Analisis Evaluasi E-learning Menggunakan Integrasi Model D&M dan UTAUT

Authors

  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti STMIK STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v18i2.2217

Keywords:

e-learning, D&M, UTAUT

Abstract

E-learning merupakan media dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi untuk pendidik dan peserta didik sehingga memudahkan proses pembelajaran. Sebagai sebuah sistem informasi yang sering digunakan oleh peserta didik, e-learning harus memiliki standar tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi kesuksesan e-learning dan penerimaannya di kalangan peserta didik pada STIKOM Bali. Penelitian ini menggunakan model DeLone &McLean (D&M) untuk mengukur tingkat kesuksesan sistem informasi dan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk mengukur tingkat penerimaan teknologi. Agar dapat mengetahui hasil evaluasi antara kesuksesan sistem informasi dan penerimaan teknologi untuk maka kedua model ini kemudian diintegrasikan untuk mencapai tujuan penelitian. Kedua model ini dapat menggambarkan bagaimana masing-masing variabel pengukuran saling mempengaruhi satu sama lain, sehingga keterkaitan antar variabelnya dapat diketahui. Selain itu kedua model ini mempertimbangkan bagaimana perilaku pengguna ketika menggunakan sebuah sistem informasi. Hasil menunjukan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan e-learning menyebabkan sebuah informasi sukses diterapkan dalam lingkungannya. Hal ini dapat dilihat dari model penelitian yang diajukan menunjukan sebagian besar variabelnya mempengaruhi kesuksesan penerapan e-learning baik secara langsung maupun tidak langsung. Variabel-variabel tersebut adalah performance quality, effort expectancy, system quality, behavioral intention, dan user satisfaction.

Author Biography

Kadek Dwi Pradnyani Novianti, STMIK STIKOM Bali

Program Studi Sistem Informasi

References

E. Hernawati and P. Aji, “Perancangan dan Penerapan Konten e-Learning melalui Learning Management System dalam Meningkatkan Motivasi Belajar,†J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intel., vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2016.

S. E. Yulianto, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan E-Learning dengan Model TAM di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta,†JBTI, vol. 1, no. 1, pp. 44–60, 2011.

S.-M. Hellstén and M. Markova, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success – Original and Updated Models,†SIGCHI 2006 Proc., vol. 19, no. 4, pp. 1–5, 2006.

J. F. Arifin and S. Pratolo, “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Keuangan Daerah Terhadap Kepuasan Aparatur Pemerintah Daerah Menggunakan Model DeLone dan McLean,†J. Akunt. Investasi Vol. 13 No. 1, vol. 13, no. 1, pp. 28–34, 2012.

T. Handayani and A. Sunyoto, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Mengunakan Technology Acceptance Model ( TAM ) Dan Usability Studi Kasus Pada STTNAS,†J. Angkasa, vol. V, no. 1, pp. 63–74, 2013.

H. Agustin and E. Mulyani, “Studi Empiris Penerimaan dan Penggunaan E- Learning System di Kalangan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi UNP,†in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2016, pp. 17–22.

R. K. J. Bendi and S. Andayani, “Analisis Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Menggunakan Model UTAUT,†in Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2013 (Semantik 2013), 2013, vol. 2013, no. November, pp. 277–282.

K. D. P. Novianti, “Model Evaluasi E-learning Menggunakan Integrasi Model D & M dan UTAUT,†in Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2018, pp. 341–345.

A. S. Hussein, “Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS ) dengan SmartPLS 3.0,†Jur. Manaj. Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Brawiajaya, 2015.

P. I. Santosa, Metode Penelitian Kuantitatif Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2018.

Downloads

Published

2019-05-27

Issue

Section

Articles