Analisis dan Evaluasi Website Layanan Jasa Menggunakan Webqual 4.0 dan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v20i4.5260Keywords:
Kualitas Website, Webqual 4.0, Analytical Hierarchy Process (AHP), Expert Choice, SPSS 24.Abstract
Website pada internet tidak hanya digunakan untuk memperoleh informasi saja, melainkan dapat digunakan sebagai media untuk melakukan bisnis, oleh karena itu untuk menambah minat pengguna internet dalam mengakses dan membaca isi website, website harus bisa disajikan dengan menarik dan informatif. Pada proses analisis kualitas website terhadap kepuasan pengguna kali ini dilakukan pada website Coredinate Laboratory Indonesia karena setelah dilakukan proses elisitasi dengan metode wawancara ditemukan banyak kekurangan dalam sisi Usability. Usability sendiri dinilai penting untuk mengukur kualitas kelayakan sistem. Analisis kualitas dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang sekiranya dapat meningkatkan kualitas website Cordinatelab sehingga dapat mengukur kepuasan pengguna. Untuk melakukan analisis kepuasan pengguna terhadap kualitas website Coredinatelab, digunakan metode Webqual 4.0 dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Dikarenakan Webqual lebih berfokus pada kualitas website dan AHP digunakan untuk menyusun rekomendasi prioritas pada tiap kriteria yang nantinya akan menjadi patokan perbaikan website. Setelah dilakukan perbaikan website, dilakukan penyebaran kuesioner kedua terhadap responden yang sama untuk perbandingan antar website saat ini dan website perbaikan dan didapatkan nilai tertinggi dengan pernyataan “Setuju” pada dimensi Usability, Information Quality, dan Interaction Quality. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengunjung dinilai puas dengan perbaikan website yang dilakukan.References
K. Ming, “Evaluasi Kualitas Website Ditinjau Dari Kepuasan User Dengan Web Analytic (Studi Kasus Pada Website Majalah Livingetc Indonesia),” J. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 7–11, 2014, doi: 10.9744/informatika.12.1.7-11.
A. M. Aladwani and P. C. Palvia, “Developing and validating an instrument for measuring user-perceived web quality,” vol. 39, pp. 467–476, 2002.
B. A. Mustikaningtyas, M. C. Saputra, and A. Pinandito, “Analisis Usability Pada Website Universitas Brawijaya Dengan Heuristic Evaluation,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, p. 188, 2016, doi: 10.25126/jtiik.201633194.
S. Barnes and R. Vidgen, “WebQual - An Exploration of Website Quality. Proceiding of the Eighth European Conference on Information System,” Eur. Conf. Inf. Syst., pp. 1–9, 2000, [Online]. Available: http://aisel.aisnet.org/ecis2000/74.
M. Germonprez and I. Zigrus, “Causal Factor for Website Complexity,” vol. 3, no. 2003, pp. 1–16, 2005.
N. Rahayu, “Pengukuran Kualitas Website Haluan Riau,” 2014.
S. Jaelani, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website PT Wave Wahana Wisesa Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Webqual, vol. 5, no. 7. 2016.
E. Rahmanita, N. Prastiti, and I. Jazari, “Penggunaan Metode AHP dan FAHP dalam Pengukuran Kualitas Keamanan Website E-Commerce,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 371, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853816.
R. M. Yunus, Z. Samadi, N. M. Yusop, and D. Omar, “Expert Choice for Ranking Heritage Streets,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 101, pp. 465–475, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.07.220.
F. M. F. A. Bakthier, F. Pradana, and B. Priyambadha, “Sistem Elisitasi Kebutuhan dengan Konsep Gamification Berbasis Website,” vol. 3, no. 5, pp. 4491–4499, 2019.
D. Astuti and F. N. Salisah, “Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual ( Studi Kasus : Lejel Home Shopping Pekanbaru ),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. Vol.2, no. No.1, Februari 2016, p. hal.44-49, e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1784.
J. A. Putra, “Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Menggunakan Metode Zone Of Tolerance”, vol. 4, no. 1, p. (halaman 2), 2020.
W. Sujarweni, “SPSS Untuk Penelitian,” pp. 1–12, 2018.
M. O. Leavitt, Research-based web design & usability guidelines, vol. 2009, no. July 12. 2006.
Sugiyono, “Statistika Untuk Penelitian.,” J. Governansi, vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2007, doi: 10.30997/jgs.v1i1.272.
K. Hapsari, and Y. Priyadi, "Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0," JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), vol. 7, no. 1, pp. 66-72, May. 2017. https://doi.org/10.21456/vol7iss1pp66-72
R. Sukmawati and Y. Priyadi, “Perancangan Proses Bisnis Menggunakan UML Berdasarkan Fit/Gap Analysis Pada Modul Inventory Odoo”, intensif, vol. 3, no. 2, pp. 104-115, Apr. 2019.
M. D. Kartika and Y. Priyadi, “Pengembangan Sistem Penjualan Menggunakan UML dan Proses Bisnis E-Commerce Pada TB.Purnama Banjarnegara,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 480–497, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Indira Firli Widodo, Yudi Priyadi, Rosa Reska Riskiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/