Perancangan Aplikasi Mobile Learning Perkecambahan pada Mata Pelajaran Biologi Berkarakter Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v17i3.1630Keywords:
aplikasi, mobile learning, biologi, MDLCAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin maju memungkinkan untuk pemanfaatan yang optimal. Salah satunya pada bidang pendidikan. Dengan berkembangnya TIK, pembelajaran yang ada dimaksimalkan dan beralih dari metode konvensional yaitu guru ceramah menjadi pembelajaran yang interaktif. Mobile learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diakses secara fleksibel (dimana saja dan kapan saja). Pendidikan Indonesia yang saat ini mengarah ke pendidikan karakter membuat penulis menyediakan adanya fasilitas penilaian karakter berdasarkan penggunaan aplikasi. Penilaian karakter ini disesuaikan dengan keterkaitan karakter bangsa dalam mata pelajaran dan nilai bobot karakter dalam sebuah media. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia development life cycle) dalam pengembangan aplikasi dan metode alfa beta dalam pengujian kelayakan aplikasi menggunakan skala likert. Pengujian yang dilakukan menghasilkan skala 3,625 yang menyatakan aplikasi ini layak untuk digunakan.References
Fitria, Aida, N., & Nurhayati. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Perkuliahan Dasar Sistem Telekomunikasi Mahasiswa S1 Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Elektro, Vol. 3(3): 579-585.
Furqon, C., & Sunandang, A. (2016). Aplikasi Mobile Learning (M-Learning) Untuk Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Berbasis Java 2 Micro Edition (J2me). Jurnal Wawasan Ilmiah.
Ghozi, S. (2014). Pengembangan Materi Mobile learning dalam Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Perguruan Cikini Kertas Nusantara Berau. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education.
Muslim, M., & Astri, R. N. (2014). Implementasi Cloud Computing Menggunakan Metode Pengembangan Sistem Agile. Scientific Journal of Informatics, 29-38.
Syafrizal, A., Ernawati, & Dwiandiyanta, B. (2015). Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) untuk Pemahaman Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Scientific Journal of Informatics, 9-14.
Rahmelina, L. (2017). Perancangan Mobile Learning berbasis Android pada Mata Kuliah Sistem Operasi di STMIK INDONESIA PADANG. Jurnal Informatika.
Wibowo, T. I., & Setiyanto, N. A. (2016). Aplikasi Mobile Informasi Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android. techno.com, 124-133.
Sutopo, H. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Pembuatan Aplikasi Multimedia Khususnya Puzzle Game pada Mata Kuliah Multimedia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada jurnal Techno.Com sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Techno.Com.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).