Penerapan Progressive Web Application (PWA) pada E-Commerce

Nurwanto Nurwanto

Abstract


Strategi mobile development dibagi dalam dua kelompok utama yaitu native development dan web-base development. Aplikasi native mobile dikembangkan hanya pada satu platform dan menggunakan bahasa pemrograman dan tools dari platform itu sendiri, tetapi memiliki kinerja tinggi dan User Experience (UX) yang baik.  Sebaliknya, web-base development yang menggunakan teknologi web, seperti HTML5, CSS, dan JavaScript untuk mengembangkan aplikasi mobile yang dapat digunakan di platform apa pun. Teknologi terbaru dari web-base application adalah Progressive Web Apps (PWA). PWA adalah teknologi yang dirancang untuk mengatasi keterbatasan browser seluler dan aplikasi native. PWA menggunakan kemampuan web modern yang menggambarkan koleksi teknologi, konsep desain, dan API Web yang bekerja bersama-sama untuk menghadirkan pengalaman pengguna seperti aplikasi native. PWA dapat dijalankan dengan mengklik ikon di layar utama ponsel sama seperti bagaimana seseorang menggunakan aplikasi native. PWA dapat langsung dijalanlan walaupun tidak ada jaringan internet serta mendukung splash screen dan push notification. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan PWA pada web e-commerce agar dapat dijalankan melalui ponsel tanpa harus membuat ulang kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan SDK. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu dengan merapkan PWA pada e-commerce pengguna dapat menjalankan aplikasi e-commerce layaknya aplikasi native yang dapat dijalankan dengan mengklik ikon pada layar utama ponsel. E-commerce juga dapat diakses pada berbagai platform dengan menggunakan browser seluler maupun desktop dengan adanya jaringan internet maupun offline.

Keywords


E-commerce; Native Development; PWA; Web-Based Application

Full Text:

PDF

References


A. Mhaske, A. Bhattad, P. Khamkar, and R. More, “Progressive Web App for Educational System,†Int. Res. J. Eng. Technol., pp. 310–312, 2018.

P. Loreto, J. Braga, H. Peixoto, J. Machado, and A. Abelha, “Step towards progressive web development in obstetrics,†Procedia Comput. Sci., vol. 141, pp. 525–530, 2018.

T. A. Majchrzak, A. Biørn-Hansen, and T.-M. Grønli, “Progressive Web Apps: the Definite Approach to Cross-Platform Development?,†Proc. 51st Hawaii Int. Conf. Syst. Sci., pp. 5735–5744, 2018.

I. Malavolta, “Beyond native apps: web technologies to the rescue! (keynote),†pp. 1–2, 2016.

S. Valente, J. Braga, J. Machado, M. Santos, and A. Abelha, “The Impact of Mobile Platforms in Obstetrics,†Procedia Technol., vol. 9, pp. 1201–1208, 2014.

V. Karpagam, “Performance Enhancement of Webpage Using Progressive Web App Features,†Int. J. Innov. Res. Adv. Eng., vol. 03, no. 4, pp. 2349–2163, 2017.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, 7th ed. Yogyakarta: Andi, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v18i3.2400

Article Metrics

Abstract view : 5764 times
PDF - 1653 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.