Perancangan Sistem Repositori Tugas Akhir Menggunakan Progressive Web App (PWA)

Aminudin Aminudin, Basri Basren, Ilyas Nuryasin

Abstract


Penggunaan perangkat lunak seperti DSpace, EPrints, ataupun Senayan Library Information Management Systems (SLIMS) dalam membangun sistem repositori tugas akhir menghasilkan sistem yang tidak memiliki karakteristik web modern. Karakteristik yang tidak dimiliki di antaranya tidak bergantung pada konektivitas jaringan sehingga dapat diakses secara offline, terlihat seperti aplikasi native pada umumnya, dapat diinstal pada homescreen perangkat pengguna, dan menampilkan splashscreen ketika awal aplikasi dibuka. Oleh karena itu, untuk membangun sistem repositori tugas akhir yang memiliki karakteristik web modern maka sistem ini akan dibangun berbasis Progressive Web App (PWA) dengan menggunakan teknologi service worker, manifest web app, dan architecture app shell. Dari Hasil implementasi PWA pada sistem menunjukkan bahwa dengan menggunakan service worker akan membuat website tidak bergantung pada konektivitas jaringan sehingga dapat diakses secara offline. Sedangkan, dengan menggunakan manifest web app, website dapat memunculkan pop-up add to homescreen (A2HS) yang berguna bagi pengguna untuk melakukan instalasi sistem pada homescreen perangkat dan memunculkan splashscreen ketika pengguna mengakses sistem melalui icon pada homescreen perangkat. Selain itu, dengan mengimplementasikan architecture app shell membuat perpindahan halaman pada website tidak melakukan load ulang halaman secara keseluruhan. Dari hasil pada pengujian kualitas PWA berdasarkan baseline progressive web app checklist dihasilkan skor 92.4/99. Skor ini menunjukkan bahwa PWA telah diimplementasikan dengan baik pada sistem repositori tugas akhir yang dibangun.


Keywords


Progressive Web App (WAP); sistem repositori; service worker

Full Text:

PDF

References


M. H. Bhat, “Open Access Repositories: A Review,†Libr. Philos. Pract., pp. 1–8, 2010.

P. Saputri, Z. Arifin, and Y. Yulianto, “Rancang Bangun Web Repository Skripsi Mahasiswa Berbasis OAI-PMH 2.0 Menggunakan Google App Engine (studi Kasus : Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman),†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 64–72, Feb. 2016.

A. Aminudin, “Implementasi Single Sign On (SSO) Untuk Mendukung Interaktivitas Aplikasi E-Commerce Menggunakan Protocol Oauth,†J. Gamma, vol. 1, no. 10, 2014.

“OpenDOAR - Summaries - Indonesia.†.

A. Aminudin, Cara Efektif Belajar Framework LARAVEL, I. Yogyakarta: Lokomedia, 2015.

Karpagam, “Performance Enhancement of Webpage Using Progressive Web App Features,†Int. J. Innov. Res. Adv. Eng., vol. 4, no. 03, pp. 97–103, 2017.

S. K. A. Pratama, “Peluang dan Tantangan Web Developer – WWWID – Medium.†.

R. S. Mishra, “Progressive WEBAPP : Review,†Int. Res. J. Eng. Technol., vol. 03, no. 06, pp. 3028–3032, 2016.

G. D. Wibowo, “Perancangan Kuisioner Evaluasi Mutu Berbasis Mobile Web Application Menggunakan PWA (Progressive Web App) (Studi Kasus: simutu.umm.ac.id),†Universitas Muhammadiyah Malang, 2017.

F. Rebecca and D. Alexandre, “Comparing Progressive Web Applications with Native Android Applications,†2017.

A. Aminudin, A. F. Helmi, and S. Arifianto, “Analisa Kombinasi Algoritma Merkle-Hellman Knapscak dan Logaritma Diskrit pada Aplikasi Chat,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, pp. 325–334, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v18i2.2309

Article Metrics

Abstract view : 1719 times
PDF - 1116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.