Analisis dan Pengukuran Tingkat Ketergantungan (Usability) Penggunaan Website E-learning di Jurusan Ilmu Komputer Universitas Negeri Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v17i2.1670Keywords:
E-learning, usability, learnability, efficiency, memorability, errors, satisfactionAbstract
E-learning merupakan suatu jenis media untuk melakukan proses belajar mengajar secara mandiri yang memungkinkan tersampaikan bahan ajar ke mahasiswa melalui media jaringan komputer atau internet. E-learning semakin banyak digunakan oleh lembaga pendidikan karena mempermudah para pengguna untuk dapat mengakses dimanapun dan kapanpun tanpa adanya pembatasan ruang dan waktu sehingga mahasiswa dapat dengan leluasa memperoleh materi-materi kuliah yang ditempuh. Tetapi untuk e-learning yang berbasis web ini dirasa masih banyak yang kekurangan sehingga dirasa sangat sulit digunakan atau tidak menarik penggunanya dan tidak dipakai secara efektif dan efisien sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan usability pada web tidak diperhatikan sehingga hubungan interaksi antara manusia yang merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah sistem terabaikan. Usabilitas terdiri dari learnability (mudah dipelajari), efficiency (efisien), memorability (kemudahan dalam mengingat), errors (pencegahan kesalahan), dan satisfaction (kepuasan pengguna). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa tinggi tingkat usabilitas yang telah ada pada sistem dan bagaimana respon pengguna terhadap web e-learning tersebut. Hasil penelitian adalah tingkat usability dari website e-learning sehingga dapat mengetahui kriteria apa saja yang belum diperbaiki sebagai dasar pengembangan user interface dari e-learning tersebut.References
Pujadi, T. 2008. Faktor manusia dan ergonomis penggunaan komputer untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 2(2), 102-105.
Hayati, R. 2014. ANALISIS WEBSITE PEMERINTAH PROVINSI RIAU DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Irsyad, M., Slamet, C., & Susanto, A. 2013. Perancangan Website Sekolah Pada Subsystem User Interface (Study Kasus Di Pesantren Persis 99 Rancabango). Jurnal Algoritma, 9(01).
Hartley, D. E. 2006. Selling e-learning. American Society for Training and Development.
Dix, A.J.E, Finlary, G.D., Abowd, R.Beale, 2003, Human Computer Interaction, Third Edition, Prentice Hall, USA.
Lestariningsih, T. 2017. ANALISIS SITEM INFORMASI DALAM PERSPEKTIF HUMAN COMPUTER INTERACTION. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 1(1), 5-9.
Nielsen, J. (1994). Usability engineering. Elsevier.
Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. 2016. Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 2(1), 49-55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---