Penerapan Pola Layer-Cake pada Tata Letak Antarmuka Pengguna Situs Berita Sepakbola
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v22i4.8636Keywords:
User Interface Layout, Bounce Rate, Optimization, A/B Testing, Statistical Calculations, Layer-Cake Pattern, Click Conversion Rate, Layout Formula.Abstract
Dalam pengambilan keputusan, pihak pengelola situs web perlu memperhatikan bagaimana pelanggan menggunkan layanan dari situsnya. Situs "SWED sepakbola" memiliki total kunjungan 11,69 juta pengunjung. Rata-rata lama waktu kunjung adalah 1 menit 21 detik, dengan 1,54 jumlah halaman per pengunjung. Dengan jumlah bounce rate mencapai 79,17% dapat dikatakan banyaknya pengunjung pada landpage tidak memiliki jumlah interaksi yang banyak. Hal ini mengindikasikan pelanggan merasa tidak tertarik. Penelitian ini mencoba mengoptimalisasikan performa tata letak antarmuka pengguna untuk menarik interkasi pembaca dengan menekan rasio bounce menggunakan pendekatan desain layer-cake, grid dan penggunaan kolom. Perbandingan desain lama dan hasil redesain dilakukan menggunakan pengujian A/B dan perhitungan inferensial statistik. Hasilnya redesain yang dilakukan berhasil meningkatkan konversi klik, dari varian awal (varian control) ke varian yang baru (varian treatment) sebesar 40%. Konversi klik sebanyak 14 hingga 63 klik dengan pengunjung sebanyak 4 sampai 18 pengunjung dalam 4 grup yang berbeda, selama 4 kali pengujian dan pengujian tersebut, untuk menemukan nilai yang optimal hingga hasil akhir yang signifikan pada kategori “baik” dengan nilai CR “diatas rata-rata” sehingga dapat menemukan formula tata letak lebih lanjut (optimal) dari varian tata letak SWED sepakbola..References
Similar Web, "Analyze any Website or App," [Online]. Available: https://www.similarweb.com/website/sport.detik.com/?competitors=bolasport.com. [Accessed Februari 2021].
Jansen, B.G, Jung, S.G., and Salminen, J., 2022, "Measuring User Interactions with Websites: A Comparison of Two Industry Standard Analytics Approaches Using Data of 86 Websites," Plos one, vol. 17, no. 5, p. 0268212
Sng, Y.F., 2017 "Study on Factors Associated with Bounce Rates on Consumer Product Websites," in Business Analytics: Progress on Applications in Asia, World Scientific, pp. 526-546.
Schneider, D., 2021, "Bounce Rate Explained: Everything You Need to Achieve Growth," [Online]. Available: https://www.similarweb.com/blog/research/market-research/bounce-rate/.
Sharma, H., 2022, "How do Bounce Rates vary according to product sold?," arXiv preprint arXiv:2205.06866, 2022.
Pernice, K., 2019, "The Layer-Cake Pattern of Scanning Content on the Web," Nielsen Norman Group, pp. 4-60, 2019.
Li, Q., Huang, Z., and Christianson, K., 2016, "Visual attention toward tourism photographs with text: An eye-tracking study," Tourism Management, pp. 243-258.
Kohavi, R., and Longbotham, R., 2017, Online Controlled Experiments and A/B Testing, 2017 ed., C. Sammut and G. I. Webb, Eds., Boston, MA: Springer US, pp. 922-929.
Brand Finance, 2022, "Football Fan Research," Brand Finance, London.
Jaroso, T.A., Garcia, G.M.G, Sanchez-Saez, J.A., and Pascual, E.C., 2022, "Fan Identification as a Precursor of Loyalty Towards a Football Team. A Systematic Review," Journal of Sports Economics & Management, pp. 22-60.
Peer, S., Sharma, D., Ravindranath, K., and Naidu, M., 2004, "Layout design of user interface components with multiple objectives," Yugoslav Journal of Operations Research, pp. 171-192.
Feng-GUI, 2023, "Attention and Attraction Analysis Report," Feng-GUI - AI-Powered Neuromarketing, Rehovot.
Christner, C., Urman, A., Adam, S., and Maier, M., 2022, "Automated tracking approaches for studying online media use: A critical review and recommendations," Communication methods and measures, vol. 16, no. 2, pp. 79-95.
Hollander, J.B., Sussman, A., Levering, A. P., and Foster-Karim, C., 2020, "Using Eye-Tracking to Understand Human Responses to Traditional Neighborhood Designs," Planing Practice & Research, vol. 35, no. 5, pp. 485-509.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---