MENERAPKAN LOGIKA FUZZY MAMDANI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL BATIK
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v13i2.544Abstract
Indonesia adalah negara yang amat sangat kaya akan keanekaragaman budaya dan banyak yang telah diakui UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Salah satunya adalah batik yang ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Hal ini menjadikan batik sebagai lahan bisnis yang menjajikan. Namun banyak orang atau pengrajin baru yang terjun kedunia bisnis ini tanpa mempelajarinya lebih dalam sehingga banyak pengusaha yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing. Kendala utama mereka terdapat pada penetapan harga batiknya. Banyak batik yang memiliki harga tidak sesuai dengan kualitasnya dan tidak sesuai dengan harga pasar. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu menentukan harga jual batik dengan menggunakan metode Logika Fuzzy Mamdani. Hal ini memungkinkan sistem memberikan harga dengan perhitungan yang tepat dan diharapkan dengan adanya sistem ini akan memudahkan penjual atau pebisnis batik memberikan harga sesuai dengan harga pasar. Hasil dari penelitian ini adalah berupa prototype yang dapat mengolah inputan menjadi output yaitu harga jual batik.Kata Kunci : Fuzzy Mamdani, harga, jual, batik.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Andreas Widiyantoro, T. Sutojo, Sudaryanto Sudaryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/