Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D dan MDLC

Ridha Sefina Samosir, Nuraini Purwandari

Abstract


Pada era Revolusi Industri 4.0, teknologi terus berkembang semakin canggih seperti teknologi internet, komputasi awan, dan algoritma machine learning. Teknologi tersebut menjadi salah satu komponen penting perkembangan keilmuan di perguruan tinggi. Dengan internet, banyak sekali literasi berbasis dijital yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menambah wawasan atau pengetahuannya. Tetapi sumber literasi yang beredar kurang sistematis atau urutan materi yang kurang tepat. Selain itu, materi tersebut kurang terstruktur atau kurang sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah yang telah ditentukan. Ada banyak sekali materi literasi yang beredar tetapi belum dapat dipastikan kebenaran dan kevalidan dari materi literasi tersebut karena kebanyakan materi literasi tidak menyertakan sumber referensi. Kondisi seperti ini membuat mahasiswa bingung ketika mengakses materi tersebut. Mahasiswa tidak dapat memastikan tingkat kebenaran dan ketepatan dari materi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan sebuah media literasi dijital berbasis teknologi yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan perguruan tinggi baik dari sisi isi, struktur maupun atribut lainnya. Hal ini berarti bahwa materi literasi yang disajikan dapat disesuaikan dengan capaian pembelajaran yang telah dirumuskan oleh institusi. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan sebuah media literasi dijital yang menyajikan materi pembelajaran secara sistematis dan terstruktur bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Sistem literasi dijital ini dibangun dengan menggabungkan metode R&D dan MDLC.

Keywords


literasi; digital; r&d; mdlc; website

Full Text:

PDF

References


B. Trilling and C. Fadel, 21st century skills : learning for life in our times, 1st ed. United States of America: Jossey-Bass, 2009.

I. B. Bangkit Ardana, I Kadek; Surya Kartika, Luh Gede; Suradarma, “RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PERKAWINAN AGAMA HINDU DALAM MANAWA DHARMASASTRA BERBASIS WINDOWS PHONE,” JOSIKOM J. Online Sist. Komput., vol. 1, no. 1, p. 1, 2015.

Z. Bahri and Sukamto, “APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL,” JIPI(Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 2, no. 2, pp. 55–64, 2017.

H. Sutopo, R. S. Samosir, and J. Gatc, “Mobile multimedia evaluation: Development of stop drugs tutorial,” Int. J. Interact. Mob. Technol., 2019.

H. T. T. Wahono and Y. Effrisanti, “Literasi Digital di Era Millenial,” Pros. Semin. Nas. Has. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang, pp. 185–193, 2018.

M. F. Akbar and F. D. Anggraeni, “Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi,” Indig. J. Ilm. Psikol., vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2017.

N. Kurnia and S. I. Astuti, “Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra,” Inf. Kaji. Ilmu Komun., vol. 47, no. 2, p. 149, 2017.

K. Ang, “Engaging the secondary school student in religious education classes: The four essentials,” Relig. Educ., vol. 60, no. 1, pp. 15–22, 2012.

S. Haryati, "Research and Developmet (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, " Majalah Ilmiah Dinamika, vol.37, no.1, pp.11-24, 2012.

H. Anshary, W. Hidayat, and S. K. Sari, “Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Tentang Kenampakan Alam dan Keadaan Sosia Benua-Benua Di Dunia Untuk Kelas Enam Sekolah Dasar,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 2, no. 3, pp. 1113–1123, 2016.

A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, System Analysis and Design: An object-oriented approach with UML, 5th ed. 2015.

A.S.Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak ( Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika, 2016.

Saifulloh and N. Asnawi, “Data Manajemen Dan Teknologi Informasi,” J. Ilm. DASI, vol. 16, no. 1, pp. 96–100, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v19i2.3318

Article Metrics

Abstract view : 2568 times
PDF - 1610 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.