Dancer vs Non Dancer: Korelasi Kontroler Terhadap Game Experience Pada Rhythm Game
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v21i4.6950Keywords:
Game Ritme, Kontroler, CEGE, Game Experience, KuisionerAbstract
Dalam penelitian ini, penulis akan meneliti tentang korelasi kontroler terhadap game experience pada rhythm game dimana untuk mengetahui lebih efektif penggunaan kontroler kamera ipad atau nintendo switch. Dengan menggunakan metode CEGE atau kuisioner yang terbagi atas beberapa bagian yaitu enjoyment, frustration, Puppetry, dan bagian Video-Game yang diberikan terhadap 22 responden dengan 38 pertanyaan. Hasil dari penelitian didapat bahwa untuk pemain pemula atau non-dancer akan lebih nyaman menggunakan kamera ipad, sedangkan pemain dancer atau yang ahli lebih nyaman menggunakan joycon. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian yang serupa.References
S. Nurrosyida, “PUMP IT UP GALERIA MALL UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta,” p. 11, 2018. Controller. Accessed 10-06-2017.
Pichlmair M, Kayali F, “Levels of Sound: On the Principles of Interactivity in Music Video Games,” In DiGRA Conference 2007.
Erik., & Aldian, R. Pembuatan Rhythm game Pada Android Menggunakan Aplikasi Construct 2 (Studi Kasus: Game Symphony Angklung). Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, 856-863. 2018
Brown, J. What Makes Rhythm Games So Successful?. Game Green [serial online]. 2014. Available from: https://www.gamegrin.com/articles/what-makesrhythm-games-so-successful/
Jefri. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII.4 SMPN 1 Pantai Raja Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2016/2017. Tesis. Program Studi Biologi Universitas Islam Riau, 5. 2017
Octaviani, A.W. and Irfansyah, I., 2021, December. Formal Game Element Analysis of Rhythm Fighting Game. In ICON ARCCADE 2021: The 2nd International Conference on Art, Craft, Culture and Design (ICON-ARCCADE 2021) (pp. 243-251). Atlantis Press.
Song, D.H., Kim, K.B. and Lee, J.H., 2019. Analysis and evaluation of mobile rhythm games: game structure and playability. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 9(6), p.5263.
Fadhila, D.H., Milyartini, R. and Gunawan, I., PERSEPSI MUSIK PEMAIN RHYTHM GAME BanG Dream! Girls Band Party. SWARA-Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(2), pp.1-9.
Bjørlo, T., 2018. SeaRhythm-A Rhythm Game with the ROLI Seaboard-Innovation in Game Controllers (Master's thesis, NTNU).
Halina, E., & Guzdial, M. (2021). A Demonstration of KiaiTime: A Mixed-Initiative PCGML Rhythm Game Editor. Proceedings of the AAAI Conference on Artificial Intelligence and Interactive Digital Entertainment, 17(1), 240-242. Retrieved from https://ojs.aaai.org/index.php/AIIDE/article/view/18916
T. Elektro, U. Sam, R. Manado, and J. K. B. Manado, “Pembuatan Game Simulasi Kewirausahaan untuk Profesi Peternak”, vol. 14, no. 1, pp. 71–78, 2019, doi: 10.35793/jti.14.1.2019.23839.
Wikipedia. Game controller. https://en.wikipedia.org/wiki/Game_controller. Accessed 10-06-2017.
R. Roth, “User Interface and User Experience (UI/UX) Design,” Geogr. Inf. Sci. Technol. Body Knowl., vol. 2017, no. Q2, 2017, doi: 10.22224/gistbok/2017.2.5.
Dutton, L.T., 2015. Effects of age and fitness level on cardiorespiratory and perceptual responses to a Wii Zumba® active video game using moderate and high intensity dance intervals. Southeastern Louisiana University.
Calvillo-Gámez, E.H., Cairns, P. and Cox, A.L., 2015. Assessing the core elements of the gaming experience. In Game user experience evaluation (pp. 37-62). Springer, Cham.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Musyaffa Ni'maturahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---