Analisis Quality of Service Routing MPLS OSPF Terhadap Gangguan Link Failure

Arief Budiman, Adi Sucipto, Anas Rosyid Dian

Abstract


Penerapan metode routing dalam kegiatan yang menggunakan jaringan komputer dalam lingkup besar diperlukan oleh administrator jaringan, agar dapat melakukan pengoptimalan lauyanan jaringan. Pemilihan metode routing akan membantu dalam mewujudkan perkembangan jaringan yang baik, namun dibutuhkan metode routing yang memiliki kinerja bagus tidak hanya dalam kondisi jaringan yang baik tapi juga pada kondisi jaringan yang mengalami gangguan.

Salah satu metode yang memiliki kemampuan yang baik dalam jaringan yang semakin besar adalah Multiprotocol Lable Switching (MPLS), dan dapat dikombinasikan dengan protokol Open Shortest Path First (OSPF). Tujuan penerapan metode MPLS OSPF adalah untuk melihat bagaimana metode tersebut melakukan pengiriman data dalam berbagai kondisi. Tentunya agar membuat jaringan menjadi lebih baik kinerjanya dalam mengirimkan paket data, dengan mencari rute atau jalur yang terbaik pada topologi jaringan

Penelitian ini akan mengimplementasikan metode routing MPLS OSPF kedalam beberapa bentuk topologi jaringan berupa prototipe, dengan memberikan skenario pengujian berupa gangguan pemutusan link atau link failure. Pengujian dianalisa menggunakan tools Wireshark.

Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa metode routting MPLS OSPF menunjukkan hasil yang baik dalam menangani gangguan, dengan nilai parameter QoS yang tergolong dalam kategori baik. Nilai throughput didapat mengalami penurunan besar nilai pada kondisi gangguan link failure.

Keywords


Gangguan, MPLS OSPF, QoS, Wireshark

Full Text:

PDF

References


M. Imran, M. A. Khan, and M. A. Qadeer, “Design and Simulation of Traffic Engineering using MPLS in GNS3 Environment,” no. ICCMC, pp. 1026–1030, 2018.

B. Anupkumar, M, N. N, and L. S. Jyothi, “Traffic Prioritazation in MPLS Enabled OSPF Network,” IEEE, vol. 6, no. World Congress on Information and Communication Technologies, pp. 132–137, 2012.

M. Iqbal, M. Rifqi, and Amarudin, “Anilisis Perbandingan QoS (Quality of Service) Pada Routing Protocol OSPF dan BGP Menggunakan Mikrotik,” in Proceedings Seminar Nasional Riset Ilmu Komputer (SNRIK) Universitas Muslim Indonesia, 2016, p. 47.

F. Hasanul, “Analisis Qos (Quality of Service) Pengukuran Delay, Jitter, Packet Lost Dan Throughput Untuk Mendapatkan Kualitas Kerja Radio Streaming Yang Baik,” Teknol. Inf. dan Komun., vol. 7, no. 2, pp. 98–105, 2018.

K. Mirzahossein, M. Nguyen, and S. Elmasry, “School of Engineering Science FINAL PROJECT : Analysis of RIP , OSPF , and EIGRP Routing Protocols using OPNET,” ENSC 427 Commun. NETWORKS, 2013.

A. Kahfi and P. W. Purnawan, “Simulasi dan Analisis QoS pada Jaringan MPLS IPv4 dan IPv6 Berbasis Routing OSPF,” J. Maest., vol. 1, no. April, pp. 73–79, 2018.

A. Fiade, A. Agustian, U. Masruroh, and A. F. L. System, “Analysis of Failover Link System Performance in OSPF , EIGRP , RIPV2 Routing Protocol with BGP,” in The 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v20i1.4038

Article Metrics

Abstract view : 1172 times
PDF - 920 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.