Rancang Bangun Marketplace Pemesanan Jasa Dokumentasi Foto dan Video Pernikahan Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3947Keywords:
marketplace, web, dokumentasi, pernikahanAbstract
Momen pernikahan menjadi momen yang langka bagi pasangan pengantin dan keluarganya sehingga dokumentasi foto maupun video cukup penting untuk mengabadikan momen. Selain itu fenomena prewedding yaitu prosesi dokumentasi kemesraan calon pengantin dalam masa persiapan pernikahan (pra-pernikahan) sudah ditemui dan populer sejak tahun 2000-an. Pelaku usaha penyedia jasa dokumentasi pernikahan maupun prewedding khususnya di Bali sudah semakin menjamur. Masalah yang terjadi dari pihak pengguna jasa yaitu minimnya informasi ketika mencari jasa yang sesuai sehingga pengguna jasa memerlukan waktu dan tenaga yang kurang efektif. Sedangkan pihak penyedia jasa memiliki masalah dari sisi pemasaran yang kurang bisa mencangkup pasar yang luas dan penyaluran informasi spesifikasi jasa yang diberikan yang kurang baik. Solusi yang dapat dilakukan pada era digital dan serba menggunakan internet ini adalah pengimplementasian sistem marketplace pemesanan jasa dokumentasi pernikahan berbasis web. Sistem ini menjadi wadah atau media bertemunya para pengguna jasa dan penyedia jasa dengan mudah. Berdasarkan hasil kuisioner terhadap 20 orang menghasilkan persentase rata-rata pengujian pada aspek antar muka sistem yang menjawab sangat setuju sebanyak 34%, setuju sebanyak 57%, dan netral sebanyak 9% serta pada aspek kinerja proses dan fitur sistem menghasilkan persentase rata-rata jawaban sangat setuju sebanyak 43%, setuju sebanyak 48%, dan netral sebanyak 9%.References
S. Hidayati, "Penyesuaian Budaya dalam Perkawinan," Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, vol. 1, no. 1, pp. 83-98, 2017.
N. Nelly and S. J. K. Azeharie, "Foto Prewedding Sebagai Bagian dari Gaya Hidup," Jurnal Koneksi Untar, vol. 2, no. 1, pp. 132-135, 2018.
C. I. P. Nindhia and I. N. A. F. J. J. B. R. Setiawan, "ESTETIKA lDEATIONAL FOTO PREWEDDING STYLE BALI," Jurnal Bahasa Rupa, vol. 3, no. 1, pp. 42-47, 2019.
O. B. J. J. M. Nasution, "Faktor Penentu Sikap Konsumen untuk Berbelanja Daring melalui Marketplace," Jurnal Manajemen, vol. 9, no. 1, pp. 206-214, 2019.
A. Farki, "Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia," Institut Teknology Sepuluh Nopember, 2016.
D. Apriadi and A. Y. J. J. R. Saputra, "E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian," Jurnal RESTI, vol. 1, no. 2, pp. 131-136, 2017.
D. Permata, E. Tasrif, and I. P. J. J. V. T. E. d. I. Dewi, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN WEDDING ORGANIZER DI KOTA PADANG," Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 6, no. 1, 2018.
R. Imam and A. R. J. J. M. d. T. I. Nugraha, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-MARKETPLACE ORIGINAL CLOTHING INDONESIA BERBASIS WEB," Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika, vol. 1, no. 1, 2018.
A. K. Putra, R. D. Nyoto, and H. S. J. J. S. d. T. I. Pratiwi, "Rancang Bangun Aplikasi Marketplace penyedia jasa les private di kota Pontianak Berbasis Web," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 22-26, 2017.
R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner's approach. Palgrave macmillan, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wira Cahaya Pratama Yudha I Putu, Agus Dwi Suarjaya I Made, Sunia Raharja I Made

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/