SIKARTUN: Sistem Informasi Karang Taruna Berbasis Web Menggunakan Metode FDD dan XP

Authors

  • Navita Putri Purwanti Nasional University
  • Septi Andryana Nasional University
  • Aris Gunaryati Nasional University

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v21i1.5638

Keywords:

Youth Organization, Information Systems, Waterfall, XP (Extreme Programming)

Abstract

Karang Taruna menjadi topik pilihan pada penelitian ini terkait dengan peran pentingnya sebagai wadah kegiatan dan pengembangan generasi muda. Salah satu elemen penting dari organisasi ini adalah informasi dan komunikasi. Umumnya organisasi ini belum memiliki sarana informasi digital seperti website dan hanya menggunakan sarana informasi dari mulut ke mulut. Hal ini mengakibatkan keterlambatan, duplikasi dan ketidakakuratan dalam penyampaian informasi. Objek penelitian ini adalah Karang Taruna RT 005 RW 009 Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Penelitian ini menerapkan metode gabungan FDD (Feature Driven Development) dan XP (Extreme Programming) dalam pengembangan website SIKARTUN atau Sistem Informasi Karang Taruna agar mempermudah penyampaian informasi tersebut. Desain aplikasi website menggunakan framework CodeIgniter dan Bootsrap, serta bahasa dan database yang digunakan adalah PHP dan MySQL. Hasil penelitian ini, SIKARTUN memiliki kinerja yang baik berdasarkan oleh pengujian Google Lighthouse dan Usabilitiy.

References

H. Almaimoni et al., “Developing and Implementing WEB-based Online Destination Information Management System for Tourism,” 2018. [Online]. Available: http://www.ripublication.com

F. Akbar and S. Setiaji, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KARANG TARUNA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. VIII, no. 1, 2020, [Online]. Available: www.bsi.ac.id

Pamungkas Regen T and Tofan Rapiyanta P, “Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Karang Taruna (SIPEKATAR) Naralatu Agantuka Berbasis Website,” Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informatika, pp. 324–331, 2019.

I. Nur Amanda, A. Hafiz Ramadani, and C. Responden, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MEDIA KEGIATAN PADA LEMBAGA KARANG TARUNA KECAMATAN SEPATAN TIMUR,” JIKA (Jurnal Informatika), pp. 104–108, 2021.

H. Ismatullah and Q. Jafar Adrian, “IMPLEMENTASI PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI IKATAN KELUARGA ALUMNI SANTRI BERBASIS WEB,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, pp. 213–228, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

A. Rifai and Y. Prabawati Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. VII, no. 1, 2019.

N. Cahya, A. Triayudi, and B. Benrahman, “Implementasi Framework Codeigniter Pada Perancangan Chatbot Interaktif Menerapkan Metode Waterfall,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 1, pp. 273–279, Jan. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2623.

Putri R M, Renaldi F, and Santikarama I, “Pembangunan Sistem Informasi Monitoring Pengelolaan Kegiatan Karang Taruna Kecamatan Padalarang,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2019.

R. Firmansyah, S. Andryana, and B. Benrahman, “Sistem Informasi Laporan Asset Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 3, pp. 574–581, Jul. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2150.

P. H. Pangestu, R. Tulloh, and R. Adiati, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS PUSKESMAS MULYAHARJA) Design and Implementation of Web Based Publlic Health Center Application Using Laravel Framework (Case Study Of Mulyaharja Publlic Health Center),” 2021.

S. Kasus et al., “EVALUASI USABILITY TERHADAP SISTEM PROMOSI PARIWISATA BERBASIS ANDROID DAN WEB,” 2019. [Online]. Available: http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/

Downloads

Published

2022-02-28