Analisis Evaluasi E-learning Menggunakan Integrasi Model D&M dan UTAUT
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v18i2.2217Keywords:
e-learning, D&M, UTAUTAbstract
E-learning merupakan media dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi untuk pendidik dan peserta didik sehingga memudahkan proses pembelajaran. Sebagai sebuah sistem informasi yang sering digunakan oleh peserta didik, e-learning harus memiliki standar tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi kesuksesan e-learning dan penerimaannya di kalangan peserta didik pada STIKOM Bali. Penelitian ini menggunakan model DeLone &McLean (D&M) untuk mengukur tingkat kesuksesan sistem informasi dan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk mengukur tingkat penerimaan teknologi. Agar dapat mengetahui hasil evaluasi antara kesuksesan sistem informasi dan penerimaan teknologi untuk maka kedua model ini kemudian diintegrasikan untuk mencapai tujuan penelitian. Kedua model ini dapat menggambarkan bagaimana masing-masing variabel pengukuran saling mempengaruhi satu sama lain, sehingga keterkaitan antar variabelnya dapat diketahui. Selain itu kedua model ini mempertimbangkan bagaimana perilaku pengguna ketika menggunakan sebuah sistem informasi. Hasil menunjukan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan e-learning menyebabkan sebuah informasi sukses diterapkan dalam lingkungannya. Hal ini dapat dilihat dari model penelitian yang diajukan menunjukan sebagian besar variabelnya mempengaruhi kesuksesan penerapan e-learning baik secara langsung maupun tidak langsung. Variabel-variabel tersebut adalah performance quality, effort expectancy, system quality, behavioral intention, dan user satisfaction.References
E. Hernawati and P. Aji, “Perancangan dan Penerapan Konten e-Learning melalui Learning Management System dalam Meningkatkan Motivasi Belajar,†J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intel., vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2016.
S. E. Yulianto, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan E-Learning dengan Model TAM di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta,†JBTI, vol. 1, no. 1, pp. 44–60, 2011.
S.-M. Hellstén and M. Markova, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success – Original and Updated Models,†SIGCHI 2006 Proc., vol. 19, no. 4, pp. 1–5, 2006.
J. F. Arifin and S. Pratolo, “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Keuangan Daerah Terhadap Kepuasan Aparatur Pemerintah Daerah Menggunakan Model DeLone dan McLean,†J. Akunt. Investasi Vol. 13 No. 1, vol. 13, no. 1, pp. 28–34, 2012.
T. Handayani and A. Sunyoto, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Mengunakan Technology Acceptance Model ( TAM ) Dan Usability Studi Kasus Pada STTNAS,†J. Angkasa, vol. V, no. 1, pp. 63–74, 2013.
H. Agustin and E. Mulyani, “Studi Empiris Penerimaan dan Penggunaan E- Learning System di Kalangan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi UNP,†in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2016, pp. 17–22.
R. K. J. Bendi and S. Andayani, “Analisis Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Menggunakan Model UTAUT,†in Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2013 (Semantik 2013), 2013, vol. 2013, no. November, pp. 277–282.
K. D. P. Novianti, “Model Evaluasi E-learning Menggunakan Integrasi Model D & M dan UTAUT,†in Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2018, pp. 341–345.
A. S. Hussein, “Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS ) dengan SmartPLS 3.0,†Jur. Manaj. Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Brawiajaya, 2015.
P. I. Santosa, Metode Penelitian Kuantitatif Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Techno.Com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/