Penggunaan Virtual Lab Fisika Asam Basa Sebagai Alat Bantu Siswa SMP Negeri Alok Dalam Belajar Fisika

Authors

  • Maria Yunita Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Brekmans M Darkel Universitas Nusa Nipa https://orcid.org/0000-0003-3961-2920
  • Febriyanti Alwisye Wara Universitas Nusa Nipa
  • Yustina Yesisanita Yeyen Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.62411/tc.v23i4.11521

Abstract

Penerapan teknologi baru dapat mendorong siswa untuk giat belajar dan tidak mudah menyerah jika menemui kesulitan dalam belajar. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah menengah pertama, dan siswa dituntut untuk menerapkan apa yang telah dipelajari secara praktis. Pembelajaran Fisika terdiri dari banyak materi, salah satunya adalah materi asam basa. Materi asam basa di pelajari oleh siswa kelas tujuh SMP Negeri Alok belum memiliki fasilitas laboratorium yang memadai untuk praktikum sehingga perlu dibuat media pembelajaran Virtual Lab yang interaktif . Metode yang digunakan dalam merancang aplikasi Virtual Lab Fisika Asam Basa yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi Virtual Lab ini kemudian diuji oleh guru dan ahli media, dimana aplikasi Virtual Lab Asam Basa yang dikembangkan tergolong kriteria “layak dan tanpa perlu revisi” dengan skor rata-rata keseluruhan 90% dengan pengujian blackbox sehingga media pembelajaran ini memenuhi aspek kevalidan. Aplikasi Virtual Lab Asam Basa yang menyajikan langkah-langkah yang dapat dipraktekkan oleh pengguna dengan cara mensimulasikan percobaan dan mengikuti petunjuk penggunaan dan aplikasi Virtual Lab dapat diakses melalui android.   Kata Kunci: Fisika; Virtual Lab; Asam Basa; MDLC; Pembelajaran

Downloads

Published

2024-11-27