Peningkatan Kualitas Jaringan Pada Vehicle Ad-Hoc Network Menggunakan Algoritma Simple K-Means
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v17i3.1744Keywords:
VANET, K-Means, ClusterAbstract
Vehicle Ad-hoc Network atau lebih dikenal dengan istilah VANET merupakan teknologi jaringan komunikasi data yang dapat diimplementasikan pada kendaraan di jalan raya. Jaringan komunikasi data yang diterapkan pada VANET memiliki beberapa permasalahan. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah penjaminan kualitas jaringan yang belum handal. Hal ini disebabkan oleh karakteristik kendaraan pada VANET yang bergerak secara dinamis. Kecepatan dan posisi kendaraan membuat koneksi jaringan menjadi tidak stabil. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam artikel ini diusulkan sebuah aturan-aturan baru yang dikombinasikan dengan algoritme simple k-means. Algoritme tersebut sering digunakan dalam pengelompokan data. Akan tetapi perlu penambahan dan modifikasi algoritme tersebut agar dapat diterapkan secara optimal pada VANET. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemimpin cluster atau centroid pada simple k-means bisa digantikan oleh kandidat lain yang memiliki kualitas jaringan lebih baik. Pergantian ini ditujukan untuk mendapatkan pemimpin kluster yang benar-benar terbaik bagi anggota klusternyaReferences
N. Loulloudes, G. Pallis, and M. D. Dikaiakos, “The Dynamics of Vehicular Networks in Urban Environments,†ArXiv10074106 Cs, Jul. 2010.
H. Boeglen, B. Hilt, P. Lorenz, J. Ledy, and A. M. Poussard, “A survey of V2V channel modeling for VANET simulations,†in 2011 Eighth International Conference on Wireless On-Demand Network Systems and Services, 2011, pp. 117–123.
M. Dixit, R. Kumar, and A. K. Sagar, “VANET: Architectures, research issues, routing protocols, and its applications,†in 2016 International Conference on Computing, Communication and Automation (ICCCA), 2016, pp. 555–561.
R. Adrian, I. W. Mustika, and others, “Modeling Base Station Selection in Open Access Picocell Networks Using Particle Swarm Optimization,†2015.
P. Santi, “Mobility Models for Vehicular Networks,†in Mobility Models for Next Generation Wireless Networks:Ad Hoc, Vehicular and Mesh Networks, Wiley Telecom, 2012, p. 448-.
D. Zelikman and M. Segal, “Reducing Interferences in VANETs,†IEEE Trans. Intell. Transp. Syst., vol. 16, no. 3, pp. 1582–1587, Jun. 2015.
F. Qin, Y. Zhang, G. Yue, X. Liu, H. Su, and P. F. Zhang, “Atherosclerotic Plaque Pathological Analysis by Unsupervised K-means Clustering (February 2018),†IEEE Access, vol. PP, no. 99, pp. 1–1, 2018.
R. Adrian, “Optimasi Cost pada Open Shortest Path First di Jaringan Software Defined-Network,†Techno Com, vol. 16, no. 4, pp. 421–434, 2017.
Y. Fan and Z. Zilic, “BER Testing of Communication Interfaces,†IEEE Trans. Instrum. Meas., vol. 57, no. 5, pp. 897–906, May 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada jurnal Techno.Com sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Techno.Com.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).