ANALISA DAN IMPLEMENTASI NONAKA’S MODEL DI TINGKAT UNIVERSITAS (KNOWLEDGE MANAGEMENT STRATEGY AND IMPLEMENTATION)

Authors

  • Indra Gamayanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Acun Kardianawati Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Suharnawi Suharnawi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v13i3.568

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan di abad teknologi ini berkembang dengan pesat, dimana terdapat berbagai hal baru yang dapat mendukung prosesnya sehingga diperlukan berbagai inovasi baru untuk dapat mencapai hasil yang berpotensi besar. Knowledge Management merupakan salah satu bidang ilmu untuk mengatasi hal ini, seperti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Dengan menggunakan Nonaka’s model yang merupakan salah satu kerangka dalam knowledge management maka akan dapat dihasilkan dosen dan mahasiswa yang memiliki tingkat pengetahuan yang seimbang antara pengetahuan dan pengalaman. Memang perlu diakui dengan jujur bahwa proses perbaikkan ini masih berjalan dan tidak sepenuhnya sempurna. Tetapi pada penerapan Nonaka’s model ini kita akan dapat mengetahui dan memahami bagaimana cara menerapkannya dalam dunia pendidikan yang sekarang ini maju dengan pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan proses yang seimbang dan akurat dalam penyampaian pengetahuan yang memiliki aselerasi tinggi kepada para mahasiswa. Kata Kunci: Knowledge Management, Universitas, Proses Belajar Mengajar, Implementasi, Sistem Pendidikan

Downloads

Published

2014-10-22