Teknik AHP dengan Kriteria SQM: Studi Kasus Pemilihan Software Pustaka Digital

Agus Prianggono, Anwar Fuadi, Berlian Juliartha Martin Putra

Abstract


Untuk menunjang kegiatan penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, khususnya pengelolaan bahan pustaka diperlukan sebuah alat bantu berupa software pustaka digital. Software jenis ini sudah banyak beredar di pasaran, baik bersifat free open sources maupun proprietary. Ketersediaan berbagai macam pilihan alternatif memunculkan pertanyaan yakni, alternatif mana yang paling ideal untuk perguruan tinggi dengan studi kasus di AKN Pacitan. Untuk menjawab pertanyaan ini, tim peneliti melakukan evaluasi dan perangkingan menggunakan teknik Analytical Hierarchy Process (AHP). Dalam proses AHP, tim peneliti menggunakan kriteria-kriteria yang telah dirumuskan dalam Software Quality Model. Data diperoleh melalui teknik survei dengan instrumen kuisioner yang disebar kepada seluruh sivitas akademika AKN Pacitan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Dspace merupakan software pustaka digital yang paling ideal untuk AKN Pacitan.


Keywords


Analytical Hierarchy Process, Software Quality Model, Pustaka Digital

Full Text:

PDF

References


M. B. Aulawi, "Pemanfaatan Layanan E-Book Oleh Pemustaka," DIRASAH, vol. 4, no. 1, pp. 134-144, 2021.

S. Jayden, "The Best 8 Free and Open Source Library Management Software Solutions," GoodFirms, [Online]. Available: https://www.goodfirms.co/best-free-open-source-library-management-software-solutions".Accessed 4 3 2021.

M. R. H. Gani Nur Pramudyo, "PEMILIHAN PERANGKAT LUNAK REPOSITORI INSTITUSI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI KOTA MALANG(STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA, PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG, DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG)," BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, vol. 39, no. 2, pp. 161-177, 2018.

D. E. Prayitno, "Perpustakaan Digital Sebagai Information Life Cycle dalam Kehidupan Masyakarat Informasi," Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 23-29, 2019.

H. Magdalena, "MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH SOFTWARE BERBASIS OPEN SOURCE UNTUK APLIKASI DIGITAL LIBRARY BERBASIS WEB," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi , pp. 41-48, 2012.

R. F. R. H. Tsabit Rahman, "ANALISIS MODEL PENGAMBIL KEPUTUSAN AHP DAN TOPSIS UNTUK MEMILIH SOFTWARE BERBASIS OPEN SOURCEDIGITAL LIBRARY PADA UNIVERSITAS JANABADRA," in Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI, Kediri, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v21i1.5302

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.