Perancangan Aplikasi Mobile Learning Perkecambahan pada Mata Pelajaran Biologi Berkarakter Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v17i3.1630Keywords:
aplikasi, mobile learning, biologi, MDLCAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin maju memungkinkan untuk pemanfaatan yang optimal. Salah satunya pada bidang pendidikan. Dengan berkembangnya TIK, pembelajaran yang ada dimaksimalkan dan beralih dari metode konvensional yaitu guru ceramah menjadi pembelajaran yang interaktif. Mobile learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diakses secara fleksibel (dimana saja dan kapan saja). Pendidikan Indonesia yang saat ini mengarah ke pendidikan karakter membuat penulis menyediakan adanya fasilitas penilaian karakter berdasarkan penggunaan aplikasi. Penilaian karakter ini disesuaikan dengan keterkaitan karakter bangsa dalam mata pelajaran dan nilai bobot karakter dalam sebuah media. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia development life cycle) dalam pengembangan aplikasi dan metode alfa beta dalam pengujian kelayakan aplikasi menggunakan skala likert. Pengujian yang dilakukan menghasilkan skala 3,625 yang menyatakan aplikasi ini layak untuk digunakan.References
Fitria, Aida, N., & Nurhayati. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Perkuliahan Dasar Sistem Telekomunikasi Mahasiswa S1 Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Elektro, Vol. 3(3): 579-585.
Furqon, C., & Sunandang, A. (2016). Aplikasi Mobile Learning (M-Learning) Untuk Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Berbasis Java 2 Micro Edition (J2me). Jurnal Wawasan Ilmiah.
Ghozi, S. (2014). Pengembangan Materi Mobile learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Perguruan Cikini Kertas Nusantara Berau. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education.
Muslim, M., & Astri, R. N. (2014). Implementasi Cloud Computing Menggunakan Metode Pengembangan Sistem Agile. Scientific Journal of Informatics, 29-38.
Syafrizal, A., Ernawati, & Dwiandiyanta, B. (2015). Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) untuk Pemahaman Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Scientific Journal of Informatics, 9-14.
Rahmelina, L. (2017). Perancangan Mobile Learning berbasis Android pada Mata Kuliah Sistem Operasi di STMIK INDONESIA PADANG. Jurnal Informatika.
Wibowo, T. I., & Setiyanto, N. A. (2016). Aplikasi Mobile Informasi Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android. techno.com, 124-133.
Sutopo, H. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Pembuatan Aplikasi Multimedia Khususnya Puzzle Game pada Mata Kuliah Multimedia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/