Perancangan Aplikasi Go on Vacation Berbasis Mobile Dengan Metode User Centered Design

Authors

  • Kadek Dwi Dwi Utama Universitas Pendidkan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Yudia Pratiwi Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.62411/tc.v23i3.11226

Abstract

Indonesia memiliki potensi pariwisata sangat besar, salah satunya di provinsi Bali. Tetapi masih terdapat permasalahan sektor pariwisata seperti, informasi tempat wisata masih minim, sulit membandingkan jasa pramuwisata, dan testimoni pengguna yang kurang. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh wisatawan dan pramuwisata, bilamana dibiarkan permasalahan ini dapat menimbulkan rasa skeptis. Maka dalam penelitian ini melakukan perancangan prototipe high fidelity aplikasi Go on Vacation yang mana bertujuan sebagai solusi permasalahan pramuwisata dan wisatawan. Rancangan aplikasi menggunakan metode User Centered Design (UCD), dimana terdapat empat tahapan yaitu, understand context of use, specify user requirements, design solutions, dan evaluation against requirements. Untuk menguji prototipe aplikasi menggunakan usability testing dengan tiga buah aspek, yaitu efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian pada rancang prototipe aplikasi Go on Vacation menghasilkan persentase completion rate efektivitas sebesar 100%. Efisiensi dengan overall relative efficiency menghasilkan persentase rata-rata sebesar 100% dan kepuasan pengguna pengguna dengan menggunakan USE Questionnaire, menghasilkan persentase 89,08% untuk antarmuka pramuwisata dan 94,52% dari sisi antarmuka wisatawan. Kata Kunci: Prototipe, Pariwisata, UCD

Downloads

Published

2024-08-23