Parameter Vertex Color Pada Animation Procedural 3D Model Vegetasi Musaceae

Authors

  • I Gede Ngurah Arya Indrayasa Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • M Suyanto Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Hanif Al Fatta Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v16i1.1326

Abstract

Penggunaan vegetasi untuk industri film, video game, simulasi, dan arsitektur visualisas merupakan faktor penting untuk menghasilkan adegan pemandangan alam lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari vertex color terhadap efek angin  pada animasi prosedural 3d model vegetasi musaceae serta parameter vertex color yang tepat untuk menghasilkan animasi 3d model vegetasi musaceae realistis. Hasil akhir yang di capai adalah meneliti apakah perubahan parameter vertex color dapat mempengaruhi bentuk animasi procedural 3d vegetasi musaceae serta pengaruh dari vertex color terhadap efek angin pada animasi prosedural 3d model vegetasi Musaceae. Berdasarkan pengamat dan perbandingan pada pengujian 5 sample vertex color diperoleh hasil bahwa perubahan parameter vertex color dapat mempengaruhi bentuk animasi procedural 3d vegetasi musaceae serta di peroleh kesimpulan Sample No.5 merupakan parameter vertex color yang tepat untuk menghasilkan animasi 3d model vegetasi Musaceae yang realistis. Kata kunci—3D, Animasi Prosedural, Vegetation  

References

Zioma Renaldas, 2009, GPU-Generated Procedural Wind Animations for Trees,GPU Gems 3, Addison-Wesley Professional, chapter 6.

Habel, Ralf, 2010, Real-time rendering and animation of vegetation. Diss, Habel.

Baiquni Abdillah, Dhani Ariatmanto, 2014, Analisis Dan Penerapan Procedural Animation Untuk 3d Model Vegetasi Pada Video Animasi Fly Through 3d Environment 'Sacred Temple Of Deep Jungle' Menggunakan Cryengine 3.5.8, Skripsi, Stmik Amikom Yogyakarta.

Tiago Sousa, 2009, Vegetation Procedural Animation and Shading in Crysis,GPU Gems 3.

Derzaph, Tina LM, and Howard J. Hamilton, 2013 ,Effects of wind on virtual plants in animation, International Journal of Computer Games Technology 2013: 3.

Solso, R. L MacLin, M. K, O. H, 2005, Cognitive Psychologi. New York. Pearson

Van Steenis, C.G.G.J., 2003, Flora, P.T. Pradya Paramita, Jakarta, hal 233-236.

Asente, Paul; Carr, Nathan, 2013, Creating contour gradients using 3D bevels, Proceedings of the Symposium on Computational Aesthetics (CAE '13, Anaheim, California), New York, NY, USA: ACM

Downloads

Published

2017-01-17