Visualisasi Perkembangan Janin Manusia menggunakan Augmented Reality dengan teknik Single Marker Multi Object

Andria Kusuma Wahyudi, Irma Natalia Pangau

Abstract


Embriologi adalah bagian dari cabang ilmu pengetahuan alam biologi yang mempelajari tentang perkembangan embrio atau calon janin dalam rahim. Dimana usia dari calon janin di dalam kandungan dihitung saat seorang wanita telah dibuahi oleh sperma pria dalam kurun waktu tujuh hari sebelum ovulasi. Media pembahasan mengenai perkembangan janin di dalam kandungan terdapat di buku-buku pelajaran, artikel umum, dan website khusus ibu hamil kurang menarik minat karena terlalu banyak teks dan memiliki tampilan belum atraktif. Paper ini menggunakan teknologi Augmented Reality yang dapat merealisasikan dunia virtual ke dunia nyata secara real-time sebagai media pembahasan yang dapat memberikan kemudahan dalam memberikan informasi mengenai perkembangan janin didalam kandungan. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality, maka pengguna dapat menggunakan kamera smartphone berbasis Android untuk menangkap marker yang dapat memperlihatkan objek virtual pada dunia nyata. Dalam pembahasan paper ini, kami menggunakan single marker multi object sehingga marker yang diperlukan cukup satu saja untuk menampilkan semua objek 3D yang ada. Aplikasi visualisasi pengenalan perkembangan janin manusia dalam kandungan menggunakan teknologi Augmented Reality dapat memberikan informasi yang dapat ditangkap dengan mudah bagi pengguna mulai dari kalangan remaja hingga orang dewasa.


Keywords


Embrio, Janin, Augmented Reality, Marker, Objek Virtual

Full Text:

PDF

References


M. C. G. Rampengan, R. Sanjaya and S. , "Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interektif," Citec Journal, vol. 2, pp. 277-291, 2015.

A. K. Wahyudi, R. Ferdiana and R. Hartanto, "Pengujian dan Evaluasi Buku Interaktif Augmented Reality ARca 3D," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 19 Februari 2014.

T. Hidayat, "Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak," Citec Journal, vol. 2, 2015.

A. S. Syahrir, "Visualisasi Struktur Rangka Manusia Berbasis Augmented Reality untuk Mata Pelajaran IPA pada SD Negeri 1 Daya Makasar," Jurnal Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 2015.

R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, "Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality," Jurnal Buana Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 153-162, 2015.

T. Susiani and S. Siswanti, "Visualisasi Pertumbuhan Janin Dalam Rahim Manusia Sebagai Alternatif Media Pembelajaran," Jurnal Ilmiah SINUS, vol. XI, no. 1, pp. 19-28, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v17i1.1581

Article Metrics

Abstract view : 1684 times
PDF - 1719 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.