Deteksi Mahasiswa Yang Dapat Menyusun Tugas Akhir dengan Metode Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR)

Ramen Antonov Purba, . Ambiyar, Unung Verawardina

Abstract


Tugas Akhir merupakan karya yang wajib disusun oleh mahasiswa ketika ingin menyelesaikan studi. Politeknik Unggul LP3M merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang mengharuskan mahasiswanya untuk menyusun Tugas Akhir sebagai syarat untuk menyelesaikan studi. Politeknik Unggul LP3M memiliki beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi agar diijinkan untuk menyusun Tugas Akhir. Pengamatan dan wawancara langsung yang dilakukan didapatkan banyak mahasiswa yang tidak dapat melakukan penyusunan Tugas Akhir karena syarat wajib tidak terpenuhi. Hal ini disebabkan karena bidang akademik tidak melakukan deteksi di awal terhadap permasalahan yang ada pada mahasiswa. Kecanggihan teknologi informasi berbasis komputerisasi dapat dijadikan solusi permasalahan. Syarat wajib yang ditetapkan Politeknik Unggul LP3M dapat dijadikan sebagai kriteria guna mendeteksi mahasiswa. Metode Metode Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR) yang dapat melakukan proses dengan lebih dari satu kriteria dengan banyak alternatif dapat dipergunakan sebagai solusi. Tujuan penelitian ini untuk mendeteksi mahasiswa yang dapat menyusun Tugas Akhir dengan menggunakan metode VIKOR. Berdasarkan tahapan-tahapan yang dilakukan, akan dibangun dan dihasilkan sistem yang dapat melakukan deteksi dengan cepat. Adapun bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk membangun sistem yaitu bahasa pemrograman berbasis web dalam hal ini PHP.


Keywords


Early Detection; Final Project; VIKOR; Web

Full Text:

PDF

References


I. P. T. AKHIR, “Buku Panduan Tugas Akhir,” BUKU Pandu. TUGAS AKHIR, p. 13, 2020.

R. A. Purba et al., Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

U. Verawardina and J. Jama, “Philosophy TVET Di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia,” J. Filsafat Indones., vol. 1, no. 3, pp. 104–111, 2018.

S. Nurhalimah, T. Tampubolon, W. B. Berutu, J. Simarmata, and M. Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Pada AMIK STIEKOM Sumatera Utara Menggunakan Metode VIKOR,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 2018, vol. 1, no. 1.

M. Mesran, K. Ulfa, D. P. Utomo, and I. R. Nasution, “Penerapan Metode VlseKriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR) dalam Pemilihan Air Conditioner Terbaik,” Algoritm. J. ILMU Komput. DAN Inform., vol. 4, no. 1, p. 24, 2020.

T. Imandasari and A. P. Windarto, “Penerapan Metode VIKOR Pada Pemilihan Popok Bayi Berdasarkan Jenis Kulit,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 2018, vol. 1, no. 1.

S. P. Lengkong, A. E. Permanasari, and S. Fauziati, “Implementasi Metode VIKOR untuk Seleksi Penerima Beasiswa,” in Proc. 7 th Natl. Conf. Inf. Technol. Electr. Eng, 2015, vol. 33, pp. 107–112.

Y. Primadasa and H. Juliansa, “Penerapan Metode Vikor dalam Seleksi Penerimaan Bonus Pada Salesman Indihome,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 33–43, 2019.

D. Siregar et al., “Multi-Attribute Decision Making with VIKOR Method for Any Purpose Decision,” in J. Phys. Conf. Ser, 2018, vol. 1019, no. 1.

R. Garg, “Multi-Criteria Decision Making Approach : A Case Study of Team Leader Selection in IT Sector,” vol. 4, no. 2, pp. 89–93, 2017.

A. Mardani, E. K. Zavadskas, K. Govindan, A. Amat Senin, and A. Jusoh, “VIKOR technique: A systematic review of the state of the art literature on methodologies and applications,” Sustainability, vol. 8, no. 1, p. 37, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v20i2.4360

Article Metrics

Abstract view : 458 times
PDF - 464 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.