Perancangan Arsitektur Enterprise Dengan TOGAF ADM dan ITIL V3 Tahap IT Service Design (Studi Kasus: Universitas Nusa Nipa)

Authors

  • Yohanes Brekmans M Darkel Universitas Nusa Nipa
  • Andi Wahyu Rahardjo Emanuel Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v22i2.7803

Keywords:

Enterprise Architecture, TOGAF ADM, ITILV3, ITSM

Abstract

Tujuan arsitektur enterprise (EA) adalah menyatukan TI dan organisasi bisnis secara konsisten. Di Biro Universitas Nusa Nipa, EA mengajarkan bagaimana model bisnis, data, informasi, aplikasi, dan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh karena itu, manajemen layanan TI harus dimutakhirkan sesuai dengan kemajuan teknologi untuk mengendalikan administrasi. Integrasi bidang ITSM dan EA dianggap tepat. EA akan memberi saran tentang cara membuat arsitektur yang baik dari sudut pandang seluruh organisasi. EA akan mengarahkan proses perancangan desain yang masuk akal dari sudut pandang organisasi secara keseluruhan. Sementara ITSM akan memandu proses perencanaan untuk penyediaan dan pemeliharaan layanan TI organisasi, kerangka kerja TOGAF ADM digunakan dalam proses manajemen layanan TI pada tahap Desain Layanan, pada ITILV3. Pada tahap perencanaan (pendahuluan), Arsitektur Visi, Arsitektur Bisnis, Arsitektur Sistem Informasi (Arsitektur Data dan Arsitektur Aplikasi), Arsitektur Teknologi, dan Peluang dan Solusi menjadi satu-satunya fokus penelitian ini pada desain EA dengan TOGAF ADM. Kebijakan atau prosedur operasional yang diterapkan di Biro TI Universitas Nusa Nipa, ITILV3, digunakan sebagai titik acuan analisis kesesuaian dari pemangku kepentingan, proses, data, dan infrastruktur pada tahapan Service Design, Service Transition, dan Service Operation dari layanan TI proses manajemen, sehingga dapat menentukan keadaan perusahaan saat ini dan melaksanakan perancangan arsitektur dimasa yang akan datang.

References

Mk. Anam, T. Nasution, S. Erlinda, and L. Efrizoni, “The Analysis and Optimization of Business Processes for Students in Higher Education Based on Togaf 9.2,” Sci. J. Informatics, vol. 8, no. 2, 2021, doi: 10.15294/sji.v8i1.29952.

I. P. Ramayasa, “PENERAPAN FRAMEWORK ITIL V3 DALAM ANALISIS TATA KELOLA SISTEM INFORMASI LAYANAN AKADEMIK DOMAIN SERVICE TRANSITION.” doi: y.

Y. Nurmala Sari, Mj. Effendi, A. H. Manajemen Informatika Dan Komputer Lembah Dempo Pagaralam Jln Sidik Adim No, and J. Beringin Pagaralam, “EVALUASI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA STIE-AMIK LEMBAH DEMPO PAGARALAM MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL VERSI 3),” pp. 6–7, 2016, [Online]. Available: www.lembahdempo.ac.id

L. Retnawati, “Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF di Universitas ABC,” J. IPTEK, vol. 22, no. 1, p. 13, May 2018, doi: 10.31284/j.iptek.2018.v22i1.221.

F. Luis and G. Moncayo, “Arsitektur Bisnis: Pemodelan Proses Bisnis Dengan Object Oriented”.Seminar Nasional Informatika. 22 Mei 2010.

D. Herlinudinkhaji, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 61, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4005.

F. Nadiyya, Murahartawaty, and L. Ramadani, “Perancangan Tata Kelola Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Itil V3 Domain Service Design Di Pemerintahan Kota Bandung,” Telkatika J. Telekomun. Elektro Komputasi dan Inform., vol. 3, no. 2, pp. 3397–3402, 2016.

Fathurrohman and N. K. Hikmawati, “Perancangan Tata Kelola Akademik Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi,” J. ENERGY, vol. 8, no. 1, pp. 20–25, 2018.

