Penilaian Tingkat Kapabilitas Pengelolaan Inovasi pada Saluran Penjualan Digital Perusahaan Jasa Transportasi Udara di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v21i3.6238Keywords:
Tata Kelola TI, COBIT, Tingkat Kapabilitas TI, APO04 Managed Innovation, Saluran Penjualan Digital Maskapai PenerbanganAbstract
Penurunan kinerja keuangan yang disebabkan oleh penurunan jumlah penumpang pesawat terbang menjadi tantangan bagi perusahaan jasa transportasi udara di masa pandemi. Perusahaan melakukan upaya efisiensi biaya yang berdampak pula pada bidang TI. Namun, di sisi lain perusahaan perlu lebih berfokus pada inovasi saluran penjualan digital guna meningkatkan kualitas layanan sebelum penerbangan dan memfasilitasi kebutuhan pelanggan dalam proses pembelian digital di masa pandemi. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan topik penilaian tingkat kapabilitas pengelolaan inovasi pada saluran penjualan digital perusahaan jasa transportasi. Tujuannya ialah menganalisis kesenjangan tingkat kapabilitas dari hasil penilaian aktual dan target, serta memberikan rekomendasi perbaikan guna peningkatan digital customer experience dan kinerja bisnis. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara. Penulis memilih COBIT 2019 sebagai kerangka kerja isu tata kelola dan manajemen TI pada penelitian, serta berfokus pada penilaian tingkat kapabilitas APO04 Managed Innovation. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penilaian menunjukkan tingkat kapabilitas APO04 telah sesuai dengan targetnya, yaitu pada level 3. Untuk inovasi saluran penjualan digital, rekomendasi yang diberikan ialah adopsi New Distribution Capability.References
A. Anand, S. Fosso Wamba, and D. Gnanzou, “A Literature Review on Business Process Management, Business Process Reengineering, and Business Process Innovation,” Enterprise and Organizational Modeling and Simulation, Springer, 2013, pp. 1–23. doi: 10.1007/978-3-642-41638-5_1.
P. Weill and J. W. Ross, IT Governance How Top Performers Manage IT Decision Rights for Superior Results. United Kingdom: Harvard Business School Press, 2004.
P. Klaus, “Towards practical relevance — Delivering superior firm performance through digital customer experience strategies,” Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice, vol. 15, no. 4, pp. 306–316, Apr. 2014, doi: 10.1057/dddmp.2014.20.
J. Namukasa, “The influence of airline service quality on passenger satisfaction and loyalty,” The TQM Journal, vol. 25, no. 5, pp. 520–532, Aug. 2013, doi: 10.1108/TQM-11-2012-0092.
G. Das, S. P. Jain, D. Maheswaran, R. J. Slotegraaf, and R. Srinivasan, “Pandemics and marketing: insights, impacts, and research opportunities,” J Acad Mark Sci, vol. 49, no. 5, pp. 835–854, Sep. 2021, doi: 10.1007/s11747-021-00786-y.
Singapore Airlines, “Singapore Airlines Annual Report FY2020/2021,” 2021, [Online]. Available: https://www.singaporeair.com/saar5/pdf/Investor-Relations/Annual-Report/annualreport2021.pdf
M. Naufal, “Penumpang Pesawat yang Keluar Masuk Indonesia Lewat Bandara Soekarno-Hatta Turun Signifikan pada 2020,” Kompas.com, Tangerang, Dec. 31, 2020. Accessed: Mar. 28, 2022. [Online]. Available: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/31/22295971/penumpang-pesawat-yang-keluar-masuk-indonesia-lewat-bandara-soekarno?page=all
D. Wood, “US Airlines Report Major Financial Losses for 2020,” TravelPulse.com, Jan. 28, 2021.
B. Vinod, “Airline revenue planning and the COVID-19 pandemic,” Journal of Tourism Futures, Jul. 2021, doi: 10.1108/JTF-02-2021-0055.
The Institute of Internal Auditors, “Standards for the Professional Practice of Internal Auditing,” no. January, pp. 215–233, 2015, doi: 10.1002/9781119180012.ch9.
M. C. Jensen and W. H. Meckling, “Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure,” Journal of Financial Economics, vol. 3, pp. 305–360, 1976, doi: 10.1177/0018726718812602.
S. Papagiannidis, J. Harris, and D. Morton, “WHO led the digital transformation of your company? A reflection of IT related challenges during the pandemic,” International Journal of Information Management, vol. 55, p. 102166, Dec. 2020, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102166.
V. Octavianus, H. Nagata, and J. F. Andry, “Assessment of Business Process Alignment to IT Business Objectives,” Techno.Com, vol. 17, no. 3, pp. 290–301, Aug. 2018, doi: 10.33633/tc.v17i3.1729.
J. L. Colbert and J. S. Jahera, “The Role of Audit and Agency Theory,” The Journal of Applied Business Research, vol. 4, no. 2, pp. 7–12, 1988.
The Institute of Internal Auditors, Global Technology Audit Guide (GTAG) 1: Information Technology Risks and Controls, 2nd Edition. 2012.
The Institute of Internal Auditors, Global Technology Audit Guidance 17, Auditing IT Governance. 2018.
The Institute of Internal Auditors, “THE IIA’ S THREE LINES MODEL An update of the Three Lines of Defense Table of Contents,” 2020.
G. Kulkarni, “Transitioning an Enterprise from COBIT 5 to COBIT 2019.,” COBIT Focus, pp. 1–9, 2019.
ISACA, COBIT 2019 Framework Introduction and Methodology. 2019. [Online]. Available: https://community.mis.temple.edu/mis5203sec001sp2019/files/2019/01/COBIT-2019-Framework-Introduction-and-Methodology_res_eng_1118.pdf
R. C. Bogdan and S. K. Biklen, Qualitative research for education: an introduction to theories and methods. 2007.
ISACA, COBIT 2019 Framework, Governance and Management Objectives. 2018. [Online]. Available: https://www.isaca.org/resources/cobit
ISACA, COBIT ® Process Assessment Model (PAM): Using COBIT ® 5. 2013.
P. M. Dewi, R. Fauzi, and R. Mulyana, “Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi Untuk Transformasi Digital Di Industri Perbankan Menggunakan Framework Cobit 2019 Domain Build, Acquire, and Implement: Studi Kasus Bank XYZ,” e-Proceeding of Engineering, vol. 8, no. 5, pp. 9672–9683, 2021.
International Air Transport Association, “Taking the Reins: The Story of How Passionate Travel Managers Created a Vision of the Future of Business Travel Aviation,” International Air Transport Association, 2017. https://www.iata.org/contentassets/6de4dce5f38b45ce82b0db42acd23d1c/ndc-taking-the-reins.pdf
J. Krishnamurthy and Y. Krishnan, “New Distribution Capability (NDC) and its Effects on Travel Industry in Oman,” International Journal of Research in Entrepreneurship & Business Studies, vol. 2, no. 3, pp. 15–26, 2021, doi: 10.47259/ijrebs.232.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Caecilia Westi Sekar Wangi, Isnaeni Achdiat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---