Sistem Monitoring Faktor Daya Berbasis Internet of Things dan Android

Lutfi Hakim, Sepyan Purnama Kristanto, - Subono, Faris Bagas Dinan

Abstract


Faktor daya memiliki peran penting yang jika diabaikan dapat berpotensi konsumsi daya listrik menjadi lebih besar. Faktor yang mempengaruhi perbandingan daya aktif dan daya semu berasal dari seberapa besar daya reaktif yang dihasilkan. Semakin besar daya reaktif yang dihasilkan maka semakin besar selisih antara daya aktif dan daya semu sehingga menyebabkan faktor daya semakin rendah. Dalam implementasinya, instalasi jaringan listrik memiliki jaringan yang sangat kompleks. Jika hal tersebut kurang dikelola dengan baik, maka dapat mengakibatkan konsumsi daya listrik yang kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, perlu dilakukan monitoring agar konsumsi factor daya tetap stabil. Pada penelitian ini dikembangkan sistem monitoring factor daya berbasis internet of things dengan menggunakan sensor PZEM sebagai pembaca arus dan tegangan serta Arduino Mega sebagai pengontrol. Hasil pembacaan sensor ditampilkan pada aplikasi android yang dapat dikontrol dan direkapitulasi hasil monitoring arus listrik, tegangan, daya dan factor dayanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik. Hasil pengujian pada perangkat keras menunjukkan perbedaan nilai cosphi yang tidak terlalu signifikan pada pengujian dengan beban setrika dan Generator. Sedangkan hasil pengujian pada aplikasi android menunjukkan performa yang baik dengan hasil pengujian menunjukkan semua fitur yang dikembangkan dinyatakan valid.

Keywords


sistem monitoring, cosphi, factor daya, daya reaktif, daya semu

Full Text:

PDF

References


F. E. Nasution and J. M. T, “Pengaruh Faktor Daya Pelanggan Industri Terhadap Rugi – Rugi Pada Jaringan Sisi Sekunder Transformator Distribusi PT. PLN (Persero) Area Serpong,” in Seminar Nasional Teknologi Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, 2019, pp. 148–163.

F. R. Sebayang and A. R. Hasibuan, “Analisis Perbaikan Faktor Daya Beban Resistif, Induktif, Kapasitif Generator Sinkron 3 Fasa Menggunakan Metode Pottier,” Singuda Ensikom, vol. 3, no. 2, pp. 76–81, 2013, [Online]. Available: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/singuda_ensikom/article/view/2304.

G. M. Berasa, R. Himawan, and F. Atabiq, “Sistem Pemantauan Perbaikan Faktor Daya Listrik Rumah Tangga Berbasis IoT,” J. Appl. Sci. Electr. Eng. Comput. Technol., vol. 1, no. 3, pp. 30–35, 2020, doi: 10.30871/aseect.v1i3.2359.

H. N. Isnianto and E. Puspitaningrum, “Monitoring Tegangan, Arus, Dan Daya Secara Real Time untuk Perbaikan Faktor Daya Secara Otomatispada Jaringan Listrik Satu Fase Berbasis Arduino,” J. Nas. Teknol. Terap., vol. 2, no. 1, p. 129, 2018, doi: 10.22146/jntt.39205.

A. Ma’ruf, R. Purnama, and K. E. Susilo, “Rancang Bangun Alat Monitoring Tegangan, Arus, Daya dan Faktor Daya Berbasis IoT,” J. Sist. Komput. dan Kecerdasan Buatan, vol. 5, no. September, pp. 81–86, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v21i2.5898

Article Metrics

Abstract view : 422 times
PDF - 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.