E. T. Sunandi and A. Amaliyah, “Implementasi Manajemen Kapasitas Layanan Dengan Framework IT-IL Dalam Penyusunan Rencana Infrastruktur TI pada Puskom PTS Di Jabar,” J. Komput., pp. 1–7, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/117

B. H. Hayadi, H. T. Sukmana, E. Shafiera, and J.-M. Kim, “The Development of ITSM Research in Indonesia: A Systematic Literature Review,” Int. J. Artif. Intell. Res., vol. 5, no. 2, pp. 138–156, 2021, doi: 10.29099/ijair.v5i2.233.

R. Anggrainingsih, A. Aziz, U. Salamah, and S. Widya Sihwi, “Penyusunan Arsitektur Visi dan Arsitektur Bisnis Sebagai Tahapan Perancangan Arsitektur Enterprise Universitas Sebelas Maret (UNS) Dengan Framework TOGAF,” J. Teknol. Inf. ITSmart, vol. 2, no. 2, p. 13, 2016, doi: 10.20961/its.v2i2.626.

S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 79, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.955.

A. Adiktia and W. Cholil, “Penerapan Framework ITILV3 Dalam Tata Kelola Infrastruktur Teknologi Informasi Di SMK Banyuasin,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 11, no. 1, pp. 19–24, 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i1.1220.

S. Susilowati, “EVALUASI TATA KELOLA LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA AREA SERVICE OPERATION MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL VERSI 3 (Studi Kasus: Pada Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Depok),” Paradigma, vol. XIV, no. 2, pp. 131–140, 2012.

I. D. Sumitra and L. Azizi, “Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF ADM dan Critical Path Method Pada Project Management,” J. Tata Kelola dan Kerangka Kerja …, 2020, [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jtk3ti/article/view/5540%0Ahttps://ojs.unikom.ac.id/index.php/jtk3ti/article/download/5540/2585

Wicaksono.2019."ENTERPRISE ARCHITECTURE GUNA MENCAPAI KESELARASAN DARI ORGANISASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN PENDEKATAN TOGAF DAN ITIL (STUDI KASUS: AREA FUNGSI JARINGAN, LAYANAN, & OPERASIONAL PT BANK PEMBANGUNAN JAWA BARAT DAN BANTEN, BANDUNG)". e-Proceeding of Engineering : Vol.6, No.2 Agustus 2019.

Yunis.2010. PENGEMBANGAN MODEL ARSITEKTUR ENTERPRISE UNTUK PERGURUAN TINGGI..

Putra.2017.“Penerapan TOGAF ADM Dan ITIL,” vol. 16, no. 2, pp. 37–50, 2017.

F. Sumber et al., “PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA DESIGNING ENTERPRISE ARCHITECTURE IN HUMAN RESOURCES FUNCTION OF TELKOM UNIVERSITY,” vol. 4, pp. 47–55, 2017.

N. Nurfaizah, E. Utami, and M. R. Arief, “RANCANGAN INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT MENGGUNAKAN INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (Studi Kasus: STMIK AMIKOM Purwokerto),” Telematika, vol. 8, no. 2, pp. 18–31, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/393

X. Hilary, A. Kurniawan, and J. Rahardjo, “Perancangan Self-Assesment untuk Audit Internal ISO 9001:2015 dengan Metode Baldrige Scoring pada PT Alam Jaya Seafood,” Semin. Nas. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 324–330, 2021, doi: 10.28932/sentekmi2021.v1i1.66.

B. Rahardjo, “Perancangan dan Implementasi Self Assessment Untuk Sertifikasi ISO 9001:2015 Menggunakan Metode Baldrige Scoring,” J. Media Tek. dan Sist. Ind., vol. 3, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.35194/jmtsi.v3i1.423.

D. N. Triyanto, “Evaluasi Kinerja Perusahaan Berbasis Iso 9001:2015,” J. Akunt. Multiparadigma, vol. 9, no. 3, pp. 487–509, 2018, doi: 10.18202/jamal.2018.04.9029.

A. M. Wibowo, “Service Strategy IT Infrastructure Library Versi 3,” Agenda, 2021.

Susi Susilowati, “Kajian Penerapan Service Design pada Layanan TI DISKOMINFODEPOK Mneggunakan ITIL Versi 3,” Semin. Nas. Inov. dan Teknol., p. A-192, 2013.

Downloads

Published

2023-05-26

Issue

Section

Articles