Evaluasi Metode Shape Contexts Pada Media Pembelajaran Interaktif Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3815Keywords:
shape contexts, f-measure, media pembelajaran, bangun datarAbstract
Shape contexts merupakan salah satu metode shape matching. Pada penelitian ini metode ini diterapkan dalam sebuah media pembelajaran bangun datar prasekolah dasar. Hal ini bertujuan untuk menambah unsur interaktif dan terkesan mengandung kecerdasan buatan dalam sebuah media pembelajaran. Metode ini digunakan untuk mengukur persentase inputan coretan tangan pengguna. Inputan pengguna berupa coretan tangan bidang persegi, lingkaran dan segitiga. Apabila presentase inputan pengguna diatas threshold maka dianggap benar. Threshold yang digunakan yaitu > 70 %. Karena masih dalam fase pengembangan maka diperlukan evaluasi terhadap penggunaan metode ini. Evaluasi dilakukan menggunakan metode f-measure. Hasil dari evaluasi dengan metode f-measure mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0.43.References
Eskicioglu, A.M. & Kopec, D. (2003). The Ideal Multimedia-Enabled Classroom: Perspectives from Psychology, Education, and Information Science. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 12(2), 199-221. Norfolk, VA: Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Arsayd, Azhari., 2009, Media Pembelajarans, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
P. S. Ha and M. Shakeri, "License Plate Automatic Recognition based on edge detection," 2016 Artificial Intelligence and Robotics (IRANOPEN), Qazvin, 2016, pp. 170-174, doi: 10.1109/RIOS.2016.7529509.
Rismiyati, Khadijah and A. Nurhadiyatna, "Deep learning for handwritten Javanese character recognition," 2017 1st International Conference on Informatics and Computational Sciences (ICICoS), Semarang, 2017, pp. 59-64, doi: 10.1109/ICICOS.2017.8276338.
J. Kronenberger, D. Malysiak and U. Handmann, "Text and character recognition on metal-sheets," 2017 IEEE International Conference on Information and Automation (ICIA), Macau, 2017, pp. 392-397, doi: 10.1109/ICInfA.2017.8078940.
T. Septianto, E. Setyati, and J. Santoso, “Digit Classification of Majapahit Relic Inscription using GLCM-SVM,” vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2018.
Erwin, M. Fachrurrozi, A. Fiqih, B. R. Saputra, R. Algani and A. Primanita, "Content based image retrieval for multi-objects fruits recognition using k-means and k-nearest neighbor," 2017 International Conference on Data and Software Engineering (ICoDSE), Palembang, 2017, pp. 1-6, doi: 10.1109/ICODSE.2017.8285855.
P. P. Nair, A. James and C. Saravanan, "Malayalam handwritten character recognition using convolutional neural network," 2017 International Conference on Inventive Communication and Computational Technologies (ICICCT), Coimbatore, 2017, pp. 278-281, doi: 10.1109/ICICCT.2017.7975203.
Z. Shokoohi, A. M. Hormat, F. Mahmoudi and H. Badalabadi, "Persian handwritten numeral recognition using Complex Neural Network and non-linear feature extraction," 2013 First Iranian Conference on Pattern Recognition and Image Analysis (PRIA), Birjand, 2013, pp. 1-5, doi: 10.1109/PRIA.2013.6528447.
M. A. H. Akhand, M. M. Rahman, P. C. Shill, S. Islam and M. M. Hafizur Rahman, "Bangla handwritten numeral recognition using convolutional neural network," 2015 International Conference on Electrical Engineering and Information Communication Technology (ICEEICT), Dhaka, 2015, pp. 1-5, doi: 10.1109/ICEEICT.2015.7307467.
Belongie and Malik, "Matching with shape contexts," 2000 Proceedings Workshop on Content-based Access of Image and Video Libraries, Hilton Head Island, SC, USA, 2000, pp. 20-26, doi: 10.1109/IVL.2000.853834.
S. Belongie, J. Malik and J. Puzicha, "Shape matching and object recognition using shape contexts," in IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, vol. 24, no. 4, pp. 509-522, April 2002, doi: 10.1109/34.993558.
T. Septianto, “EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS HYBRID DENGAN USE QUESTIONNAIRE – STUDI KASUS: AYO BELAJAR BANGUN DATAR PRA SD,” in Seminar Pendidikan Nasional SMK Negeri 9 Kota Malang, 2017, vol. 1, pp. 358–367.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Tri Septianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---