Klasifikasi Emosional Ulasan Pelanggan dengan Pendekatan NLP menggunakan Metode Ensemble dan ROS
DOI:
https://doi.org/10.62411/tc.v23i4.11559Abstract
Konsep Orientasi Pelanggan sangat penting bagi perusahaan untuk berkembang di era saat ini, dengan memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang perilaku pelanggan mereka. Salah satu alat teknologi tersebut adalah pembelajaran mesin, khususnya yang menggunakan pendekatan pemrosesan bahasa alami (NLP). Penelitian ini menggunakan lima algoritma yang berbeda dan menggabungkan berbagai metode untuk meningkatkan kinerja model machine learning. Melalui penerapan teknik-teknik seperti random over-sampling (ROS) dan ensemble learning, akurasi prediksi keseluruhan untuk kelas minoritas meningkat secara signifikan. Model ensemble yang diintegrasikan dengan ROS mencapai akurasi 0,90 dan mean square error 0,91, mengungguli algoritma lain yang diuji dalam penelitian ini. Pendekatan yang dioptimalkan ini tidak hanya menunjukkan keefektifan pemanfaatan teknologi untuk sebuah perusahaan dapat menerapkan strategi yang berpusat pada pelanggan, tetapi juga menyoroti pentingnya peningkatan metodologi dalam pemodelan prediktif untuk keberlanjutan bisnis. Kata kunci: Klasifikasi Emosi, Pembelajaran Mesin, Pemrosesan Bahasa Alami, Hard Voting, Random Over Sampling.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Weny Indah Kusumawati, Adisaputra Zidha Noorizki, Heri Pratikno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---