Perancangan dan Implementasi Survei Kepuasan Stakeholder Alumni Berbasis Web

Wettria Anggraini, Nugroho Agung Prabowo, Endah Ratna Arumi

Abstract


Survei kepuasan stakeholder merupakan salah satu cara yang dilakukan institusi dalam mengontrol sebaran alumni yang telah bekerja pada instansi/institusi di wilayah tertentu. Kualitas alumni perguruan tinggi termasuk gambaran yang dapat dijadikan acuan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari institusi pendidikan tersebut. Selama ini survei kepuasan pelanggan dilakukan dengan cara menyebarkan angket kuisioner kepada seluruh stakeholder, dan harus mendatangi langsung tempat alumni bekerja. Hasil dari kuisioner yang telah disebarkan, kemudian dikumpulkan kepada pihak kemahasiswaan untuk dilakukan perhitungan agar mendapatkan nilai rata-rata hasil kepuasan stakeholder berdasarkan alumni yang bekerja di instansinya. Dengan semakin berkembangannya teknologi informasi pada internet dan web, memungkinkan untuk dapat dirancang sebuah sistem survei kepuasan stakeholder alumni yang berbasis web, agar memudahkan stakeholder dalam pengisian kuisioner karena dapat diisi dimana dan kapan saja. Penelitian ini menghasilkan sistem survei stakeholder, yang dapat memonitoring kualitas alumni didunia kerja berdasarkan hasil penilaian dari stakeholder tempat alumni bekerja. Dari hasil uji coba acceptance testing yang dilakukan kepada stakeholder maka didapat hasil penilaian 67% yang artinya responden cukup puas dengan sistem.


Keywords


Alumni, Survei Kepuasan Stakeholder, Penyebaran Alumni

Full Text:

PDF

References


H. Hermanto Totok, Furqan Moh., “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TRACER STUDY DAN KEPUASAN STAKEHOLDERS ALUMNI STT NURUL JADID BERBASIS WEB,†J. Tek. Inform., vol. 07, 2017.

W. Sholihah and H. D. Azra, “APLIKASI SURVEI KEPUASAN MAHASISWA BERBASIS WEB DI,†no. 2015, pp. 24–34, 2016.

M. Indriani, M. Sholihin, and N. F. Apriliani, “Aplikasi Pengisian Data Alumni Prodi Teknik Universitas Islam Lamongan Berbasis Android,†pp. 1–6.

D. Qassim Jawad and D. Reeves, “SWP 12/97 SUCCESSFUL ACQUISITION OF IT SYSTEMS.â€

M. Bergersen, “User satisfaction and influencing issues B ˚ What is meant by ‘ end-user ’? Evolvement of End-User Computing,†pp. 5–26, 2005.

M. Zrivan, N. Pliskin, R. Levin, and M. Zviran, “Measuring User Satisfaction and Perceived Usefulness in the Erp Context,†J. Comput. Inf. Syst., vol. 45, no. 3, pp. 43–52, 2005.

E. R. Arumi and U. Yudatama, “Pemanfaatan Curiculum Vitae dan Sasaran Kinerja Pegawai untuk Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan AHP,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 3, pp. 170–176, Nov. 2017.

M. A. Bora, “Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik ( STT ) Ibnu Sina Batam,†J. Kreat. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 55–62, 2017.

A. Ardianto, S. Fauziati, and E. Nugroho, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Akhir Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Di BPK RI),†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 29–34, 2014.

J. Lemantara, N. A. Setiawan, and M. N. Aji, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee,†Jnteti, vol. 2, no. 4, pp. 20–28, 2013.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v19i1.2731

Article Metrics

Abstract view : 724 times
PDF - 786 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.