Analisis TAM Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan e-Money Indomaret Card di Pontianak

Authors

  • Ana Fitriana Jurusan Sistem Informasi, STMIK Pontianak
  • Irawan Wingdes Jurusan Sistem Informasi, STMIK Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v16i4.1515

Keywords:

behavioral intention, perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived credibility

Abstract

Perkembangan teknologi di berbagai bidang terus berlanjut hingga saat ini dan berdampak terhadap semua industri, termasuk bisnis ritel modern salah satunya Indomaret di Pontianak yang saat ini memfasilitasi transaksi konsumen dengan fitur e-Money. Dengan menggunakan e-Money konsumen bisa memperoleh beberapa keuntungan diantaranya transaksi lebih praktis, mudah, dan cepat, mendapatkan diskon khusus, tidak direpotkan dengan kembalian uang kecil, dan bebas iuran anggota. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen Indomaret menggunakan e-Money dan dapat menjadi masukan bagi pihak manajemen Indomaret di Pontianak untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan e-Money. Kuesioner dibatasi pada konsumen Indomaret di Pontianak sebagai pengguna e-Money yang berada. Penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial ketiga faktor Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Credibility terbukti mempengaruhi minat konsumen Indomaret menggunakan e-Money. Faktor perceived of usefulness (manfaat) sebagai faktor penarik minat utama konsumen untuk memanfaatkan fasilitas e-Money. Faktor yang menempati urutan kedua adalah faktor perceived ease of use (kemudahan). Sedangkan faktor perceived credibility (keamanan) baru dirasakan oleh konsumen jika e-Money dilengkapi dengan pin dan juga adanya jaminan keamanan selama bertransaksi menggunakan e-Money. Dan secara simultan ketiga faktor tersebut juga memiliki pengaruh yang positif terhadap minat konsumen menggunakan e-Money di Indomaret Pontianak. Kata kunci — behavioral intention, perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived credibility  

References

http://indomaret.co.id/korporat/seputar-indomaret/peduli-dan-berbagi/2014/01/16/gerai-indomaret/ diakses tanggal 12 Maret 2017 pukul 08.00 WIB

http://indomaret.co.id/korporat/seputar-indomaret/peduli-dan-berbagi/2014/02/27/awards/ diakses tanggal 12 Maret 2017 pukul 08.45 WIB

Bank Indonesia. (2009). Peraturan Bank Indonesia No.11/12/PBI/2009 tentang Cara Uang Elektronik

Syafi’I, Ahmad; Widijoko,Grace, 2015, Determinan Minat Individu Menggunakan Uang Elektronik: Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Univeristas Brawijaya Vol. 3 No.2

Indriastuti, Maya; Wicaksono, Rizki, Herdian, 2014, Influencers E-Money in Banking Sector, South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, Vol. 4, Issue 2 (June) ISSN 2289-1560

http://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/Pages/sp_165814.aspx diakses tanggal 12 Maret 2017 pukul 10.21 WIB

Chin, L.P. & Ahmad, Z.A., 2015, Consumers Intention to Use a Single Platform E- Payment System: A Study Among Malaysian Internet and Mobile Banking Users. Journal of Internet Banking and Commerce ISSN: 1204-5357

Sokobe, Elijah, Ogoti, 2015, Factors Influencing Adoption of Electronic Payment by Small and Medium Hotel Enterprises in Kisii Town, Kisii County, Kenya, International Journal of Novel Research in Computer Science and Software Engineering, Vol. 2, Issue 2, pp: (5-18), ISSN 2394-7314

Niranjan,Indu; A.S.Saravanan; Patwa, Nitin dan Reddy, S. Karunakar, 2016, Consumer Perceptions in Adopting E-money in Developed Markets, International Journal of Academic Research ISSN: 2075-4124, Vol. 4. Issue 4. & pp.246-270

Indu Niranjan et.al., 2016, Consumer Perceptions in Adopting E-Money in Developed Markets, International Journal of Academic Research, Vol. 4. Issue 4. & pp. 246-270

Legris, P., Ingham, J., Collerette, P., (2003), “Why do people use information technology? A critical review of the technology acceptance modelâ€, Information & Management, Vol. 40, No.3, pp.191-204

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung

Simamora, Bilson, 2004, Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Wang, Y.S., Wang, Y.M., Lin, H.H., and Tang, T.I., 2003. Determinants of user acceptance of internet banking: An empirical study. International Journal of Service Industry Management (online journal from Proquest), Vol.14, Iss.5, pg. 501. http://proquest.umi. com/pqdweb?did=516537391&Fmt=4&clientId=46969&RQT=309&VName=PQD

Davis, F.D., 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MS Quarterly (online), Vol. 13 Iss. 3, pg. 318. http://www.cba.hawaii.edu/chismar/ITM704/DavisTAM 1989.pdf (2005, 20 Juli)

Sulistiowati, 2005, Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan Bank KALBAR di Kota Pontianak, Universitas Padjadjaran Bandung

Downloads

Published

2017-08-28