Lexical Chain dan Word Sense Disambiguation Untuk Peringkasan Artikel Berbahasa Indonesia

Dika Muhammad Fazar, Nelly Indriani Widiastuti

Abstract


Text Summarization adalah sebuah proses untuk menghasilkan ringkasan suatu dokumen dengan  tidak menghilangkan informasi utama dari artikel. Ada beberapa metode untuk melakukan peringkasan, seperti metode rantai leksikal atau lexical chain yang memiliki kinerja yang baik untuk dokumen peringkasan dokumen tunggal. Meskipun demikian penggunaan metode lexical chain ini masih memiliki kelemahan yaitu tidak dapat mengidentifikasi kata yang berambigu  dalam pembentukan lexical chain. Dalam penelitian ini, untuk memperbaiki kekurangan tersebut metode lexical chain dilengkapi dengan  word sense disambiguation.

Metode lexical chain dengan word sense disambiguation adalah metode pengembangan metode dari lexical chain. Dalam penelitian ini, setiap kata diperiksa ambiguitasnya.  Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan akurasi dalam menentukan lexical chain yang sesuai dengan konteks kalimat. Perbedaan mendasar dari metode lexical chain dengan word sense disambiguation  dibandingkan dengan lexical chain, yaitu metode lexical chain dengan pengecekan word sense disambiguation sebelum menentukan rantai ambiguitas leksikal sedangan metode asli lexical chain ambiguitas tidak diperiksa.

Metode lexical chain dengan word sense disambiguation diterapkan pada peringkasan artikel kesehatan. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa metode lexical chain dengan word sense disambiguation dapat memperbaiki kelemahan dalam metode sebelumnya karena metode lexical chain dengan word sense disambiguation dapat mengidentifikasi ambiguitas dan menghasilkan akurasi ringkasan yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


L. Suanmali, N. Salim, and M. S. Binwahlan, “Fuzzy Logic Based Method for Improving Text Summarization,†J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, p. 6, 2009.

R. Barzilay and M. Elhadad, “Using lexical chains for text summarization,†Proc. ACL Work. Intell. Scalable Text Summ., vol. 17, no. 48, pp. 10–17, 1997.

M. Augat and M. Ladlow, “CS65 : An NLTK Package for Lexical-Chain Based Word Sense Disambiguation,†Word J. Int. Linguist. Assoc., 2004.

J. Ekedahl, “Word sense disambiguation using WordNet and the Lesk algorithm,†Computing, 2004.

S. Banerjee, “Adapting the Lesk Algorithm for Word Sense Disambiguation to WordNet,†Duluth, Minnesota, 2002.

Y. F. A. w. R. Yuni Susanti, M. A. Bijaksana, “ANALISIS PERBANDINGAN PERINGKASAN TEKS MENGGUNAKAN METODE LEXICAL CHAIN DAN METODE TF-IDF DENGAN EKSTRAKSI FRASE UTAMA,†Bandung, 2009.

Ş. D. Dumitrescu, A. Gǎinaru, and Ş. Trǎuşan-Matu, “A study on lexical chain identification and word sense disambiguation,†UPB Sci. Bull. Ser. C Electr. Eng., vol. 73, no. 4, pp. 197–212, 2011.

D. Keke and D. P. Ryan, Chikita, Agus, “Sistem temu balik informasi,†Yogyakarta, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i2.1413

Article Metrics

Abstract view : 5258 times
PDF - 704 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.