Aplikasi Berbasis Web Untuk Desain Hidrolika Pengeboran

Meredita Susanty, Raka Sudira Wardana

Abstract


Desain hidrolika merupakan salah satu parameter penting pada operasi pengeboran minyak, gas, dan energi panas bumi. Kesalahan dalam menentukan parameter hidrolika pengeboran akan menyebabkan permasalahan pengeboran seperti semburan liar, kehilangan sirkulasi dan juga pipa terjepit. Dalam proses mendesain parameter hidrolika pengeboran perlu memperhitungkan banyak parameter seperti tpe rheologi fluida pengeboran, tipe peralatan di permukaan, komponen pipa pengeboran, ukuran nozzle bit dan konfigurasi sumur pengeboran.Prosedur perhitungan iteratif yang panjang diperlukan untuk menentukan desain parameter hidrolika pengeboran. Oleh karena itu perangkat lunak sering digunakan. Sayangnya, mayoritas software saat ini masih berbasis desktop. Persyaratan untuk prosedur penginstalan, lisensi terbatas, dan ketidakmampuan untuk menjalankan fungsi tertentu pada PC tertentu semuanya dapat mempersulit penggunaan program berbasis desktop. Kondisi kerja saat ini mengharuskan pekerjaan dilakukan dari mana saja. Akibatnya, alat berbasis web yang dapat digunakan oleh praktisi dan akademisi untuk membangun sumur lintasan menggunakan perangkat apa pun dengan koneksi internet diperlukan. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis web yang dapat digunakan oleh akademisi dan praktisi di industri minyak dan gas serta panas bumi untuk mendesain parameter hidrolika pengeboran.


Keywords


web-based; hidrolika; pengeboran

Full Text:

PDF

References


S. Devereux, Drilling Technology in Nontechnical Language, Second edi. PennWell Corporation, 2012.

A. T. Bourgoyne, M. E. Chenevert, and F. S. Y. Jr., Applied Drilling Engineering: Textbook 2 (Spe Textbook). Society of Petroleum Engineers, 2014.

R. F. Mitchell and S. Z. Miska, SPE TEXTBOOK SERIES VOL. 12 FUNDAMENTALS OF DRILLING ENGINEERING. Society of Petroleum Engineers, 2010.

Drilling Engineering. Heriot Watt University, 2005.

N. J. Adams and T. Charrier, Drilling Engineering A Complete Well Planning Approach. Tulsa, Oklahoma, United States: Pennwell Books, 1985.

B. Guo and G. Liu, Applied drilling circulation systems : hydraulics, calculations, and models. Gulf Professional Pub, 2011.

R. Caenn, H. C. H. Darley, and G. R. Gray, Composition and Properties of Drilling and Completion Fluids. Elsevier Inc., 2017.

H. Rabia, Well Engineering & Construction. Entrac Consulting Limited, 2002.

R. S. Pressman and B. Maxim, Software Engineering: A Practitioner’s Approach 8th Edition. McGraw-Hill Education, 2014.

I. Sommerville, Software Engineering Tenth Edition. Pearson, 2016.

B. Bruegge and A. H. Dutoit, Object-Oriented Software Engineering Using UML, Patterns, and Java, 3rd ed. Pearson, 2010.

P. B. Kruchten, “The 4+1 View Model of Architecture,” IEEE Softw., vol. 12, no. 6, pp. 42–50, 1995, doi: 10.1109/52.469759.

C. Larman, Applying UML and Patterns: An Introduction to Object-Oriented Analysis and Design and Iterative Development, 3rd ed. Pearson, 2004.

J. Tian, Software quality engineering : Testing, quality assurance, and quantifiable improvement. Wiley, 2005.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v22i3.8302

Article Metrics

Abstract view : 327 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.