Pengembangan E-Commerce Hasil Peternakan Menggunakan Metode Location Based Service Dengan Algoritma Haversine berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.62411/tc.v23i4.11562Abstract
Peran E-Commerce dalam mendukung Program Digital Economi sangat dibutuhkan daerah kabupaten Gorontalo untuk membantu memperkuat ekonomi lokal dengan memfasilitasi akses ke pasar yang lebih luas, Urgensi Penelitian berdasarkan study literatur dan hasil observasi mengangakat permasalahan bahwa belum ada terdapat penelitian pengembangan aplikasi e-commerce khusunya hasil peternakan menggunakan Location Based serviced dengan metode havesine sehingga Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi E-Commerce Menggunakan integrasi Metode Location Based Service dengan Algoritma Haversisne berbasis Android pada pemasaran hasil Peternakan daerah kabupaten gorontalo sehingga dapat menawarkan solusi inovatif untuk menghubungkan peternak dengan konsumen melalui platform digital. Metode ini memanfaatkan layanan berbasis lokasi untuk menentukan jarak antara penjual dan pembeli secara akurat, memungkinkan optimalisasi distribusi hasil ternak dan pengiriman yang lebih efisien. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa LBS dan algoritma Haversine mampu memberikan efisiensi dalam pengelolaan distribusi dan pemetaan pasar lokal dengan hasil perhitungan jarak tempuh mengunakan google Maps sejauh 23,3 km, sedangkan hasil menggunakan algoritma haversine lebih cepat yaitu 12,1 km, terdapat perbedaan jaarak tempuh sekitar 11 km. Platform ini juga meningkatkan akses pasar bagi peternak lokal, memberikan peluang pemasaran yang lebih baik, serta memperkuat ekosistem perdagangan hasil ternak berbasis digital. Kata kunci: E-Commerce; Peternakan; Location base Service; Haversine; AndroidDownloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Citra Yustitya Gobel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/