SIKARTUN: Sistem Informasi Karang Taruna Berbasis Web Menggunakan Metode FDD dan XP
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v21i1.5638Keywords:
Youth Organization, Information Systems, Waterfall, XP (Extreme Programming)Abstract
Karang Taruna menjadi topik pilihan pada penelitian ini terkait dengan peran pentingnya sebagai wadah kegiatan dan pengembangan generasi muda. Salah satu elemen penting dari organisasi ini adalah informasi dan komunikasi. Umumnya organisasi ini belum memiliki sarana informasi digital seperti website dan hanya menggunakan sarana informasi dari mulut ke mulut. Hal ini mengakibatkan keterlambatan, duplikasi dan ketidakakuratan dalam penyampaian informasi. Objek penelitian ini adalah Karang Taruna RT 005 RW 009 Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Penelitian ini menerapkan metode gabungan FDD (Feature Driven Development) dan XP (Extreme Programming) dalam pengembangan website SIKARTUN atau Sistem Informasi Karang Taruna agar mempermudah penyampaian informasi tersebut. Desain aplikasi website menggunakan framework CodeIgniter dan Bootsrap, serta bahasa dan database yang digunakan adalah PHP dan MySQL. Hasil penelitian ini, SIKARTUN memiliki kinerja yang baik berdasarkan oleh pengujian Google Lighthouse dan Usabilitiy.References
H. Almaimoni et al., “Developing and Implementing WEB-based Online Destination Information Management System for Tourism,” 2018. [Online]. Available: http://www.ripublication.com
F. Akbar and S. Setiaji, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KARANG TARUNA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. VIII, no. 1, 2020, [Online]. Available: www.bsi.ac.id
Pamungkas Regen T and Tofan Rapiyanta P, “Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Karang Taruna (SIPEKATAR) Naralatu Agantuka Berbasis Website,” Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informatika, pp. 324–331, 2019.
I. Nur Amanda, A. Hafiz Ramadani, and C. Responden, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MEDIA KEGIATAN PADA LEMBAGA KARANG TARUNA KECAMATAN SEPATAN TIMUR,” JIKA (Jurnal Informatika), pp. 104–108, 2021.
H. Ismatullah and Q. Jafar Adrian, “IMPLEMENTASI PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI IKATAN KELUARGA ALUMNI SANTRI BERBASIS WEB,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, pp. 213–228, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
A. Rifai and Y. Prabawati Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. VII, no. 1, 2019.
N. Cahya, A. Triayudi, and B. Benrahman, “Implementasi Framework Codeigniter Pada Perancangan Chatbot Interaktif Menerapkan Metode Waterfall,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 1, pp. 273–279, Jan. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2623.
Putri R M, Renaldi F, and Santikarama I, “Pembangunan Sistem Informasi Monitoring Pengelolaan Kegiatan Karang Taruna Kecamatan Padalarang,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2019.
R. Firmansyah, S. Andryana, and B. Benrahman, “Sistem Informasi Laporan Asset Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 3, pp. 574–581, Jul. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2150.
P. H. Pangestu, R. Tulloh, and R. Adiati, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS PUSKESMAS MULYAHARJA) Design and Implementation of Web Based Publlic Health Center Application Using Laravel Framework (Case Study Of Mulyaharja Publlic Health Center),” 2021.
S. Kasus et al., “EVALUASI USABILITY TERHADAP SISTEM PROMOSI PARIWISATA BERBASIS ANDROID DAN WEB,” 2019. [Online]. Available: http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Navita Putri Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---