Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bagi Siswa Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v20i4.5216Keywords:
Waterfall, Deaf, SIBI, SmartphoneAbstract
Masyarakat penyandang tuna rungu tentunya mengalami kesulitan saat melakukan komunikasi sehari-hari, terutama bagi para siswa tuna rungu. Sejauh ini, mereka menggunakan bahasa isyarat SIBI dalam kegiatan belajar mengajar. SIBI merupakan jenis bahasa isyarat yang banyak digunakan pada lembaga pendidikan luar biasa. Namun disatu sisi, proses belajar mengajar dinilai masih kurang maksimal apalagi dimasa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi berbasis smartphone sebagai media pembelajaran tambahan pengenalan huruf alphabet dan kata bagi penyandang disabilitas tuna rungu serta memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan sesama. Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode waterfall, dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pembuatan hingga uji coba. Penelitian ini terbatas pada pengenalan huruf alphabet dan kata dalam bahasa Indonesia serta ditujukan bagi penyandang disabilitas tuna rungu usia 7-10 tahun. Berdasarkan hasil uji ahli materi dan bahan ajar serta uji kelayakan pengguna, aplikasi ini dinyatakan layak untuk dikembangkan dengan hasil taraf kelayakan 80.45%. Deaf people certainly have difficulty in carrying out daily communication, especially for deaf students. So far, they use SIBI sign language in teaching and learning activities. SIBI is a type of sign language that is widely used in special education institutions. But on the one hand, the teaching and learning process is considered to be still less than optimal, especially during the pandemic. The purpose of this study is to build a smartphone-based application as an additional learning medium to recognize letters and words for deaf people and make it easier for them to communicate with other people. Applications are made using the waterfall method, starting from needs analysis, design, manufacture to testing. This research is limited to the introduction of letters of the alphabet and words in Indonesian and is intended for deaf people aged 7-10 years. Based on the results of expert tests of teaching materials and user feasibility tests, this application is declared feasible to be developed with a feasibility level of 80.45%.References
A. H. Sirait, P. Suriadireja and I. G. P. Sudiarna, "KEHIDUPAN PENYANDANG TUNA RUNGU (Studi Kasus: Keluarga "KM" di Banjar Celuk, Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan," Humanis: Journal of Arts and Humanities, vol. 17, no. 1, pp. 1-6, 2016.
M. H. Pradikja, H. Tolle and K. C. Brata, "Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Berbasis Android Tablet," Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 8, pp. 2877-2885, 2018.
I. Winaldi and A. Setyawan, "Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Tuna Tungu Berbasis Android (Studi Kasus : SLB Madina Serang)," Jurnal Sistem Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 70-73, 2018.
N. Huda, "Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Runggu," Jurnal Sisfokom, vol. 8, no. 1, pp. 1-6, 2019.
Diharto and D. A. Anggoro, "MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF ALFABET SERTA BILANGAN DASAR UNTUK ANAK TUNA RUNGU DAN WICARA KELAS 1 SDLB MITRA AMANDA BOYOLALI," UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA, SURAKARTA, 2019.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, "Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (KBBI Daring)," Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/disabilitas. [Accessed July 2021].
Marlina, Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional), vol. II, Padang: UNP Press Padang, 2015.
M. H. Pradikja, H. Tolle and K. C. Brata, "Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Berbasis Android Tablet," vol. 2, no. 8, 2018.
O. Dermawan, "STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB," Psymphatic, Jurnal Ilmiah Psikologi, vol. VI, no. 2, pp. 886-897, 2013.
T. Miskudin, "Bahasa Isyarat Menyatukan Dunia," ITJEN KEMENDIKBUD, 13 Oktober 2020. [Online]. Available: https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/bahasa-isyarat-menyatukan-dunia. [Accessed 30 Januari 2021].
R. Susanto and A. D. Andriana, "PERBANDINGAN MODEL WATERFALL DAN PROTOTYPING UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI," Majalah Ilmiah Unikom, vol. 14, no. 1, pp. 41-46, 2016.
I. Sommerville, Software Engineering, Boston: Pearson, 2009.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2006.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Addin Aditya, Decya Windri Sukmawati Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---