Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Materi Kepramukaan untuk Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v21i3.6313Keywords:
Anak Sekolah Dasar, Multimedia, Pembelajaran, R&D, ADDIEAbstract
Permasalah terkait dengan penelitian ini yaitu saat ini, sistem pembelajaran materi kepramukaan masih menggunakan buku panduan sebagai media pembelajaran khususnya di kalangan anak sekolah dasar sehingga belum mampu melakukan proses belajar yang menarik, efektif, efisien dan interaktif. Oleh karena itu, masih banyak siswa di kalangan sekolah dasar yang tidak menghiraukan ekstrakulikuler pramuka. Padahal, pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler wajib, hal ini berdasar pada aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 bahwa pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang diwajibkan untuk pendidikan dasar serta pendidikan menengah. Penelitian ini bertujuan agar memperoleh multimedia pembelajaran interaktif pengenalan materi kepramukaan untuk anak sekolah dasar yang dapat memudahkan proses belajar dikarenakan dukungan dari beberapa aspek yaitu gambar, animasi, teks serta audio sehingga dapat menumbuhkan minat untuk belajar mengenai kepramukaan sejak dini. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan penerapan model ADDIE. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, diperoleh hasil yang valid untuk semua pengujian fungsional pada multimedia interaktif yang dibuat. Kemudian berdasarkan hasil kuesioner untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang diperoleh dari dua puluh lima responden yaitu anak sekolah dasar kelas 4 sampai 6, hasil yang diperoleh 84,38% menyatakan sangat baik, sehingga multimedia pembelajaran interaktif ini layak untuk digunakan.References
M. Pendidikan, D. A. N. Kebudayaan, and R. Indonesia, “UU RI Nomor 63 Tahun 2014,” ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, [Online]. Available: www.journal.uta45jakarta.ac.id
Saadaherliani, “PERAN GERAKAN PRAMUKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN (STUDI KASUS DI SDIT UKHWAH DAN MIS AN-NURIYYAH 2 BANJARMASIN) Saadah Erliani 3,” Junal Ilm. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. VII, pp. 35–52, 2017.
I. Salim, “Peran Pembina Pramuka Dalam Menerapkan Perilaku,” pp. 1–11.
Teni Nurrita, “Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” J. misykat, vol. 03, no. 01, p. 171, 2018, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
A. S. Sitanggang, “Pembuatan Scout Learning Berbasis Multimedia Berupa Aplikasi Simulasi Penunjang Ekstrakurikuler Kepramukaan Kalangan Sekolah Dasar Di Jawa Barat,” Indones. J. Comput., vol. 2, no. 2, p. 105, 2017, doi: 10.21108/indojc.2017.2.2.188.
M. Sholikhah, “Media Pembelajaran Pramuka Penggalang Berbasis Macromedia Flash 8 Sebagai Sumber Belajar Bagi Pramuka Kelas Vii,” Univ. PGRI Yogyakarta, pp. 101–107, 2017, [Online]. Available: http://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/64
A. S. Sitanggang, W. Wahyuni, R. F. Syafariani, and A. Arianto, “Penerapan Aplikasi Scout Learning Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Pengembangan Inovasi Minat Dan Bakat Ekstrakurikuler Bagi Sekolah Dasar Negeri 127 Sekeloa Bandung,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 9, no. 1, p. 21, 2019, doi: 10.30999/jpkm.v9i1.562.
Yusuf Arifin, 1, P. Setyosari, 2, S. Ulfa, and 3, “Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sandi Morse Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Bagi Siswa Kelas V,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, pp. 115–122, 2018, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/3706/2776
A. Arianto and W. Wahyuni, “‘Scout Learning’ sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pramuka Berbasis Multimedia,” J. Teknol. dan Inf., vol. 7, no. 1, pp. 21–28, 2017.
Sugiyono, “Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3.,” Metod. Penelit. Pendidik. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, pp. 22–29, 2006.
S. Rezeki, “Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 2, no. 4, pp. 856–864, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muthahharah Muthahharah, Nadia Ananda, Natasya Putri Rantelino, Rismayani Rismayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/