PREDIKSI CHURN DAN SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN BACKPROPAGATION NEURAL NETWORK BERBASIS EVOLUTION STRATEGIES

Authors

  • Junta Zeniarja Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Ardytha Luthfiarta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v14i1.706

Abstract

Pelanggan merupakan bagian penting dalam memastikan keunggulan dan kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu perlu untuk memiliki sistem manajemen untuk memastikan pelanggan tetap setia dan tidak pindah ke pesaing lain, yang dikenal sebagai manajemen churn. Prediksi churn pelanggan adalah bagian dari manajemen churn, yang memprediksi perilaku pelanggan dengan klasifikasi pelanggan setia dan mana yang cenderung pindah ke kompetitor lain. Keakuratan prediksi ini mutlak diperlukan karena tingginya tingkat migrasi pelanggan ke perusahaan pesaing. Hal ini penting karena biaya yang digunakan untuk meraih pelanggan baru jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Meskipun banyak studi tentang prediksi churn pelanggan yang telah dilakukan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk meningkatkan akurasi prediksi. Penelitian ini akan membahas penggunaan teknik data mining Backpropagation Neural Network (BPNN) in hybrid dengan Strategi Evolution (ES) untuk atribut bobot. Validasi model dilakukan dengan menggunakan validasi Palang 10-Fold dan evaluasi pengukuran dilakukan dengan menggunakan matriks kebingungan dan Area bawah ROC Curve (AUC). Hasil percobaan menunjukkan bahwa hibrida BPNN dengan ES mencapai kinerja yang lebih baik daripada Basic BPNN. Kata kunci: data mining, churn, prediksi, backpropagation neural network, strategi evolusi.

Downloads

Published

2015-05-04