Pengaruh Global Transposition Table dan Algoritma Pvs dan Negascout Pada Puzzle Games
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v19i3.3422Keywords:
Performance, GTT, Negascout, Strategy, Nine Men’s MorrisAbstract
Nine Men’s Morris merupakan game puzzle berbentuk board game 2 pemain. Papan terdiri dari kotak dengan dua puluh empat persimpangan atau titik. Permainan Nine Men’s Morris bersifat fully observable yang artinya bahwa seluruh kondisi pada papan permainan dan bidak-bidak dapat dipersepsi dan dinilai dengan baik. Penelitian ini melihat pengaruh penggunaan algoritma-algoritma dalam performa game Nine Men’s Morris. Performa permainan dilihat dari kemenangan, panjang jumlah jalur, lama pencarian. Penggunaan Global Transposition Table (GTT) sebagai penyimpanan memiliki keunggulan – dimana penyimpanannya lebih banyak sehingga memberikan ruang penelusuran lebih besar. Kemampuan ini disebabkan karena sifat GTT yang paralel. Dengan GTT ini diharapkan mampu menemukan solusi lebih cepat. Global Transposition Table sendiri adalah kumpulan dari beberapa tabel transposisi di dalam sebuah tabel transposisi lebih besar. GTT dapat diibaratkan seperti folder yang memiliki banyak subfolder dengan setiap subfolder berisi tipe file yang sama, dan memiliki nama depan file yang sama. Maka dengan menggabungkan Algoritma pencaria dan penggunakan GTT dalam permaian Nine Man’s Morris ini diharapkan dapat mengetahui performa dari penggunaan Algoritma Negascout dan juga pengaruh tambahan dari penggunaan GTT dalam game puzzle Nine Men’s Morris.References
Petcu, S.A., Holban, S., 2008, Nine Men’s Morris: evaluation functions. In: International Conferencs on Development and Application Systems, Mei 22-24
Gasser, Ralph. 1998. Solving Nine Men's Morris. Nowakowski, R., & Mathematical Sciences Research Institute, Games of No Chance. Cambridge University Press. Berkeley
Santoso, Kevin Alan Kurniawan. 2018. Membangun Game “NINE MEN’S MORRIS” dengan kecerdasan buatan. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas AMIKOM, Yogyakarta
David. 2013, Perbandingan Algoritma Minimax Dan Negascout Pada Permainan Catur Sederhana. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol 8, No 2 hal. 29-33. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/view/193/pdf
Kevin Winata. 2012, “Penerapan Algoritma Alpha Beta Pruning pada Permainan Nine Men’s Morris.” https://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2012-2013/Makalah2012/Makalah-IF3051-2012-061.pdf, diakses 20 Juni 2019
Elnaggar, Ahmed & Gadallah, Mahmoud & Mostafa, Mostafa & Eldeeb, Hesham. 2014. A Comparative Study of Game Tree Searching Methods. International Journal of Advanced Computer Science and Applications. Vol 5. No 5. 68-77.
Beal, D. F., & Smith, M. C. (1996). Multiple probes of transposition tables. ICGA Journal, vol 19 no 4, 227-233.
A. Kishimoto, A. Fukunaga, and A. Botea, 2013. “Evaluation of a simple, scalable, parallel best-first search strategy,” Artif. Intell., vol. 195, 222–248, 2013
Loewer, Wesley. 2016. The Effects of Rule Variations on Perfect Play Databases for Nine Men's Morris. https://www.researchgate.net/profile/Wesley_Loewer/publication/305413042_The_Effects_of_Rule_Variations_on_Perfect_Play_Databases_for_Nine_Men's_Morris/links/578e374608ae35e97c3f6570/The-Effects-of-Rule-Variations-on-Perfect-Play-Databases-for-Nine-Mens-Morris.pdf, diakses tgl 27 Mei 2020
J. W. Romein, H. E. Bal, J. Schaeffer and A. Plaat, "A performance analysis of transposition-table-driven work scheduling in distributed search," , IEEE Transactions on Parallel and Distributed Systems, vol. 13, no. 5, hal. 447-459, Mei 2002,.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ali Mustopa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---