Implementasi E-Arsip Untuk Penyimpanan Dokumen Digital Pada PT BPD Jateng (Bank Jateng)

Florentina Esti Nilawati, Mohammad Rizal, Eko Hari Rachmawanto, De Rosal Ignatius Moses Setiadi, Christy Atika Sari

Abstract


Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah merupakan Bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama-sama dengan Pemerintah Kota/Kabupaten Se-Jawa Tengah. Seiring dengan kemajuan teknologi pengarsipan di Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah memerlukan digitalisasi dalam hal pengarsipan data. Pengarsipan data adalah proses memindahkan data yang tidak aktif lagi digunakan ke perangkat penyimpanan terpisah untuk jangka panjang. Data arsip terdiri dari data lama, serta data yang harus dipertahankan untuk kepatuhan terhadap peraturan. Arsip data diindeks dan memiliki kemampuan pencarian sehingga file dan bagian file dapat dengan mudah ditemukan dan diambil. Backup data digunakan sebagai mekanisme pemulihan data yang bisa digunakan untuk mengembalikan data jika rusak atau hancur. Sebaliknya, arsip data melindungi informasi lama yang tidak diperlukan untuk operasi sehari-hari namun mungkin harus diakses sesekali. Arsip data berfungsi untuk mengurangi konsumsi penyimpanan primer dan biaya terkait, daripada bertindak sebagai mekanisme pemulihan data. Beberapa arsip data memperlakukan data sebagai read-only untuk melindunginya dari modifikasi, sedangkan data lain produk pengarsipan memperlakukan data sebagai read / write. Dengan dibangunnya e-Arsip pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) diharapkan di kemudian hari untuk proses pencarian dan penyimpanan data dapat dilakukan dengan mudah, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga pada proses pencarian arsip.

Keywords


Dokumen Digital, E-Arsip, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng)

Full Text:

PDF

References


S. Shofiyah, "PEMBUATAN APLIKASI PENGARSIPAN LAPORAN KEPOLISIAN POLRESTA SURAKARTA," Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2011.

R. Andika, "Penerapan CI (codeigniter) dalam pengembangan sistem informasi manajemen surat dan pengarsipan (studi kasus: PT. Semen Padang)," UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2011.

S. Lestanti and A. D. Susana, "Sistem Pengarsipan Dokumen Guru Dan Pegawai Menggunakan Metode Mixture Modelling Berbasis Web," Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 10, no. 2, pp. 84-92, 2016.

M. Khoirul, T. I. Tjendrowasono and B. K. Riasti, "Aplikasi Pengelolaan Data Kearsipan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mlonggo Jepara Berbasis Multiuser," Indonesian Journal of Network & Security, pp. 1-11, 2013.

G. Farell, H. K. Saputra and I. Novid, "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT MENYURAT (STUDI KASUS FAKULTAS TEKNIK UNP)," Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 11, no. 2, pp. 55-62, 2018.

A. Triwahyuni, "Aplikasi E-arsip Pada STMIK Palcomtech Palembang," in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2011.

R. A. Pascapraharastyan, A. Supriyanto and P. Sudarmaningtyas, "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ARSIP RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA BERBASIS WEB," Jurnal Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 139-143, 2014.

A. Kurnianti, "IMPLEMENTASI APLIKASI PENGARSIPAN UNTUK MEMBANGUN DAN MENDUKUNG TERCIPTANYA SISTEM PAPERLESS OFFICE ( Studi kasus : sistem paperless office Jurusan Teknologi Informasi UMY )," Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2014.

D. Suwartiningsih, "Pengembangan Aplikasi Sistem Kearsipan (Archieve Management System) Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertambangan dan Energi Daerah Kabupaten Nganjuk," Jurnal Unair, 2007.

E. S. IP Sari, "Sistem Informasi Raport Berbasis Web di SMP N 4 Temanggung," Data Management dan Teknologi Informasi, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v18i4.2508

Article Metrics

Abstract view : 2315 times
PDF - 1369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.