Implementasi Robotic Process Automation dan Analisis Biaya-Manfaat di Bank SASA

Syem Haikel, Yos Sunitiyoso

Abstract


RPA merupakan inovasi dari Bank SASA untuk transformasi digital. Tujuan utamanya adalah efisiensi dan memitigasi risiko bagi bank karena sebagian besar transaksi perbankan adalah pekerjaan yang berulang dan memiliki volume transaksi yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan RPA secara end-to-end pada suatu proses di Direktorat Operasional, yang proyeknya dinamakan Klaim Asuransi. keterlambatan pencairan dana dari perusahaan asuransi adalah latar belakang dari proses otomatisasi tersebut. Penulis menggunakan alat problem tree untuk menganalisis dan menemukan sebab-akibat masalah. Analisis ini menghasilkan 12 penyebab keterlambatan proses Klaim Asuransi. Salah satu solusinya adalah mengotomatisasi proses dengan menggunakan RPA. Penulis menggunakan perangkat RPA bernama Kofax Kapow. Terdapat beberapa langkah yang diperlukan dalam mengimplementasikan RPA. Dimulai dengan tinjauan umum mengenai proses saat ini, kemudian menghitung biaya dan manfaat proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SASA akan mengalami kerugian dalam dua tahun pertama, namun berubah menjadi laba untuk tiga tahun berikutnya. Penulis menggunakan proyeksi lima tahun, menghasilkan 28,6 juta keuntungan setelah lima tahun. Kemudian melakukan tinjauan lebih lanjut dan simulasi mengenai proses saat ini untuk menganalisis dan merancang proses baru jika robot menggantikan manusia. Langkah terakhir sebelum implementasi adalah pengembangan dan pengujian robot. Ada empat kasus tes positif dan tiga kasus tes negatif yang berhasil diuji.

Keywords


Perbankan, RPA, problem tree, biaya-manfaat

Full Text:

PDF

References


A. G. Anshori, “Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah di Indonesia dan Implikasinya bagi Praktik Perbankan Nasional,” J. Ekon. Islam, vol. II, no. 2, pp. 159–172, 2008.

T. N. Vetrova, “EFFECTIVENESS OF BANKING: EVALUATION AND MEASURING,” Soc. Phenom. Process., vol. 12, no. 2, pp. 30–35, 2017, doi: 10.20310/1819-8813-2017-12-2-30-35.

B. B.-H. Chai, P. S. Tan, and T. S. Goh, “Banking Services that Influence the Bank Performance,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 224, pp. 401–407, Jun. 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.05.405.

S. Arora and P. Singh, “Role of Technology in Banking Industry - A Comparative Study of Public and Private Banks - Post Demonetization,” Int. J. Innov. Sci. Res. Technol., vol. 4, no. 5, pp. 1223–1227, 2019.

R. Wirdiyanti, “Digital Banking Technology Adoption and Bank Efficiency: The Indonesian Case,” 2018.

J. vom Brocke, W. Maaß, P. Buxmann, A. Maedche, J. M. Leimeister, and G. Pecht, “Future Work and Enterprise Systems,” Bus. Inf. Syst. Eng., vol. 60, no. 4, pp. 357–366, 2018, doi: 10.1007/s12599-018-0544-2.

Information Services Group, “RPA in Europe - Enterprise plans, budgets and organizational impact,” Inf. Serv. Gr., no. May 2018, pp. 1–20, 2018, [Online]. Available: https://isg-one.com/docs/default-source/default-document-library/2018-q1-rpa-study-emea-aa.pdf.

L. P. Willcocks, M. Lacity, and A. Craig, “The IT Function and Robotic Process Automation,” Outsourcing Unit Work. Res. Pap. Ser., 2015.

IRPAAI, “The Automation of Knowledge Work will be This Decade’s Engine of Growth,” 2019. https://irpaai.com/definition-and-benefits/.

A. A. Ammani, S. J. Auta, and J. A. Aliyu, “Challenges to Sustainability: Applying the Problem Tree Analysis Methodology to the ADP System in Nigeria,” J. Agric. Ext., vol. 14, no. 2, pp. 35–45, 2010, doi: 10.4314/jae.v14i2.64122.

W. Fussell, “Treating the Cause, Not the Symptom,” ILEA Newsl., vol. 11, no. 3, pp. 30–31, 1995.

A. Veselý, “Problem Tree: A Problem Structuring Heuristic,” Cent. Eur. J. Public Policy, vol. 2, pp. 68–81, 2008.

U. Schiefer and R. Döbel, “MAPA – Project. A Practical Guide to Integrated Project Planning and Evaluation,” OSI-IEP Publ. Budapest, p. 132, 2001.

L. Groenendijk, Planning and Management Tools. The International Institute for Geo-Information Science and Earth Observation (ITC), 2003.

E. Commission, “Project Cycle Managament Guidelines,” Eur. Coop. Off., vol. 1, p. 149, 2004.

E. Babbie, The Basics of Social Research, 4th ed. Belmont, CA: Thomson Wadsworth, 2007.

K. Smith and J. Zajda, “Qualitative and Quantitative Methodologies: A Minimalist View,” Educ. Soc., vol. 36, no. 1, pp. 73–83, 2019, doi: 10.7459/es/36.1.06.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v21i1.5646

Article Metrics

Abstract view : 1111 times
PDF - 654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.