Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Penggunaan Aplikasi Jobstreet
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v21i3.6361Keywords:
Analisis Sentimen, Jobstreet, Naïve Bayes, KlasifikasiAbstract
Aplikasi Jobstreet merupakan sebuah aplikasi lowongan pekerjaan yang sudah didownload oleh lebih dari 10 juta masyarakat yang menyediakan beberapa jenis pekerjaan seperti akuntansi, sumber daya manusia, pemasaran, komunikasi, pelayanan, dan lainnya. Dengan banyaknya masyarakat yang mendownload aplikasi ini maka masyarakat pasti memberikan ulasan-ulasan mereka terhadap aplikasi ini. Di masa pandemi seperti ini, banyak orang yang mencari pekerjaan menggunakan aplikasi android dimana informasinya lebih cepat dan mudah untuk mencari lowongan pekerjaan, oleh karena itu aplikasi Jobstreet membantu masyarakat dalam mencari lowongan pekerjaan di perusahaan yang mereka inginkan. Ulasan komentar opini masyarakat ini bisa dijadikan peluang untuk menggali keterangan tentang evaluasi dan penilaian atas pelayanan aplikasi jobstreet yang telah berjalan menggunakan analisis sentimen. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan klasifikasi sentimen terhadap ulasan pada aplikasi Jobstreet dengan metode Naïve Bayes. Dalam penelitian ini opini akan dibagi kedalam dua golongan sebagai positif dan negatif, kemudian diklasifikasikan dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes. Hasil pengujian yang didapat menggunakan data uji memiliki nilai akurasi sebesar 0,96; nilai precision sebesar 0,98; nilai recall sebesar 0,94.References
J. Widiantoro, “About Us,” 2020. https://www.jobstreet.co.id/id/about-us/ (accessed Jun. 04, 2022).
H. Februariyanti, M. Firmansyah, J. S. Wibowo, and M. S. Utomo, “ANALISIS SENTIMEN TANGGAPAN TERHADAP APLIKASI LAYANAN INFORMASI PENGINAPAN MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI NAIVE BAYES,” vol. 6, no. 2, pp. 115–124, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4399381.
H. S. Utama, D. Rosiyadi, D. Aridarma, and B. S. Prakoso, “SENTIMEN ANALISIS KEBIJAKAN GANJIL GENAP DI TOL BEKASI MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES DENGAN OPTIMALISASI INFORMATION GAIN,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 2, pp. 247–254, Sep. 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i2.705.
N. L. Ratniasih and N. Gunantara, “Penerapan Text Mining dalam Spam Filtering untuk Aplikasi Chat,” Teknologi Elektro, vol. 16, no. 3, 2017, [Online]. Available: http://untroubled.org/spam/
D. Sepri, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes Untuk Analisis KepuasanPenggunaan Aplikasi Bank,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC, vol. 2, no. 1, pp. 135–139, 2020.
E. Daryfayi, P. Daulay, and I. Asror, “Sentimen Analisis pada Ulasan Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes,” 2020.
A. Yasar and M. M. Saritas, “Performance Analysis of ANN and Naive Bayes Classification Algorithm for Data Classification Gastric Cancer and Image Processing View project International Journal of Intelligent Systems and Applications in Engineering Performance Analysis of ANN and Naive Bayes Classification Algorithm for Data Classification,” Original Research Paper International Journal of Intelligent Systems and Applications in Engineering IJISAE, vol. 7, no. 2, pp. 88–91, 2019, doi: 10.1039/b000000x.
E. B. Santoso and A. Nugroho, “Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 Berdasarkan Komentar Publik Di Facebook,” Eksplora Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 60–69, Sep. 2019, doi: 10.30864/eksplora.v9i1.254.
T. R. Nichols, P. M. Wisner, G. Cripe, and L. Gulabchand, “Putting the kappa statistic to use,” Quality Assurance Journal, vol. 13, no. 3–4, pp. 57–61, Jul. 2010, doi: 10.1002/qaj.481.
B. Herwijayanti, D. E. Ratnawati, and L. Muflikhah, “Klasifikasi Berita Online dengan menggunakan Pembobotan TF-IDF dan Cosine Similarity,” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
A. Sabrani, I. W. Gede Putu Wirarama Wedashwara, and F. Bimantoro, “METODE MULTINOMIAL NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI ARTIKEL ONLINE TENTANG GEMPA DI INDONESIA (Multinomial Naïve Bayes Method for Classification of Online Article About Earthquake in Indonesia),” 2020. [Online]. Available: http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/
E. Sutoyo and M. Asri Fadlurrahman, “Penerapan SMOTE untuk Mengatasi Imbalance Class dalam Klasifikasi Television Advertisement Performance Rating Menggunakan Artificial Neural Network,” 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bobby Kurniadi Widodo, Nur Hafifah Matondang, Desta Sandya Prasvita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/