Model Forest Tree dalam Sistem Informasi Gamelan Terintegrasi

Oka Sudana, Krisna Cahaya Putra I Putu, Ayu Wirdiani

Abstract


Gamelan Bali merupakan alat musik tradisional yang menonjolkan metalofon, gambang, kendang, dan gong. Salah satu fungsi Gamelan Bali adalah untuk mengiringi upacara keagamaan khususnya di Bali. Selain itu Gamelan Bali juga memiliki kaitan erat dengan Budaya Bali lainnya seperti Tari Bali dan Kidung. Permasalahan yang terjadi di masyarakat saat ini yaitu disinformasi mengenai penggunaan Gamelan Bali dalam mengiringi Upacara Keagamaan, Tari Bali, dan Kidung. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibangun sebuah sistem informasi berbasis web yang terintegrasi antara Upacara Keagamaan, Gamelan Bali, Tari Bali dan Kidung. Untuk mendukung proses yang terjadi didalam sistem informasi tersebut, maka digunakanlah model Forest Tree yang merupakan pengembangan dari model Tree. Model Forest Tree digunakan karena banyaknya entitas, dan juga kasus unik dimana ada keterkaitan antara child dengan child dalam satu parent, dimana model Tree tidak bisa mengakomodir hal tersebut. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengenal Gamelan Bali beserta kaitannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan wawancara. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah model Forest Tree yang berdasarkan pengembangan dari dua Model Tree yaitu Gamelan Bali dan Upacara.


Keywords


Sistem Informasi; Gamelan Bali; Upacara; Web; Model Forest Tree

Full Text:

PDF

References


I. Ayu Sofiani Dewi Yulandari, “Pembangunan Aplikasi Virtual Gamelan Bali Berbasis Android,” Universitas Komputer Indonesia, 2018.

I. W. Basyari, “Menanamkan Identitas Kebangsaan melalui Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Budaya Lokal,” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 1, no. 2, 2013.

T. Lijoed, D. Paseru, and T. C. Suwanto, “GAME PENGENALAN RAGAM BUDAYA DAN ALAM SULAWESI UTARA,” Jurnal Ilmiah Realtech, vol. 14, no. 1, pp. 54-63, 2018.

S. Aisyah, “Pengembangan Media Pengenalan Kearifan Lokal Budaya Cirebon Berbasis Android Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa,” LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, vol. 17, no. 2, pp. 37-41, 2016.

W. G. Pratama, and A. K. O. Sudana, “Pemodelan Sistem Informasi Gamelan Bali Menggunakan Tree Diagram,” Merpati, vol. 2, no. 2, 2014.

I. M. Bandem, Gamelan Bali di atas panggung sejarah: BP STIKOM Bali, 2013.

A. Pratiwi, and E. N. K. Asyarotin, “Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia,” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, vol. 7, no. 1, pp. 65-80, 2019.

A. Andriani, "Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Decision Tree Dalam Pemberian Beasiswa Studi Kasus: AMIK “BSI Yogyakarta”." pp. 163-168, 2013.

Z. Aung, and W. Zaw, “Permission-based android malware detection,” International Journal of Scientific & Technology Research, vol. 2, no. 3, pp. 228-234, 2013.

Z.-P. Liu et al., “Prediction of protein–RNA binding sites by a random forest method with combined features,” Bioinformatics, vol. 26, no. 13, pp. 1616-1622, 2010.

R. W. Andrioko, “Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia Berbasis Android,” Universitas Sebelas Maret, 2015.

A. A. K. Oka Sudana, “IMPLEMENTASI STRUKTUR TREE PADA RANCANG BANGUN SISTEM PENELUSURAN SEJARAH PURA KAWITAN DAN KAHYANGAN JAGAT BERBASIS WEB,” Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 2012.

A. Oka Sudana, I. Sukarsa, and I. Wahyu Saputra, “Information System of Yadnya Ceremony on Android-Based,” International Journal of Hybrid Information Technology, vol. 7, no. 6, pp. 155-164, 2014.

I. SUKARSA et al., “WEIGHTED TREE SIMILARITY SEMANTIC SEARCH FOR E-COMMERCE CONTENT,” Journal of Theoretical & Applied Information Technology, vol. 55, no. 3, 2013.

A. K. O. Sudana, I. W. G. M. Kepakisan, and N. K. D. Rusjayanthi, “Implementation of Tree Structure and Recursive Algorithm for Balinese Traditional Snack Recipe on Android Based Application,” International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), vol. 10, no. 4, pp. 43-47, 2016.

I. G. A. ANOM, “EFEKTIVITAS PROGRAM SIGARET (SIMPANAN NGABEN NGERIT) DALAM PELAKSANAAN UPACARA PITRA YADNYA DI BR. PEGESANGAN DESA TEMESI, KABUPATEN GIANYAR,” Unhi Press, 2018.

I. D. M. Suara, I. P. Gelgel, and I. W. S. Yasa, “Pitra yadnya implementation for Hindu heroes,” International journal of social sciences and humanities, vol. 2, no. 3, pp. 136-148, 2018.

I. GEDE, and A. SUGIARTHA, “BALINESE DANCE AND MUSIC IN RELATION TO HINDUISM,” 2017.

M. Nurudin et al., “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 143-148, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v19i3.3701

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.