Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pembiayaan Murahabah dengan Fuzzy Analytic Hierarchy Process

Siti Monalisa, Raynaldi Setiawan

Abstract


BMT Al-ittihad terdapat bermacam-macam pembiayaan  salah satunya Murabahah yang berarti akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. BMT Al-itthad dalam proses melaksanakan akad Murabahah dilakukan dengan menganalisa kelayakan pemberian pembiayaan kepada anggota dengan cara melengkapi persyaratan umum dan menggunakan bahasa yang subjektif terhadap penilaian kriteria karakter berdasarkan rekomendasi anggota lain,wawancara dan cara berkomunikasi, Penilaian karakter merupakan penilaian yang paling penting berdasarkan hasil wawancara dengan kepala pembiayaan karena penilaian karakter merupakan penilaian untuk melihat apakah anggota sanggup dan amanah membayar hutang. Untuk mengatasi penilaian yang bersifat subjektif maka dirancang sebuah sistem pendukung keputusan pemberian pembiayaan dengan menggunakan metode fuzzy analytic hierarchy process. Metode fuzzy AHP merupakan penggabungan dari metode fuzzy dan AHP. Metode fuzzy AHP dapat menutupi kelemahan yang terdapat pada AHP yaitu menangani penilaian yang bersifat subjektif . Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL , sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan V-model dan UML sebagai standar pemodelannya. Sistem pendukung keputusan  ini dapat memudahkan serta mempercepat proses penentuan pemberian pembiayaan Murabahah kepada anggota.

Keywords


BMT Al-iitihad; Fuzzy AHP; Murabahah; Subjective; V-model

Full Text:

PDF

References


Lubis A. Aplikasi murabahah dalam perbankan syariah. 2016;02(2):181–202.

Turban.E., Aronson. J.E, Peng Liang.T. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 2005; Edisi 7 Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Keen, P. G. W. Adaptive Design for Decision Support Systems. 1980; Data Base, Vol. 12, No. 1 dan 2

Lestari E. Analisa Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan Pada PT . X. 2009;1(3):141–50.

Iswara RA, E Santoso, B Rahayudi. Sistem Pendukung Keputusan Untuk penentuan mustahik ( Penerima Zakat ) Menggunakan Metode Fuzzy AHP ( F-AHP ). 2018;2(3):1306–12.

Suryati, MR Hikmawan, R Gustriansyah. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Di Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Metode Fuzzy Logic Tsukamoto. 2018;(July 2016).

Riyandi AO, N Dengen, JI Komputer, U Mulawarman. Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Bantuan Dana Atau Kredit Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Bank Negara Indonesia (BNI). 2017;2(1).

Prasetyo SY. Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Pendirian Bts Menggunakan Metode Fuzzy AHP ( Studi Kasus : PT . Indosat Solo ). 1996;21–8.

Shega HNH, R Rahmawati, H Yasin. Penentuan Faktor Prioritas Mahasiswa Dalam Memilih Telepon Seluler Merk Blackberry Dengan Fuzzy AHP. 2012;1:73–82.

Dorothy, Graham, dkk. “Fondation of Software Testingâ€. ISTQB Certification. 2006.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v18i2.2341

Article Metrics

Abstract view : 604 times
PDF - 455 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.