Parameter Vertex Color Pada Animation Procedural 3D Model Vegetasi Musaceae
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v16i1.1326Abstract
Penggunaan vegetasi untuk industri film, video game, simulasi, dan arsitektur visualisas merupakan faktor penting untuk menghasilkan adegan pemandangan alam lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari vertex color terhadap efek angin pada animasi prosedural 3d model vegetasi musaceae serta parameter vertex color yang tepat untuk menghasilkan animasi 3d model vegetasi musaceae realistis. Hasil akhir yang di capai adalah meneliti apakah perubahan parameter vertex color dapat mempengaruhi bentuk animasi procedural 3d vegetasi musaceae serta pengaruh dari vertex color terhadap efek angin pada animasi prosedural 3d model vegetasi Musaceae. Berdasarkan pengamat dan perbandingan pada pengujian 5 sample vertex color diperoleh hasil bahwa perubahan parameter vertex color dapat mempengaruhi bentuk animasi procedural 3d vegetasi musaceae serta di peroleh kesimpulan Sample No.5 merupakan parameter vertex color yang tepat untuk menghasilkan animasi 3d model vegetasi Musaceae yang realistis. Kata kunci—3D, Animasi Prosedural, Vegetation ÂReferences
Zioma Renaldas, 2009, GPU-Generated Procedural Wind Animations for Trees,GPU Gems 3, Addison-Wesley Professional, chapter 6.
Habel, Ralf, 2010, Real-time rendering and animation of vegetation. Diss, Habel.
Baiquni Abdillah, Dhani Ariatmanto, 2014, Analisis Dan Penerapan Procedural Animation Untuk 3d Model Vegetasi Pada Video Animasi Fly Through 3d Environment 'Sacred Temple Of Deep Jungle' Menggunakan Cryengine 3.5.8, Skripsi, Stmik Amikom Yogyakarta.
Tiago Sousa, 2009, Vegetation Procedural Animation and Shading in Crysis,GPU Gems 3.
Derzaph, Tina LM, and Howard J. Hamilton, 2013 ,Effects of wind on virtual plants in animation, International Journal of Computer Games Technology 2013: 3.
Solso, R. L MacLin, M. K, O. H, 2005, Cognitive Psychologi. New York. Pearson
Van Steenis, C.G.G.J., 2003, Flora, P.T. Pradya Paramita, Jakarta, hal 233-236.
Asente, Paul; Carr, Nathan, 2013, Creating contour gradients using 3D bevels, Proceedings of the Symposium on Computational Aesthetics (CAE '13, Anaheim, California), New York, NY, USA: ACM
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 I Gede Ngurah Arya Indrayasa, M Suyanto, Hanif Al Fatta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---