Analisis UI/UX untuk Perancangan Ulang Front-End Web Smart-SITA dengan Metode UCD dan UEQ

Authors

  • Destiara Kirana Safitri Nasional University
  • Andrianingsih Andrianingsih Nasional University

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v21i1.5639

Keywords:

Front-End Development, Smart-SITA, UI/UX, User Centered Design, User Experience Questionnaire

Abstract

Smart-SITA merupakan sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu mahasiswa FTKI UNAS melakukan proses pengerjaan Tugas Akhir secara online. Dalam pembuatan suatu sistem, tiap-tiap aspek harus diterapkan dengan baik demi kenyamanan user dalam berinteraksi dengan aplikasinya yang dimana dapat dinilai dari usability User Interface (UI) dan User Experience (UX) nya. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu, menganalisis UI/UX dari Smart-SITA dan membuat desain solusi UI/UX nya untuk diterapkan dalam perancangan ulang Front-End Web Smart-SITA dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD). Dalam tahapan evaluasi sistemnya, digunakan evaluasi User Experience Questionnaire (UEQ) yang diajukan kepada minimal 72 responden mahasiswa FTKI UNAS dan didapatkan hasil nilai mean dari total 6 aspek UEQ pada desain lama sebesar 0,20, lalu 1,28 untuk desain baru. Selanjutnya, testing menggunakan toolLigthouse untuk mengetahui kualitas halaman web dari Front-End WebSmart-SITA yang sudah dirancang ulang mendapat nilai meanPerformances sebesar 91, Accessibility 88,7, Best Practise 95,2.

References

H. Joo, “A study on understanding of UI and UX, and understanding of design according

to user interface change,” Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 12, no. 20, pp. 9931–9935, 2017.

C. Technology, D. Dinh, and Z. Wang, “MODERN FRONT-END WEB

DEVELOPMENT,” 2020.

M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Design and Evaluation of a Short

Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S),” Int. J. Interact. Multimed.

Artif. Intell., vol. 4, no. 6, p. 103, 2017, doi: 10.9781/ijimai.2017.09.001.

T. Prasetyaningtias, H. Muslimah Az-Zahra, and A. Hendra Brata, “Analisis Usability

Pada Aplikasi Mobile E-Government Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

(LAPOR!) Dengan Heuristic Evaluation,” Anal. Usability Pada Apl. Mob. EGovernment Layanan Aspir. dan Pengaduan Online Rakyat ( LAPOR !) Dengan

Heuristic Eval., vol. 2, no. 11, pp. 4647–4653, 2018.

A. Hinderks, M. Schrepp, F. J. Domínguez Mayo, M. J. Escalona, and J.

Thomaschewski, “Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire,”

Comput. Stand. Interfaces, vol. 65, pp. 38–44, 2019, doi: 10.1016/j.csi.2019.01.007.

C. A. Prawastiyo and I. Hermawan, “Pengembangan Front-End Website Perpustakaan

Politeknik Negeri Jakarta Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Teknol.

Terpadu, vol. 6, no. 2, pp. 89–95, 2020.

N. C. C. Sidik, “Pengembangan Front-End Website User Hi-Depok pada Proyek 1000

Aplikasi Smart City Kota Depok di Diskominfo Kota Depok,” pp. 1–9, 2020.

Juniantari and nyoman T. . Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan

Metode User Dpmptsp Information System Analysis Using the User Experience,” J.

Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.

M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook Version 8,” URL https//www.

Res.

net/publication/303880829_User_Experience_Questionnaire_Handbook_Version_2.(Ac

cessed 02.02. 2017), no. September 2015, pp. 1–15, 2019, [Online]. Available:

www.UEQ-online.org.

R. Umar, A. Ifanin, F. Ammatulloh, and M. Anggriani, “Analisis Sistem Informasi Web

LSP UAD Menggunakan User Experience Questionaire (UEQ),” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 173–178, 2020, doi:

46880/jmika.v4i2.191.

P. H. Pangestu, R. Tulloh, and R. Adiati, “KESEHATAN PUSKESMAS BERBASIS

WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL ( STUDI KASUS PUSKESMAS

MULYAHARJA ) Design and Implementation of Web Based Publlic Health Center

Application Using Laravel Framework ( Case Study Of Mulyaharja Publlic Health

Center ),” vol. 7, no. 5, pp. 1818–1835, 2021.

Downloads

Published

2022-02-28