ini berjumlah 25 lansia yang berada di wilayah kota Surakarta atau Yogyakarta. Wawancara dilakukan 2 kali dengan total responden berjumlah 15 lansia, selain itu dilakukan studi literatur guna mengetahui karakteristik dari lansia, hasil dari dua hal tersebut dijadikan acuan dalam membuat desain, sistem, dan konteks penggunaan pada aplikasi Layanan Darurat. Pengujian task scenario dilakukan guna mendapatkan hasil usability testing (effectiveness, efficiency, dan satisfaction), hasil usability testing yang didapat diuji menggunakan combine metric agar mendapatkan hasil akhir yang lebih akurat. Pengujian combine metric mendapatkan hasil 89% yang mana dapat diartikan bahwa pengguna puas dan dapat menggunakan aplikasi Layanan Darurat dengan baik.

Keywords


User Interface, User Centered Design, Lansia

Full Text:

PDF

References


A. I. N. Rohmah, Purwaningsih, and K. Bariyah, “Kualitas hidup lanjut usia,” J.

Keperawatan, vol. 3, no. 2, pp. 120–132, 2017.

Restyandito, E. Kurniawan, and T. M. Widagdo, “Mobile application menu design for

elderly in indonesia with cognitive consideration,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1196, no. 1,

, doi: 10.1088/1742-6596/1196/1/012058.

I. Sutedja, R. Bahana, and I. B. K. Manuaba, “Perancangan Aplikasi Mobile Pertolongan

Pertama Untuk Keamanan Dan Keselamatan Lansia,” Sebatik, vol. 23, no. 2, pp. 568–

, 2019, doi: 10.46984/sebatik.v23i2.813.

A. S. Patria and S. Mutmainah, “Model Pemberdayaan Kelompok Lanjut Usia Wanita

Melalui Industri Kreatif,” E-Dimas, vol. 9, no. 1, p. 15, 2018, doi: 10.26877/edimas.v9i1.2019.

N. H. M. Zain, A. Jaafar, and F. H. A. Razak, “a User-Centered Design: Methodological

Tools To Design and Develop Computer Games for Motor-Impaired Users,” 5th Int.

Conf. Comput. Informatics ICOCI 2015, no. 130, pp. 223–228, 2015, [Online].

Available: http://www.uum.edu.my.

A. Aprian, D. Sebastian, and Restyandito, “Analisa dan Perancangan Ulang Antarmuka Aplikasi Teman Diabetes Terhadap Lansia,” Aiti, vol. 19, no. 1, pp. 67–86, 2022, doi:

24246/aiti.v19i1.67-86.

F. Meilian and E. Anwari, “Kajian Rujukan Tampilan Antarmuka Aplikasi E-Commerce

Untuk Lansia,” Ultim. J. Komun. Vis., vol. 15, no. 1, pp. 65–78, 2022, doi:

31937/ultimart.v15i1.2574.

Restyandito, J. A. Zebua, and K. A. Nugraha, “Perancangan Ikon pada Aplikasi

Kesehatan untuk Lansia Berbasis Mobile,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no.

, p. 637, 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019661043.

A. Darejeh and D. Singh, “A review on user interface design principles to increase

software usability for users with less computer literacy,” J. Comput. Sci., vol. 9, no. 11,

pp. 1443–1450, 2013, doi: 10.3844/jcssp.2013.1443.1450.

M. F. M. Yusof, N. Romli, and M. F. M. Yusof, “Design for Elderly Friendly: Mobile

Phone Application and Design that Suitable for Elderly,” Int. J. Comput. Appl., vol. 95,

no. 3, pp. 28–31, 2014, doi: 10.5120/16576-6261.

H. M. Salman, W. F. W. Ahmad, and S. Sulaiman, “Usability Evaluation of the

Smartphone User Interface in Supporting Elderly Users from Experts’ Perspective,”

IEEE Access, vol. 6, pp. 22578–22591, 2018, doi: 10.1109/ACCESS.2018.2827358.

S. W. Hsiao, C. H. Lee, M. H. Yang, and R. Q. Chen, “User interface based on natural

interaction design for seniors,” Comput. Human Behav., vol. 75, pp. 147–159, 2017, doi:

1016/j.chb.2017.05.011.

E. Ali, “SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Metode User Centered Design ( UCD )

dalam Membangun Aplikasi Layanan,” Sains dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–6,

, [Online]. Available: http://jurnal.stmik-amikriau.ac.id/index.php/satin/article/view/177/pdf.

W. Knight, UX for Developers: How to Integrate User-Centered Design Principles Into

Your Day-to-Day Development Work. 2019.

N. L. A. K. Yuniastari and R. K. Wiyati, “Pengukuran Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi

Sistem Eresearch STIKOM Bali,” J. Komput. dan Apl., vol. 09, no. 01, pp. 9–10, 2015.

G. W. Sasmito, L. O. M. Zulfiqar, and M. Nishom, “Usability Testing based on System

Usability Scale and Net Promoter Score,” 2019 2nd Int. Semin. Res. Inf. Technol. Intell.

Syst. ISRITI 2019, pp. 540–545, 2019, doi: 10.1109/ISRITI48646.2019.9034666.

M. B. R. Utama and N. Hajarisman, “Metode Pemilihan Variabel pada Model Regresi

Poisson Menggunakan Metode Nordberg,” J. Ris. Stat., vol. 1, no. 1, pp. 35–42, 2021,

doi: 10.29313/jrs.v1i1.24




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v22i3.8655

Article Metrics

Abstract view : 188 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.