Rancang Bangun Marketplace Pemesanan Jasa Dokumentasi Foto dan Video Pernikahan Berbasis Web

I Putu Wira Cahaya Pratama Yudha, I Made Agus Dwi Suarjaya, I Made Sunia Raharja

Abstract


Momen pernikahan menjadi momen yang langka bagi pasangan pengantin dan keluarganya sehingga dokumentasi foto maupun video cukup penting untuk mengabadikan momen. Selain itu fenomena prewedding yaitu prosesi dokumentasi kemesraan calon pengantin dalam masa persiapan pernikahan (pra-pernikahan) sudah ditemui dan populer sejak tahun 2000-an. Pelaku usaha penyedia jasa dokumentasi pernikahan maupun prewedding khususnya di Bali sudah semakin menjamur. Masalah yang terjadi dari pihak pengguna jasa yaitu minimnya informasi ketika mencari jasa yang sesuai sehingga pengguna jasa memerlukan waktu dan tenaga yang kurang efektif. Sedangkan pihak penyedia jasa memiliki masalah dari sisi pemasaran yang kurang bisa mencangkup pasar yang luas dan penyaluran informasi spesifikasi jasa yang diberikan yang kurang baik. Solusi yang dapat dilakukan pada era digital dan serba menggunakan internet ini adalah pengimplementasian sistem marketplace pemesanan jasa dokumentasi pernikahan berbasis web. Sistem ini menjadi wadah atau media bertemunya para pengguna jasa dan penyedia jasa dengan mudah. Berdasarkan hasil kuisioner terhadap 20 orang menghasilkan persentase rata-rata pengujian pada aspek antar muka sistem yang menjawab sangat setuju sebanyak 34%, setuju sebanyak 57%, dan netral sebanyak 9% serta pada aspek kinerja proses dan fitur sistem menghasilkan persentase rata-rata jawaban sangat setuju sebanyak 43%, setuju sebanyak 48%, dan netral sebanyak 9%.

Keywords


marketplace; web; dokumentasi; pernikahan

Full Text:

PDF

References


S. Hidayati, "Penyesuaian Budaya dalam Perkawinan," Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, vol. 1, no. 1, pp. 83-98, 2017.

N. Nelly and S. J. K. Azeharie, "Foto Prewedding Sebagai Bagian dari Gaya Hidup," Jurnal Koneksi Untar, vol. 2, no. 1, pp. 132-135, 2018.

C. I. P. Nindhia and I. N. A. F. J. J. B. R. Setiawan, "ESTETIKA lDEATIONAL FOTO PREWEDDING STYLE BALI," Jurnal Bahasa Rupa, vol. 3, no. 1, pp. 42-47, 2019.

O. B. J. J. M. Nasution, "Faktor Penentu Sikap Konsumen untuk Berbelanja Daring melalui Marketplace," Jurnal Manajemen, vol. 9, no. 1, pp. 206-214, 2019.

A. Farki, "Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia," Institut Teknology Sepuluh Nopember, 2016.

D. Apriadi and A. Y. J. J. R. Saputra, "E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian," Jurnal RESTI, vol. 1, no. 2, pp. 131-136, 2017.

D. Permata, E. Tasrif, and I. P. J. J. V. T. E. d. I. Dewi, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN WEDDING ORGANIZER DI KOTA PADANG," Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 6, no. 1, 2018.

R. Imam and A. R. J. J. M. d. T. I. Nugraha, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-MARKETPLACE ORIGINAL CLOTHING INDONESIA BERBASIS WEB," Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika, vol. 1, no. 1, 2018.

A. K. Putra, R. D. Nyoto, and H. S. J. J. S. d. T. I. Pratiwi, "Rancang Bangun Aplikasi Marketplace penyedia jasa les private di kota Pontianak Berbasis Web," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 22-26, 2017.

R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner's approach. Palgrave macmillan, 2005.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3947

Article Metrics

Abstract view : 852 times
PDF - 759 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.