Analisis dan Pengukuran Tingkat Ketergantungan (Usability) Penggunaan Website E-learning di Jurusan Ilmu Komputer Universitas Negeri Semarang

Ryo Pambudi, Florentina Yuni Arini

Abstract


E-learning merupakan suatu jenis media untuk melakukan proses belajar mengajar secara mandiri yang memungkinkan tersampaikan bahan ajar ke mahasiswa melalui media jaringan komputer atau internet. E-learning semakin banyak digunakan oleh lembaga pendidikan karena mempermudah para pengguna untuk dapat mengakses dimanapun dan kapanpun tanpa adanya pembatasan ruang dan waktu sehingga mahasiswa dapat dengan leluasa memperoleh materi-materi kuliah yang ditempuh. Tetapi  untuk  e-learning yang  berbasis  web  ini dirasa  masih  banyak  yang  kekurangan  sehingga  dirasa  sangat  sulit digunakan atau tidak menarik penggunanya dan tidak dipakai secara efektif dan efisien sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan usability pada web tidak diperhatikan sehingga hubungan interaksi antara manusia yang merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah sistem terabaikan. Usabilitas terdiri dari learnability (mudah dipelajari), efficiency (efisien), memorability (kemudahan dalam mengingat), errors (pencegahan kesalahan), dan satisfaction (kepuasan pengguna). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa tinggi tingkat usabilitas yang telah ada pada sistem dan bagaimana respon pengguna terhadap web e-learning tersebut. Hasil penelitian adalah tingkat usability dari website e-learning sehingga dapat mengetahui kriteria apa saja yang belum diperbaiki sebagai dasar pengembangan user interface dari e-learning tersebut.


Keywords


E-learning, usability, learnability, efficiency, memorability, errors, satisfaction

Full Text:

PDF

References


Pujadi, T. 2008. Faktor manusia dan ergonomis penggunaan komputer untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 2(2), 102-105.

Hayati, R. 2014. ANALISIS WEBSITE PEMERINTAH PROVINSI RIAU DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Irsyad, M., Slamet, C., & Susanto, A. 2013. Perancangan Website Sekolah Pada Subsystem User Interface (Study Kasus Di Pesantren Persis 99 Rancabango). Jurnal Algoritma, 9(01).

Hartley, D. E. 2006. Selling e-learning. American Society for Training and Development.

Dix, A.J.E, Finlary, G.D., Abowd, R.Beale, 2003, Human Computer Interaction, Third Edition, Prentice Hall, USA.

Lestariningsih, T. 2017. ANALISIS SITEM INFORMASI DALAM PERSPEKTIF HUMAN COMPUTER INTERACTION. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 1(1), 5-9.

Nielsen, J. (1994). Usability engineering. Elsevier.

Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. 2016. Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 2(1), 49-55.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v17i2.1670

Article Metrics

Abstract view : 1128 times
PDF - 1068 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.