Evaluasi Usability Aplikasi Rudaya Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire

Irfan Walhidayah, I Made Ardwi Pradnyana, I Gusti Lanang Agung Raditya Putra

Abstract


Rudaya merupakan platform yang menjembatani pencari jasa seni dengan seniman tradisional diseluruh Indonesia. Saat ini aplikasi Rudaya sudah diunduh oleh 150 pengguna yang terdiri dari berbagai kalangan, serta seniman dari berbagai daerah. Meningkatnya jumlah user aplikasi Rudaya dengan pengguna yang bervariasi, menimbulkan permasalahan baru terkait usability. Berdasarkan permasalahan terkait usability, dilakukan pengukuran usability menggunakan metode usability testing dengan melakukan evaluasi secara langsung pada sampel pengguna 10 responden. Pengujian dilakukan melalui tiga tahapan, tes task scenario, mengisi kuesioner dan wawancara. Pengujian juga menggunakan USE Questionnaire (Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, Satisfaction). Tahap akhir dilakukan perbaikan dengan menggunakan teori 8 golden rules dan 10 prinsip user interface aplikasi mobile, sehingga dihasilkan rekomendasi perbaikan prototype tampilan aplikasi Rudaya yang baru. Hasil pengujian usability pada success rate seniman pada pengujian awal 71,6%, Success rate pencari jasa seni 64%, Sedangkan success rate seniman pengujian akhir 93,3% dan success rate pencari jasa seni 90%. Untuk hasil time of working seniman dan pencari jasa seni rata-rata mengalami peningkatan pengerjaan waktu yang lebih cepat. Selanjutnya hasil pengujian usability berdasarkan USE Questionnaire yang dilakukan di awal diperoleh hasil 57,5%, terjadi perubahan yang signifikan pada pengujian kedua pada aplikasi Rudaya diperoleh nilai usability berdasarkan USE Questionnaire sebesar 89,4%.


Keywords


Rudaya Application;Usability;Usability Testing;USE Questionnaire

Full Text:

PDF

References


Santoso, S., Wahyuni, N. M. S. I., & Artika, I. W. "Features and themes of poetry in KOPI (komunitas puisi Indonesia) facebook group". KEMBARA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra dan Pengajarannya (e-Journal), vol. 7, no. 1, 34-52, 2021.

M. Sholeh, & S. Pradhityo. "Aplikasi Mobile Pencari Masjid Dan Mushola Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Google Maps". Prosiding Semnas Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, Vol 1, No 1, 2014

F. Tahel and E. Ginting, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android ”, Teknomatika, vol. 9, no. 02, pp. 113-120, Oct. 2019.

J. Nielsen, “Usability 101: Introduction to Usability,” NN/g Nielsen Norman Group, 2012. .

J. Nielsen, “Why You Only Need to Test with 5 Users,” NN/g Nielsen Norman Group, 2000. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/ (accessed Oct. 22, 2021).

Kasih, A., & Delianti, V. I. "Analisis Usability Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode Usability Testing Dengan Use Questionnaire". Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(1), 124, 2020.

Ningrum, S. W., Akrunanda, I., & Perdanakusuma, A. R. "Evaluasi Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 2019.

K. Aelani and Falahah, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2012 (SNATI 2012), vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.

A. M. Lund, “Measuring usability with the USE questionnaire,” Usability interface, vol. 8, no. 2, pp. 3–6, 2001.

Shneiderman’s, “Shneiderman ’ s 8 Golden Rules of Interface Design,” p. 8, 2016, [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/article/shneiderman-s-eight-golden-rules-will-help-you-design-better-interfaces.

J. Stark, “The 10 principles of mobile interface design,” 2012. https://www.creativebloq.com/mobile/10-principles-mobile-interface-design-4122910 (accessed Dec. 18, 2021).

J. Nielsen, “Success Rate: The Simplest Usability Metric,” Jakob Nielsen’s Alertbox, vol. 18, pp. 3–5, 2001, [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/.

N.D. Pradana et. al., "Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri menggunakan Metode Heuristic Evaluation". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 4, No. 4, 2020.

R. Firmansyah, "Usability Testing dengan Use Questionnaire pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat'. Jurnal Swabumi, Vol. 6 No. 1, Maret 2018.

T.K. Situmorang et. al., "Evaluasi Usability pada Aplikasi m-Kantor Pos dengan Menggunakan Metode Usability Testing", Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 5, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v21i3.6392

Article Metrics

Abstract view : 838 times
PDF - 583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.