Analisis Jalur Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna dan Intensitas Pengguna SIMRS Dengan Metode De Lone dan Mc Lean di Rumah Sakit Balung Kabupaten Jember

Authors

  • Dony Setiawan H P State Polytechnic of Jember
  • Trismayanti Dwi Puspitasari State Polytechnic of Jember
  • Mochammad Choirur Roziqin State Polytechnic of Jember

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v17i1.1585

Keywords:

User Intensity, User Satisfaction, system quality, Hospital Management Information System

Abstract

Sistem informasi manajemen rumah sakit merupakan suatu usaha untuk menyajikan informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai kebutuhan guna menunjang proses fungsi-fungsi manajemen dan pengambilan keputusan dalam memberikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Masalah yang dihadapi oleh pengguna sistem informasi manajemen rumah sakit di Rumah Sakit Balung Kabupaten Jember didapatkan dari hasil wawancara, antara lain: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, intensitas pengguna, pengguna sistem, kepuasan pengguna dan net-benefit. Penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan menggunakan uji analisis jalur. Penelitian ini menilai persepsi pengguna sistem informasi manajemen rumah sakit dengan metode DeLone dan McLean. Peneliti menggunakan metode DeLone dan McLean karena metode tersebut cocok dengan karakteristik masalah yang ada di Rumah Sakit Balung Kabupaten Jember. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti dapat mengetahui bahwa efek langsung standarized solution KS-IP=0,58. Sedangkan efek tidak langsung standarized solution KS-KP-IP=0,78x0,45=0,351. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dari analisis jalur  bahwa efek langsung standarized solution KS-IP=0,58 > efek tidak langsung standarized solution KS-KP-IP=0,78x0,45=0,351. Yang berarti memiliki makna jalur KS-IP lebih baik/lebih besar nilainya daripada KS-KP-IP.

References

I Gusti Ngurah Agung Suaryana, I Gst Ayu Eka Damayanthi, Ni K. Lely Aryani Merkusiwati. Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 11, No. 2, Juli 2016

Abdi, Azazi. 2016 Uji Empiris Model Kesuksesan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (Sipkd) Di Pemerintah Kota Bukittinggi Dengan Menggunakan Delone & Mclean Information System Success Model. Masters thesis, Universitas Andalas.

Suharno Pawirosumarto. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VI, No. 3, Okt 2016

Dony Setiawan Hendyca Putra, Meilana Siswanto. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, ISBN : 978-602-14917-3-7

Djuhono Tan, Suyatno, Siti Aliyah.Pengujian Kesuksesan Sistem Informasi Model Delone & Mclean Pada Sektor Publik.University Research Colloquium 2015. ISSN 2407-9189

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Notoadmojo. 2015. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Jogiyanto. 2010. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2017-10-22